10 Jurusan Kuliah untuk Anak SMK Akuntansi

Salah satu jurusan SMK yang banyak di Indonesia adalah Akuntansi. Selain bekerja, kamu juga bisa melanjutkan studi ke bangku perkuliahan setelah lulus. Tentu saja banyak jurusan kuliah untuk anak SMK akuntansi yang bisa kamu pertimbangkan.

Jurusan Akuntansi SMK memiliki basic Matematika dan Ekonomi. Kalau di SMA, jurusan IPS merupakan pilihan yang tepat untuk memilih jurusan Akuntansi. Jika kamu lulusan SMK yang ingin melanjutkan kuliah, pilih saja jurusan kuliah untuk anak SMK yang punya basic Matematika dan Ekonomi.

Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK Akuntansi

Bagi kamu yang mencari referensi jurusan kuliah untuk anak SMK jurusan Akuntansi, Cecepkocep akan memberikan beberapa rekomendasinya. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Akuntansi

Kamu bisa memilih jurusan kuliah yang sama seperti di SMK yaitu jurusan Akuntansi. Kemampuan dasar ilmu akuntansi di kuliah semestinya sudah kamu dapatkan ketika di bangku SMK. Sehingga kamu bisa memperdalam ilmu ini di perguruan tinggi.

Ketika kuliah di jurusan kuliah untuk anak SMK ini, kamu akan belajar tentang pembukuan, debit-kredit, sampai pasar modal dan efeknya. Seharusnya pembelajaran tersebut sudah kamu pelajari ketika di pendidikan SMK.

Setelah lulus nanti kamu bisa bekerja sebagai konsultan pajak, akuntan, ahli keuangan, atau banker. Prospek kerja jurusan ini sangat cerah karena setiap perusahaan tentu saja memerlukan akuntan.

2. Perbankan

Jurusan ini hampir sama dengan jurusan Akuntansi. Karena nantinya kamu akan dibekali dengan kemampuan perhitungan. Hanya saja jurusan perbankan lebih berfokus pada kegiatan yang berhubungan dengan bank, misalnya pembukuan, perhitungan uang, dan dokumentasi.

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan mempelajari tentang cara melayani pelanggan dengan baik. Karena bisa saja kamu menjadi customer di bank ketika lulus kuliah nanti. Kamu juga akan belajar tentang analisis permohonan pendanaan seperti pengajuan kredit nasabah ketika kuliah nanti.

Nantinya kamu tidak hanya menjadi pekerja di bank saja, tapi juga bisa berkarir di industri lainnya. Misalnya dengan menjadi Dosen dan Tenaga Pengajar.

Beberapa universitas terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih diantaranya Universitas Brawijaya (UB), Politeknik Negeri Bandung, dan Universitas Syiah Kuala.

3. Ilmu Ekonomi

Seorang perencana keuangan mempunyai peranan yang sangat penting di berbagai industri dan perusahaan. Ilmu Ekonomi biasanya menjadi jurusan kuliah yang menghasilkan seorang perencana keuangan terbaik.

Ekonomi sendiri merupakan kemampuan dasar yang harus kamu miliki untuk kuliah di jurusan Akuntansi. Jadi kamu bisa mempertmbangkan jurusan Ilmu Ekonomi sebagai program studi kuliah nanti.

Prospek kerja untuk jurusan ini juga sangat luas karena kamu tidak hanya bekerja di perusahaan saja. Kamu bisa juga bekerja di sektor pemerintahan, swasta, maupun lembaga-lembaga. Bahkan organisasi-organisasi publik juga membutuhkan perencana keuangan.

4. Aktuaria

Jurusan Aktuaria juga disebut sebagai Matematika Asuransi yang mempelajari tentang asuransi atau pengelolaan risiko keuangan di masa depan. Nantinya kamu akan belajar tentang ilmu peluang, matematika, statistika, keuangan, hingga pemrograman komputer.

Jurusan ini sangat cocok untuk lulusan SMK Akuntansi karena kemampuan dasar jurusan Aktuaria ini adalah Matematika, terutama Statistika.

Setelah lulus kamu bisa menjadi Aktuaris, Pemeriksa Klaim dan Asuransi, Agen Penjualan Asuransi, dan masih banyak lagi. Dilansir dari Edukasi Kompas, Indonesia sendiri juga kekurangan tenaga ahli Aktuaria. Sehingga prospek kerjanya cukup cerah untuk jurusan Aktuaria ini.

5. Manajemen Logistik

Manajemen Logistik merupakan jurusan kuliah yang mempelajari tentang pengiriman barang. Namun tentu saja tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena barang tersebut harus diatur sebaik mungkin.

Kamu harus mengatur barang tersebut mulai dari tempat pengiriman barangnya, pengangkutan, hingga pergudangan. Berbagai jenis mode transportasi juga harus kamu perhatikan ketika bekerja menjadi seorang manajemen logistik.

Sekolah Tinggi Swasta Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti bisa menjadi universitas yang bisa kamu pertimbangkan. Kemudian juga ada Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi.

6. Perpajakan

Jurusan kuliah untuk anak SMK jurusan Akuntansi yang selanjutnya bisa kamu pertimbangkan adalah Perpajakan. Semenjak adanya tax amnesty, dunia perpajakan mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Perpajakan merupakan bidang pendidikan vokasional yang nantinya bisa menjadi seorang ahli pajak. Kamu akan mempelajari kewajiban dan hak wajib pajak baik untuk pribadi maupun badan.

Untuk kuliah di jurusan Perpajakan ini, kamu harus punya kemampuan analisis yang sangat bagus. Kemampuan membuat laporan tentu saja juga harus kamu kuasai. Semua kemampuan tersebut seharusnya sudah asah ketika di SMK jurusan Akuntansi.

7. Matematika Murni

Matematika merupakan basic untuk semua jurusan yang lebih mengandalkan perhitungan, salah satunya adalah Akuntansi. Kalau kamu punya kemampuan Matematika yang bagus, tidak melanjutkan ke jurusan Akuntansi juga tidak masalah.

Kamu bisa melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan Matematika. Nantinya kamu akan belajar banyak tentang ilmu dasar Matematika. Kamu akan mempelajarinya secara mendalam.

Banyak kampus terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan Matematika murni terbaik. Misalnya ITB, UI, dan ITB. Setelah lulus nanti kamu bisa bekerja menjadi dosen, peneliti, maupun bekerja di perusahaan atau lembaga tertentu.

8. Pendidikan Matematika

Kalau kamu menyukai hal-hal yang berkaitan dengan angka dan perhitungan, namun ingin menjadi tenaga pendidik, kamu bisa mengambil jurusan Pendidikan Matematika.

Ilmu Matematika yang akan kamu pelajari di jurusan Pendidikan Matematika memang tidak akan mendalam seperti Matematika Murni. Namun kamu akan mempelajari metode pendidikannya supaya bisa dimengerti oleh murid-murid kamu nantinya.

Salah satu kampus terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan Matematika adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kamu bisa mempertimbangkan kuliah di salah satu universitas terbaik di Bandung ini.

9. Matematika Bisnis

Bila Pendidikan Matematika lebih berfokus pada metode pendidikannya, maka Matematika Bisnis lebih berfokus pada bisnisnya. Semua hal yang akan kamu pelajari nantinya akan lebih berfokus pada perhitungan bisnis.

Jurusan yang satu ini tentu saja sangat cocok untuk kamu sebelumnya menempuh pendidikan di SMK jurusan Akuntansi. Karena kamu sudah mempelajari kemampuan dasar untuk kuliah di jurusan Matematika Bisnis di bangku SMK.

10. Statistika

Ilmu Statistika tentu saja tidak akan jauh dari Matematika. Karena Matematika adalah ilmu dasar untuk Statistika. Ketika kamu sekolah di jurusan SMK jurusan Akuntansi, kamu tidak bisa lepas dari pengolahan data bukan?

Dengan mengambil jurusan Statistika, kamu sudah kemampuan dasarnya ketika di SMK. Ketika kuliah, kamu akan belajar banyak tentang perhitungan dan pengolahan data. Dan tentu saja kamu harus punya ketelitian yang bagus untuk kuliah di jurusan ini.

Untuk masalah prospek pekerjaannya di masa depan kamu tidak perlu khawatir. Karena banyak perusahaan yang memerlukan ahli statistik di era big data ini. Kemudian kamu juga bisa bekerja menjadi aktuaris di perusahaan yang bergerak di bidang asuransi, konsultan aktuaria, dan sebagainya.

Itulah beberapa jurusan kuliah untuk anak SMK Akuntansi yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi untuk kamu yang masih bingung menentukan jurusan kuliah.

Leave a Comment