Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS Dengan Gaji Tinggi

Tak kalah dengan jurusan IPA, banyak juga orang yang ingin kuliah di jurusan IPS terutama untuk mereka yang tidak suka menghitung terlalu detail. Selain itu juga sudah banyak jurusan kuliah untuk anak IPS dengan gaji besar.

Selain gajinya yang tinggi, jurusan tersebut juga punya prospek kerja yang cukup bagus. Sehingga ketika lulus nanti potensi kamu untuk mendapatkan pekerjaan jadi lebih mudah.

10 Jurusan Kuliah IPS dengan Gaji Tinggi

Buat kamu yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, kamu bisa melihat dari gaji yang ditawarkan ketika kerja nanti. Berikut ini cecepkocep berikan rekomendasi jurusan kuliah IPS dengan gaji tinggi yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum menjadi jurusan kuliah IPS yang menawarkan gaji tinggi. Hakim-hakim atau pengacara yang sering kamu lihat di Televisi atau Internet biasanya sudah memperoleh pendapatan yang besar.

Sesuai dengan nama jurusannya, kamu akan mempelajari banyak hal tentang hukum dan kehidupan masyarakat. Perundang-undangan Indonesia juga akan kamu pelajari secara detail di jurusan Ilmu Hukum ini.

Ilmu Hukum yang kamu pelajari tidak hanya ilmu dasar saja, tapi sudah sangat kompleks. Misalnya belajar hukum dagang, hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hingga hukum internasional.

Kalau kamu punya kemampuan menghafal yang bagus, kuliah di jurusan Ilmu Hukum ini adalah pilihan yang tepat. Kemampuan berpikir secara sistematis juga harus kamu miliki jika ingin kuliah di jurusan favorit anak IPS ini.

Untuk pilihan karirnya sendiri sangat beragam, seperti jadi hakim atau pengacara. Namun kamu harus lanjut ke jenjang S2 atau profesi jika ingin punya jenjang karir yang lebih baik lagi.

2. Ilmu Politik

Buat kamu yang suka hal-hal yang berbau politik, kuliah di jurusan Ilmu Politik adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya dunia politik saja yang akan kamu pelajari, namun juga permasalahan sosial yang ada di masyarakat.

Banyak ilmu yang akan kamu pelajari saat kuliah di jurusan Ilmu Politik mulai dari demokrasi ideologi politik, partisipasi politik, hingga sosialisasi politik.

Prospek kerjanya setelah lulus nanti juga tergolong cukup cerah. Selain jadi politisi, kamu juga bisa bekerja di bidang pemerintahan dengan jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

3. Jurusan Ekonomi Pembangunan

Jurusan kuliah untuk anak IPS dengan gaji tinggi yang selanjutnya bisa kamu pertimbangkan adalah Ekonomi Pembangunan. Ilmu ini sangat dibutuhkan di berbagai sektor bisnis.

Ketika kuliah nanti, kamu akan belajar banyak tentang analisis pembangunan terutama dari sektor perekonomiannya. Sehingga nantinya kamu bisa langsung terjun ke bidang perencanaan pembangunan ekonomi.

Mahasiswa lulusan jurusan Ekonomi Pembangunan bisa bekerja sebagai ahli ekonomi di perusahaan. Namun kamu juga bisa menjadi peneliti maupun pengusaha.

Baca juga: Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Gaji Tinggi Untuk Wanita

4. Jurusan Psikologi

Ilmu Psikologi merupakan jurusan kuliah untuk anak IPS yang peluang kerjanya besar, terutama perempuan. Karena biasanya perempuan piawai dalam mempelajari seseorang.

Kalau kamu tidak punya kemampuan menghitung yang baik, jurusan Psikologi adalah pilihan yang tepat. Kalau kuliah di jurusan IPS yang berbau IPS, tentu saja kamu jago menghitung.

Karena Psikologi merupakan jurusan kuliah untuk anak IPS yang tidak ada matematikanya, kamu harus punya kemampuan sosial yang bagus. Kalau bisa mata pelajaran Sosiologi selama kamu di SMA harus bagus.

Prospek kerjanya di masa depan untuk jurusan Psikologi ini relatif sangat cerah. Setelah lulus kamu bisa bekerja menjadi psikolog ataupun peneliti. Bahkan kamu juga bisa bekerja menjadi HRD yang bergaji tinggi.

5. Studi Aktuaria

Studi Aktuaria merupakan jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan di masa depan. Ilmu Aktuaria merupakan kombinasi antara ilmu peluang, Matematika, Statistika, Keuangan, dan Pemrograman Komputer.

Di Indonesia sendiri Studi Aktuaria masih menjadi jurusan yang cukup asing, sehingga peminatnya tidak begitu banyak. Universitas terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan ini diantaranya UGM, ITB, dan UI.

6. Bisnis Fashion

Dari waktu ke waktu bidang fashion selalu saja berkembang, bahkan perkembangannya pesat. Sekarang fashion menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh banyak orang di dunia.

Jurusan Bisnis Fashion sangat cocok untuk kamu yang tidak suka mempelajari ilmu-ilmu teori maupun teknik. Karena kamu akan belajar tentang mengatur bisnis dan perilaku masyarakat terhadap fashion.

Pekerjaannya apa saja setelah lulus nanti? Kamu bisa menjadi visual merchandiser hingga designer terkenal. Terlebih sekarang sudah banyak daftar perusahaan yang bergerak di bidang fashion, sehingga jurusan ini cukup menjamin kamu untuk dapat pekerjaan.

Baca juga: Jurusan Kuliah untuk Anak SMK Akuntansi

7. Jurusan Kriminologi

Kejahatan selalu saja terjadi di manapun, oleh sebab itu ada jurusan Kriminologi. Di jurusan ini kamu akan belajar tentang faktor-faktor yang menimbulkan terjadinya kejahatan dan faktor lain yang mendukungnya.

Bagi kamu yang suka ilmu sosiologi, psikologi, psikiatri, ekonomi, sejarang, hukum, dan jurnalistik sangat cocok kuliah di jurusan Kriminologi ini.

Setelah lulus kuliah di jurusan ini, kamu bisa bekerja di beberapa instansi pemerintahan seperti Kepolisian, Kejaksaan, dan Pengadilan. Lembaga lainnya seperti Badan Intelijen Negara (BIN), KPK hingga BNPT juga memerlukan lulusan jurusan Kriminologi.

8. Manajemen dan Bisnis

Jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis sukses, kuliah di jurusan Manajemen dan Bisnis adalah pilihan yang tepat. Prospek kerjanya di masa depan sangat bagus, bahkan gajinya juga tinggi.

Selama kuliah di jurusan Manajemen dan Bisnis, kamu akan belajar banyak tentang keuangan, bisnis, ekonomi, dan sebagainya. Kamu juga bisa merintis karir menjadi seorang analis investasi, penasihat keuangan, akuntan, hingga pebisnis sekalipun.

9. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan ilmu dasar untuk hidup bersosial di masyarakat. Karena sebagai makhluk sosial, komunikasi ini sangat diperlukan.

Selama kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi ini kamu akan belajar tentang tingkatan komunikasi. Beberapa diantaranya adalah komunikasi individu, periklanan, media massa, hingga antar budaya.

Umumnya para lulusan jurusan Ilmu Komunikasi bekerja menjadi seorang public relation. Namun kamu juga bisa terjun ke bidang lainnya seperti bidang pemasaran, periklanan, hingga penyiaran.

Baca juga: Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA yang Peluang Kerjanya Besar

10. Hubungan Internasional

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang menawarkan gaji besar adalah Hubungan Internasional. Tak hanya gajinya besar, Hubungan Internasional jadi jurusan IPS yang sangat bergengsi.

Selama kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang hubungan antar negara, diplomasi, politik luar negeri, dan sebagainya. Cakupan ilmunya sangat luas, sehingga kemampuan yang harus kamu miliki juga cukup banyak.

Kebanyakan lulusan HI bekerja menjadi diplomat dan menempatkan diri di Kementerian Luar Negeri. Namun kamu bisa menempuh jenjang karir di bidang lainnya seperti Eksportir, Konsultan Pendidikan, atau Bagian Tata Usaha Perdagangan Luar Negeri.

Penutup

Demikianlah beberapa jurusan kuliah untuk anak IPS dengan gaji tinggi yang bisa kamu pertimbangkan. Tentu saja bukan hanya gaji saya harus kamu pertimbangkan dalam menentukan jurusan kuliah.

Kemampuan dan minat kamu juga bisa menjadi pertimbangan ketika memilih jurusan kuliah. Karena kalau memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat, kamu akan lebih dipermudah ketika menjalani proses perkuliahan.

Leave a Comment