Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah, salah satunya adalah prospeknya di masa depan. Salah satu jurusan yang punya prospek bagus adalah jurusan IPA. Ada beberapa jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan maupun laki-laki.

Namun memilih jurusan kuliah yang prospek bagus di masa depan bukan berarti karir kamu akan cemerlang setelah lulus nanti. Karena banyak hal yang menentukan kesuksesan seseorang.

Rekomendasi Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Pada kesempatan kali ini Cecepkocep akan memberikan rekomendasi beberapa jurusan kuliah khusus untuk perempuan dari jurusan IPA. Yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

1. Keperawatan

Jurusan kuliah pertama yang sangat kami rekomendasikan adalah Keperawatan. Jurusan ini punya prospek yang sangat bagus, khususnya untuk perempuan. Karena banyak rumah sakit maupun klinik yang memerlukan lulusan Keperawatan.

Ketika kuliah di jurusan ini, kamu akan dibekali ilmu untuk menjadi perawat dan pelayan kesehatan yang profesional. Kamu akan belajar untuk selalu bisa memperhatikan pasien baik secara fisik, sosial maupun psikis. Dan pekerjaan sperti ini memang sangat cocok untuk perempuan.

Tidak hanya itu, gaji untuk seorang perawat juga relatif lebih tinggi apalagi kalau sudah punya jam terbang kerja yang tinggi. Tidak heran jika jurusan Keperawatan ini kerap menjadi incaran banyak perempuan yang ingin melanjutkan studinya.

2. Kebidanan

Jurusan kuliah untuk anak IPA ini memang dikhususkan untuk perempuan. Nantinya kamu akan bekerja sebagai seorang bidan baik di rumah sakit maupun klinik. Gaji yang bisa kamu peroleh juga relatif sangat tinggi. Ditambah lagi kalau kamu membuka praktek sendiri.

Namun biaya kuliah jurusan kebidanan memang tergolong tinggi, namun hal itu sesuai dengan prospek pekerjaannya di masa depan. Karena setiap hari tentu saja akan ada ibu-ibu yang melahirkan.

Ketika kuliah nanti, kamu akan belajar banyak tentang persalinan dan mengaplikasikan teorinya. Kamu juga akan belajar tentang pemeriksaan dan perawatan ibu hamil hingga membantunya setelah melahirkan.

Bagaimana sudah tertarik untuk kuliah di jurusan Kebidanan?

3. Kedokteran

Kedokteran merupakan jurusan kuliah IPA yang gajinya besar. Namun hal itu tentu saja sebanding dengan perjuangan dan biaya kuliahnya. Karena perlu kamu ketahui bahwa biaya kuliah kedokteran itu sangat tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan juta.

Selain memerlukan biaya kuliah yang besar, kamu juga harus sabar dan telaten ketika sedang menjalani kuliah. Karena untuk menjadi seorang dokter itu butuh proses yang sangat panjang dan butuh perjuangan.

Namun gaji yang akan kamu peroleh setelah bekerja tentu saja sangat tinggi. Dilansir dari Lifepal, gaji seorang dokter bisa di angka Rp6 jutaan, bahkan untuk dokter spesial bisa mencapai Rp15 juta per bulannya. Sangat besar bukan?

Selama masih ada orang yang sakit, peranan dokter masih sangat diperlukan. Peran dokter benar-benar dibutuhkan dalam situasi tertentu, misalnya adalah pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi di berbagai dunia.

4. Nutrisi dan Teknologi Pangan

Jurusan kuliah IPA yang Menjamin masa depan untuk perempuan yaitu Nutrisi Pangan dan Teknologi Pangan. Jurusan ini sangat cocok untuk perempuan karena perempuan punya sifat melindungi yang sangat tinggi. Mereka juga suka membuat situasi nyaman untuk orang-orang di sekitarnya.

Ketika kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang membuat suatu hidangan yang sesuai dengan gizi. Dengan begitu, kebutuhan gizi setiap orang bisa terpenuhi dengan sempurna.

Untuk prospek kerjanya, kamu bisa bekerja sebagai ahli gizi. Tidak hanya di rumah sakit saja, ada industri tertentu yang memang memerlukan lulusan jurusan kuliah Nutrisi dan Teknologi Pangan. Diantaranya adalah bidang olahraga untuk menjamin gizi setiap atletnya.

5. Farmasi

Kalau kamu memang punya kemampuan biologi dan kimia yang bagus, tak ada salahnya untuk kuliah di jurusan Farmasi. Karena kedua bidang itu merupakan basic untuk mempelajari ilmu obat-obatan.

Untuk meracik obat, tentu saja memerlukan tingkat ketelitian yang sangat tinggi karena akan diaplikasikan ke manusia. Perempuan biasanya punya tingkat ketelitian yang tinggi, sehingga jurusan Farmasi bisa menjadi pertimbangan kamu.

Setelah lulus nanti, kamu bisa menjadi apoteker, peneliti obat, pangan, atau kosmetik. Bahkan kamu bisa bekerja menjadi seorang dosen di universitas tertentu. Untuk gaji yang bisa kamu peroleh tentu saja juga sangat tinggi.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

6. Teknik Informatika

Banyak universitas terbaik di Indonesia maupun dunia yang memiliki program studi Teknik Informatika. Jurusan Teknik ini juga sangat diminati oleh banyak calon mahasiswa baik perempuan maupun laki-laki.

Meskipun termasuk jurusan teknik, namun jurusan Teknik Informatika ini tidak terlalu fisikal. Dengan begitu jurusan ini juga sangat bagus untuk seorang perempuan dari lulusan jurusan IPA.

Kalau kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar tentang komputer dengan lebih mendalam. Selain itu kamu juga akan belajar dasar tentang ilmu pemrograman yang tentu saja memerlukan tingkat ketelian yang tinggi.

Setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja menjadi seorang web developer, app developer, programmer, dan sebagainya. Prospek kerja jurusan teknik Informatika tergolong sangat cerah karena dari waktu ke waktu teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat.

7. Peternakan

Peternakan merupakan ilmu yang mempelajari tentang perkembangan dalam membesarkan hewan. Sehingga hasil ternaknya bisa sesuai dengan standar yang telah ditentukan baik dari sisi daging, telur, dan sebagainya.

Tidak hanya mempelajari perkembangan hewan saja, kamu juga akan belajar tentang cara membuat pasar dan memasarkannya. Sehingga jurusan kuliah untuk anak IPA ini juga tergolong cukup kompleks.

Salah satu cara untuk menghasilkan hewan ternak yang baik adalah dengan merawatnya dengan penuh kasih sayang. Dan perilaku seperti ini sudah pasti dimiliki oleh seorang perempuan.

8. Biologi

Salah satu jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan adalah Biologi. Jurusan ini sangat luas karena merupakan ilmu dasar untuk ilmu lainnya seperti Kedokteran, Farmasi, Pertanian, dan masih banyak lagi.

Biologi juga menjadi jurusan kuliah yang banyak diminati oleh perempuan. Jumlah mahasiswa perempuan di jurusan biologi lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki.

Ketika lulus nanti, kamu bisa bekerja menjadi seorang peneliti, konsultan ilmu lingkungan, dosen, bahkan bisa menjadi seorang PNS. Bahkan kamu juga bisa masuk ke bidang kepolisian, terutama di bagian ahli forensik.

Namun kebanyakan mahasiswa dari lulusan Biologi ini adalah menjadi dosen sekaligus peneliti. Dan pada akhirnya kamu bisa menjadi seorang PNS yang dinilai punya penghasilan yang besar.

9. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Jurusan ini mempelajari tentang bahaya yang bisa saja terjadi ketika sedang bekerja. Jadi kamu harus bisa meminimalisir resiko yang terjadi supaya para pekerja bisa tetap aman dan terhindar dari kecelakaan.

Perempuan sangat cocok untuk kuliah di jurusan ini karena punya tingkat ketelitian yang tinggi. Dengan begitu terjadinya kecelakaan bisa diminimalisir. Dengan begitu, banyak perusahaan-perusahaan besar yang memerlukan seorang ahli kesehatan dan keselamatan kerja.

10. Pertanian

Pertanian merupakan jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar terutama perempuan. Meskipun pada ujung-ujungnya jadi petani, kamu akan berbeda dengan para petani pada umumnya.

Di jurusan Pertanian, kamu akan belajar lengkap tentang cara bercocok tanam dan perkembangannya. Bahkan kamu juga akan mempelajari ilmu lain yang terkait seperti ilmu Tanah dan Agronomi.

Kalau sudah lulus dan punya modal sendiri, sebaiknya kamu aplikasikan ilmu yang diperoleh dengan bercocok tanam. Namun jika ingin menjadi seorang pekerja kantoran, kamu bisa mendaftar sebagai PNS di lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Pertanian.

Itulah beberapa jurusan kuliah IPA yang Menjamin masa depan untuk perempuan yang bisa kamu jadikan referensi. Namun perlu ditekankan ya kalau jurusan tersebut tidak menjamin karir kamu akan cemerlang setelah lulus nanti.

Leave a Comment