Jurusan IPA yang Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Kebanyakan jurusan di universitas terbaik di Indonesia sangat populer, terutama jurusan khusus untuk Sains atau IPA. Namun perlu kamu ketahui ternyata ada juga beberapa jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar.

Hal ini tentu saja sangat penting jika memang kamu ingin segera memperoleh pekerjaan setelah lulus kuliah nanti. Meskipun begitu, jurusan kuliah tidak bisa menjamin karir kamu akan sukses setelah lulus meskipun jurusan tersebut punya prospek kerja yang bagus.

10. Jurusan IPA yang Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Berikut ini Cecepkocep telah merangkum beberapa jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi menjanjikan.

1. Ilmu Kehutanan

Jurusan yang satu sangat cocok untuk para pecinta alam, terutama yang suka berpetualang ke gunung. Keindahan pegunungan, termasuk hutan-hutan yang ada di dalamnya tidak hanya bisa dinikmati keindahan alamnya saja. Kita juga harus dipelihara dengan baik.

Namun dalam beberapa tahun ke depan, banyak orang-orang tak bertanggung jawab yang merusak hutan hutan di Indonesia. Sekarang banyak hutan-hutan gundul karena maraknya penebangan pohon secara liar.

Kalau kamu ingin berkontribusi dalam melindungi hutan di Indonesia, kamu bisa kuliah di Jurusan Kehutanan. Karena kamu akan belajar mengenai cara melindungi dan melestarikan hutan.

Setelah lulus kuliah, kamu bisa bekerja di industri perkayuan, pemetaan hutan, dan badan-badan pelestarian dan konservasi alam. Bahkan kamu juga bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil di instansi pemerintahan. Misalnya di Kementerian Kehutanan dan Kementerian Pertanian.

2. Astronomi

Dalam beberapa seleksi masuk perguruan tinggi negeri, Astronomi menjadi jurusan kuliah yang sepi peminatnya. Mungkin mereka belum tahu prospek dari jurusan yang satu ini. Atau bisa dianggap sebagai jurusan yang sangat sulit.

Astronomi merupakan ilmu eksakta tertua yang mempelajari alam semesta dan benda-benda langit. Untuk kuliah di jurusan ini, kamu memang memerlukan kemampuan Matematika dan Fisika yang baik.

Saat ini hanya universitas terbaik di Bandung saja yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) saja yang menyediakan jurusan kuliah untuk anak IPA ini. Bahkan hanya ITB saja yang menyediakan jurusan Astronomi di Asia Tenggara.

Setelah lulus kuliah, kamu bisa bekerja di beberapa lembaga penelitian yang bergerak di bidang Astronomi. Misalnya Observatorium Bosscha, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

3. Oseanografi

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan yang luas. Dalam rangka untuk memperkuat sektor maritim, Indonesia tentu saja memerlukan Sumber Daya Manusia yang kompeten untuk mewujudkannya.

Kalau kamu ingin bekerja di sektor kelautan Indonesia, kamu bisa kuliah di jurusan Oseanografi. Ini adalah jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar karena sesuai dengan tujuan pemerintah untuk memperkuat sektor maritim.

Ketika kuliah nanti, kamu akan menekuni berbagai hal tentang dunia kelautan. Misalnya organisme laut, arus samudera, ekosistem laut, geologi di dasar laut, dan gelombang.

Prospek pekerjaan jurusan IPA yang gajinya besar ini juga tergolong sangat cerah. Karena keilmuannya bisa digunakan untuk berbagai bidang lain yang linier, seperti perikanan, mitigasi bencana laut, dan rekayasa lingkungan.

Kebanyakan lulusan Oseanografi juga bisa ikut berpartisipasi dalam banyak penelitian ruang angkasa dan atmosfer. Bahkan kamu bisa menjadi konsultan reservasi lingkungan.

Saat ini hanya ada dua universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan ini yaitu ITB dan UNDIP.

4. Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan yaitu Teknologi Hasil Perikanan. Karena Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari dua pertiganya adalah lautan. Sehingga sektor perikanan punya potensi untuk dimaksimalkan.

Di jurusan kuliah ini kamu akan belajar tentang cara menerapkan teknologi modern dan sektor perikanan. Sehingga teknologi tersebut bisa memberikan manfaat yang optimal di sektor perikanan.

Kamu juga akan belajar tentang bisnis perikanan, manajemen industri hingga proses yang harus kamu lakukan setelah masa panen. Oleh sebab itu jumlah orang yang ahli di bidang ini juga harus tercukupi.

Untuk karirnya sendiri, kamu bisa bekerja di perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Misalnya kamu bisa bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kemenristek. Bahkan kamu bisa berkarir menjadi pengusaha yang bergerak di bidang perikanan.

5. Fisika (MIPA)

Fisika Murni menjadi jurusan yang tidak begitu populer dan sangat sepi peminatnya. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan jurusan Pendidikan yang selalu banyak pendaftar setiap tahunnya.

Materi yang akan kamu pelajari selama kuliah di jurusan Fisika Murni memang sangat mendalam. Bahkan ada universitas yang menawarkan peminatan di jurusan ini, diantaranya Fisika Nuklir, Fisika Material, dan Partikel.

Salah satu universitas yang menyediakan jurusan Fisika terbaik adalah ITB. Kemudian juga ada Universitas Indonesia yang menyediakan 6 prodi sekaligus di jurusan ini, salah satunya adalah Fisika Medis.

6. Meteorologi

Jurusan kuliah IPA ini juga sepi peminat karena hanya segelintir universitas saja yang menawarkan jurusan Meteorologi. Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS) saja yang menawarkan jurusan yang satu ini.

Ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan ini umumnya adalah Ilmu Kebumian mulai dari penampang hingga permukaannya. Kamu juga akan belajar secara lebih spesifik lagi seperti ilmu pertanian, hidrometeorologi, dan penerbangan.

Untuk prospek kerjanya sendiri, kamu bisa bekerja sebagai peneliti setelah lulus kuliah nanti.
Kalau kamu ingin memilih jurusan kuliah dengan passing grade yang rendah, Jurusan Meteorologi bisa kamu pertimbangkan.

7. Teknik Perkapalan

Kalau kamu adalah pecinta kapal dan alat transportasi laut, jurusan Teknik Perkapalan adalah pilihan yang tepat. Selain itu jurusan ini juga tidak memiliki banyak peminat di setiap penerimaan mahasiswa baru.

Kuliah di jurusan ini tentu saja akan mempelajari tentang perkapalan baik belajar struktur maupun cara merancang kapalnya. Bahkan kamu juga akan belajar tentang hukum yang berlaku di laut.
Hanya ada tiga universitas saja di Indonesia yang menawarkan jurusan Teknik Perkapalan yaitu ITS, UNDIP, dan UI.

Ketika sudah lulus dari jurusan Teknik Perkapalan, kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang fokus pada alat transportasi laut. Bahkan kamu juga bisa bekerja sebagai penerima jasa pengiriman barang antar pulau.

8. Teknik Nuklir

Jurusan ini memang tak banyak dilirik oleh calon mahasiswa di Indonesia. Selain materi perkuliahannya yang berat, bekerja di bidang nuklir juga sangat beresiko. Namun kamu tak perlu khawatir kalau mempelajarinya dengan baik dan benar.

Padahal kalau kamu eksplor lebih dalam tentang bidang nuklir, prospek kerjanya cukup cerah di masa depan. Karena banyak juga perusahaan dari berbagai industri yang membutuhkan ahli nuklir, diantaranya industri medis dan pertanian. Gaji yang ditawarkan untuk ahli nuklir juga tidak main-main.

Namun saya sarankan untuk belajar dengan serius ketika menjalani proses perkuliahan. Dengan begitu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika bekerja di lapangan bisa diminimalisir.

9. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Banyak calon mahasiswa yang menganggap kalau jurusan yang satu ini adalah bagian dari Pertanian. Hal itu memang benar karena jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian masih berada dalam naungan jurusan pertanian.

Namun tentu saja ada banyak kemampuan khusus yang harus kamu miliki ketika bekerja sebagai tenaga penyuluh pertanian. Kamu perlu tahu cara komunikasi yang baik dengan para pelaku petani karena kamu adalah agen yang berbicara langsung dengan mereka.

10. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jurusan ini masih tergolong baru dan belum begitu banyak mahasiswa yang mengenal jurusan ini. Sejak berlakunya Undang Undang yang terkait dengan tenaga kerja, lulusan jurusan Keselamatan dan Keselamatan Kerja banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Meskipun tidak bekerja di perusahaan-perusahaan besar, kamu juga bisa bekerja sebagai dosen, penyuluh atau juga penguji. Namun pastikan untuk mendalami ilmu ilmu ini dengan serius ketika kuliah ya.

Baca juga: Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Kesimpulan

Itulah beberapa jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar yang bisa kamu jadikan yang dilansir dari Kompas dan sumber lainnya. Namun saya tekankan ya kalau jurusan di atas tidak bisa menjamin karir kamu secara total setelah lulus kuliah nanti.

Tentu saja banyak faktor yang menentukan kesuksesan karir seseorang. Namun pastikan untuk mempelajari jurusan kuliah yang kamu ambil dengan serius.

Leave a Comment