Tips Memilih Playmat yang Aman untuk Bayi

jual playmat

Demi alasan keamanan, banyak dari kita yang memasang playmatt di lantai sebagai area untuk bermain si buah hati. Memangnya seberapa penting sih pemakaian playmat untuk anak ini? Saking pentingnya, saat ini juga sudah banyak orang jual playmat di pasaran.

Menurut dr Luh Karunia SpKFR seperti kami lansir dari Health Detik pada Minggu (20/12/2020), playmat ini bisa dipakai untuk anak yang usianya di bawah 6 bulan. Playmat ini juga masih digunakan ketika si anak baru main-main di lantai. Karena semakin dewasa, dia pasti ingin menjelajah ke area rumah.

Dr Luh juga menambahkan bahwa anak itu akan sering kejedot atau jatuh ketika dalam fase perkembangan. Hal itu memang tidak bisa dihindari. Dengan kata lain, hal itu tidak akan membuat semuanya aman 100% aman.

Manfaat Playmat Bagi Si Bayi

Seperti kami singgung di atas, playmat bayi memiliki peranan yang sangat penting ketika si anak tengah berada di fase perkembangan. Berikut ini adalah beberapa manfaat playmat bagi si buah hati yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Perkembangan Si Bayi

Hampir semua produk playmat aman untuk digunakan oleh si buah hati Anda. Sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai papan ataupun arena permainan anak. Anda tinggal menaruhnya di lantai tanpa harus takut anak terjatuh.

Di atas playmat ini si  buah hati bisa dengan bebasnya berguling ataupun membolak-balikan badan. Jika Anda memilih playmat yang bercorak menarik, si anak juga akan bergerak kesana kemari untuk melihat gambar.

Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi kalau si buah hati terjatuh. Permukaan playmat yang lembut juga tidak akan membuat si anak terbentur dengan keras ketika terjatuh. Selain berfungsi untuk membantu perkembangan anak, playmat ini juga bisa berfungsi untuk keamanan.

2. Membantu Sensor Otak Anak

Kecerdasan dan keaktifan si buah hati Anda bisa dibantu dengan gambar maupun permainan yang ada di atas playmat. Dia akan lebih mengenal warna-warna baru, objek gambar, hingga bentuk-bentuk di sekitarnya.

Dia juga akan mengenal bagaimana tekstur dari plastik ataupun karet yang merupakan bahan dasar dari playmat. Hal itu akan membuat si anak semakin tertarik dengan hal-hal baru.

Supaya makin aktif dan terlatih, Anda bisa meletakkan berbagai mainan di atas playmat. Anda bisa meletakkan mainan yang bisa berbunyi atau bersinar warna warni supaya sensor indra si anak bisa lebih terasah.

Pastikan bahwa mainan yang Anda berikan juga tidak berukuran kecil karena sangat rentan tertelan oleh si anak. Playmat yang digunakan juga harus benar-benar empuk untuk keamanan si anak. Anda memang harus memprioritaskan keamanan supaya tidak ada sesuatu yang berbahaya bagi si anak.

3. Mudah Dibawa Kemana-mana

Salah satu kelebihan playmat dibandingkan dengan alas lainnya yaitu sangat mudah dibawah kemana-mana. Anda bisa membawa playmat ke tempat liburan supaya si anak bisa tetap bermain dengan aman. Bahkan si anak juga akan tetap betah meskipun berada di tempat-tempat baru.

Anda bisa menggunakan playmat bayi lipat supaya bisa dengan mudah dibawa kemanapun. Playmat ini juga ada yang mudah dicopot dan dipasang di lantai, sehingga bisa si anak akan tetap lebih mudah berinteraksi dengan permainannya.

Playmat yang Aman untuk Bayi

Anda harus memilih playmat bayi terbaik, salah satunya harus aman digunakan. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika akan membeli playmat untuk si buah hati. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Playmat berlapis busa supaya lebih lembut, kenyal, dan aman digunakan, terutama untuk bayi atau balita.
  • Playmat terbuat dari bahan kain yang tidak mudah kusut untuk balita yang lebih tua, terutama ketika anak sudah mulai proaktif.
  • Playmat terbuat dari bahan organik dan tidak beracun.
  • Playmat ditutupi oleh katun dan interior terbuat dari nabati seperti serat bambu dan gabus alami.
  • Playmat harus terbebas dari bahan-bahan berbahaya seperti formamide, formaldehida, VOC, dan bahan berbahaya lainnya.

Selain memperhatikan keamanannya, Anda juga bisa memilih playmat yang sesuai dengan modelnya. Sehingga si bayi bisa lebih nyaman ketika bermain di atasnya.

Sekarang ini juga sudah banyak orang yang jual playmat yang dilengkapi dengan mainan baik itu mainan berbentuk puzzle, tenda, atau tema mainan lainnya. Bahkan sekarang ini juga sudah ada playmat yang bisa dibentuk menjadi bola, sehingga si anak bisa bermain dengan lebih nyaman.

Memang banyak hal yang harus Anda pertimbangkan ketika akan membeli playmat supaya si buah hati bisa bermain dengan lebih aman. Playmat ini bisa Anda gunakan untuk bayi yang baru lahir atau sedang masih bertumbuh kembang.

Sekarang ini sudah banyak toko terdekat yang jual playmat yang bisa Anda beli. Tapi pastikan untuk memilih playmat yang aman, diantaranya seperti yang sudah kami jelaskan di atas.