Manfaat Nitrogen untuk Berbagai Kehidupan Manusia

jual gas Nitrogen

Sebagian besar orang sudah mengenal gas Nitrogen karena sering digunakan untuk isi ban kendaraan. Sebenarnya gas Nitrogen ini tidak hanya berguna untuk mengisi udara ban kendaraan saja, tapi juga untuk kebutuhan medis. Saking kompleksnya, sudah banyak orang yang jual gas nitrogen di Indonesia.

Misalnya jika Anda pergi ke mall-mall, disana akan banyak jajanan es krim untuk anak-anak. Nah, Nitrogen juga digunakan sebagai bahan campuran dalam es krim tersebut.

Jenis Nitrogen

Nitrogen tidak hanya berwujud gas saja, tapi juga ada yang berwujud cair. Setiap jenis Nitrogen tentu bisa Anda sesuaikan dengan penggunaannya. Berikut ini adalah jenis Nitrogen yang perlu Anda ketahui.

1. Gas

Nitrogen yang berwujud gas akan disimpan dalam tabung yang terbuat dari baja atau aluminium. Gas Nitrogen yang berada dalam wujud ini terbagi kedalam tiga tingkatan jika dilihat dari kemurniannya.

Pertama adalah Welding Grade (WG), sebagian orang mengenalnya sebagai Industrial Grade (IG). Kedua, High Purity (HP) Grade. Ketiga adalah Ultra High Purity (UHP) Grade dengan tingkat kemurnian 99,99%.

2. Cair

Nitrogen juga ada yang berwujud cair (Liquid N2) atau lebih dikenal sebagai LIN. Nah bahan campuran yang digunakan pada es krim adalah Nitrogen yang berwujud cair. Nitrogen cair ini akan disimpan dalam wadah dengan kriteria yang beragam.

Nitrogen cair bisa disimpan di dalam tabung Dewar untuk menyimpan Nitrogen cair di bawah 500 liter. Jika volumenya lebih dari 500 liter, maka menggunakan tabung Vessel Gas Liquid (VGL). Sementara untuk volume lebih dari 1000 liter disimpan dalam Cryogenic Tank.

Harga nitrogen cair juga bervariasi sesuai dengan jumlah yang ingin Anda beli. Semakin banyak yang akan Anda beli, harga gas nitrogen per liter juga akan semakin mahal.

Manfaat Nitrogen untuk Kebutuhan Manusia

Dengan mengetahui jenis Nitrogen pada uraian di atas, kita akan tahu bahwa bahan kimia ini memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan manusia. Manfaat lebih lengkap dari Nitrogen ini bisa Anda pelajari di bawah ini.

1. Industri Kimia

Karena Nitrogen ini adalah bahan kimia, tentu saja manfaatnya akan sangat banyak di industri kimia. Misalnya, Nitrogen ini bisa digunakan sebagai pressurising gas atau gas tekan.

Jadi, gas Nitrogen ini akan mendorong cairan yang ada pada pipa. Selain itu, gas ini juga sangat berguna untuk melindungi oksigen dari bahan-bahan yang sangat sensitif di udara.

2. Industri Medis

Nitrogen juga memiliki peranan yang sangat penting di dalam industri medis. Hampir setiap rumah sakit akan menyediakan tabung gas nitrogen. Bahkan rumah sakit juga menyediakan Nitrogen cair karena pada keadaan tertentu sangat dibutuhkan.

Beberapa manfaat gas Nitrogen dalam dunia media diantaranya untuk membekukan darah, sel-sel sumsum tulang, embrio, sampel jaringan hidup, hingga sperma.

Sementara Nitrogen cair berguna untuk pengobatan seperti memusnahkan tumor kulit jinak yang bisa menular. Penyakit kulit seperti kutil juga bisa dihilangkan dengan menggunakan Nitrogen cair.

3. Industri Makanan dan Minuman

Sebagai bahan kimia, tentu saja Nitrogen sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Tapi jika menggunakannya dengan dosis yang wajar, Nitrogen ini memiliki segudang manfaat untuk makanan dan minuman.

Biasanya Nitrogen ini digunakan untuk proses pembekuan dan pendinginan karena suhu ekstrim dari bahan kimia ini sangat berpengaruh pada cepat lambatnya pembekuan.

Supaya makanan tidak cepat busuk, banyak juga orang yang menggunakan Nitrogen. Dalam pengemasan roti mereka akan menggunakan nitrogen untuk menghambat pertumbuhan bakteri di dalamnya. Sehingga roti tidak akan cepat membusuk dalam waktu yang lama.

4. Industri Otomotif

Dalam industri otomotif, Nitrogen ini akan dicampurkan dengan gas lain untuk pengelasan suku cadang kendaraan. Nitrogen ini juga sering dimanfaatkan untuk perangkat keamanan seperti airbag.

Saat ini juga sudah banyak para pengendara yang lebih nyaman menggunakan gas Nitrogen cair dibandingkan dengan gas biasa.

5. Industri Farmasi

Dalam industri farmasi, Nitrogen juga memiliki segudang manfaat. Misalnya untuk transfer tekanan, oksidasi transfer tekanan, pengontrol suhu pada pendingin reaktor dan menjaga sampel biologis. Masih banyak manfaat lainnya dari Nitrogen untuk industri farmasi.

Jika kita perhatikan lebih dalam, sebenarnya masih banyak manfaat nitrogen untuk kehidupan manusia. Tapi bahan kimia ini tidak boleh disepelekan begitu saja dalam penggunaannya. Karena jika digunakan dengan dosis yang tidak wajar tentu saja akan sangat berbahaya bagi manusia.

Saat ini sudah banyak produsen yang jual gas nitrogen baik itu yang berwujud gas maupun cair. Biasanya penjual ini juga menyediakannya secara spesifik, misalnya gas nitrogen untuk makanan saja. Harga gas nitrogen untuk makanan juga bervariasi sesuai dengan jumlah yang akan dibeli.

Salah Satu perusahaan di Bogor yang jual gas Nitrogen adalah PT Cakrabuana Langgeng Sukses. Perusahaan ini menjual gas nitrogen untuk keperluan medis di rumah sakit.