Menilik Manfaat Kitchen Set untuk Keperluan Dapur

jasa perbaikan kitchen set

Dapur menjadi salah satu area rumah yang memiliki peran yang sangat krusial. Bahkan sudah banyak orang yang memiliki lemari kabinet khusus menyimpan peralatan masak yang disebut kitchen set. Tak heran jika sekarang ini juga banyak yang menyediakan layanan jasa perbaikan kitchen set.

Tak hanya untuk menyimpan peralatan masak saja, kitchen set ini juga memiliki fungsi yang lain. Misalnya untuk memperindah ruangan dapur, menyimpan makanan, dan menyimpan bumbu dapur. Keberadaan kitchen set ini juga bisa membuat ruangan dapur Anda menjadi lebih rapi dan berkelas.

Bagian-Bagian Kitchen Set

Ternyata kitchen set itu terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jika Anda perhatikan, Kitchen Set ini terdiri dari kabinet atas dan kabinet bawah. Fungsi dari kedua bagian tersebut bisa Anda pelajari dalam ulasan kami di bawah ini.

1. Kabinet Bawah

Kabinet bawah pada kitchen set memiliki peranan yang sangat penting, sehingga akan membuat ruangan dapur Anda menjadi lebih nyaman. Bahkan dapur Anda bisa tertata dengan rapi.

Dapur Anda tidak ditempati oleh perlengkapan masak yang ternyata memakan banyak tempat. Karena semua peralatan yang berukuran besar dan berat bisa dimasukkan ke dalam kabinet bawah.

2. Kabinet Atas

Kitchen Set bagian atas ini akan tertutup ataupun rak yang terbuka dengan bagian-bagian bisa menyimpan keperluan memasak. Di bagian atas ini biasanya akan terdapat tempat khusus, misalnya rak piring atau cooker hood.

Fungsi utama dari kabinet atas ini sebenarnya tidak jauh berbeda seperti halnya kabinet bawah. Hanya saja kabinet atas dikhususkan untuk menyimpan peralatan dapur dengan bobot yang ringan.

3. Area Persiapan

Pada kitchen set ini juga terdapat tempat khusus yang disebut dengan area persiapan. Bagian ini berfungsi untuk mengolah dan membersihkan bahan makanan. Mempersiapkan keperluan memasak juga bisa dilakukan di area ini.

4. Area Memasak

Biasanya kitchen set ini juga dilengkapi dengan area khusus untuk memasak. Jadi Anda bisa memproses dan mengolah bahan masakan di area ini. Anda bisa berkreasi dengan masakan Anda hingga akhirnya bisa menghasilkan makanan yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga tercinta.

5. Area Penyajian

Rasanya kurang lengkap jika kitchen set tidak dilengkapi dengan area penyajian khusus. Hasil kreasi Anda bisa disimpan di area penyajian ini. Tak hanya itu, disini Anda juga bisa menyimpan berbagai wadah yang lain seperti toples kue ataupun keranjang buah.

Dengan menggunakan kitchen set, semua pekerjaan Anda selama di dapur bisa tertata dengan rapi. Tidak hanya akan mempermudah Anda dalam mencari sesuatu, tapi juga tidak akan membahayakan Anda selama memasak.

Selama Anda menyimpannya sesuai dengan ketentuan, kitchen ini tentu saja sangat aman. Misalnya menyimpan peralatan dapur dengan bobot berat di kabinet bawah, sementara perlengkapan ringan disimpan di kabinet atas. Jangan sampai Anda menempatkan secara terbalik.

Anda juga akan lebih mudah dalam menyimpan maupun mengambil berbagai keperluan untuk memasak. Sehingga ruangan dapur Anda akan tertata rapi dan Anda tidak akan kesulitan mencarinya.

Saat ini sudah banyak variasi dari kitchen set ini,  terutama jika dilihat dari bahan yang digunakannya. Kitchen Set ini ada yang terbuat dari multiplek, mdf, kayu solid, blockboard, dan particle board.

Sementara ada juga varian kitchen set dilihat dari finishingnya. Anda bisa memilih kitchen set dari finishing HPL, lacquer, duco, sayerlack, dan sebagainya. Anda bisa menyelesaikannya sesuai dengan kebutuhan.

Tips Memilih Kitchen Set

Ketika akan menggunakan kitchen set, pastikan untuk menyesuaikannya sesuai dengan budget dan kebutuhan. Yang pasti kalian harus pastikan kualitasnya jangan sampai kitchen set Anda mudah rusak.

Biasanya Lemari dapur yang terbuat dari kayu akan cepat rusak jika menggunakan bahan kayu. Jika terbuat dari kayu abal-abal biasanya akan cepat rusak jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Tapi Anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan layanan jasa perbaikan lemari kayu.

Biasanya kitchen set yang terbuat dari kayu akan keropos dan lapuk dimakan rayap, atau sering kena basah pada bagian kabinet bawah. Kemudian engselnya juga akan mudah rusak jika dibiarkan terlalu lama. Bahkan cat dan HPL (High Pressure Laminate) juga sudah banyak yang terkelupas.

Jika kitchen set Anda sudah mengalami hal seperti itu, sebaiknya segera memperbaikinya dengan menggunakan jasa reparasi furniture khusus kitchen set. Meskipun Anda melakukan perawatan sebaik mungkin, tapi jika dibiarkan terlalu lama akan tetap keropos.

Tapi model chicken set terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi khusus untuk mencegah keropos. Biasanya akan menggunakan bahan khusus supaya tidak reaktif terhadap air dan tahan terhadap rayap. Tapi tentu saja akan dibandrol dengan harga yang mahal.

Meskipun masih menggunakan model yang biasa, Anda tetap bisa memiliki kitchen set yang bagus. Tapi Anda harus segera memperbaikinya jika sudah ada kerusakan kepada orang yang memberikan layanan jasa perbaikan kitchen set. Misalnya adalah BMS (Bersamamajuselaras).