3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Tanpa Tes

Menjadi mahasiswa adalah impian untuk sebagian besar orang, termasuk kamu juga kan? Tapi, untuk bisa masuk perguruan impian tentu saja tidak mudah karena banyak tes yang harus kamu jalani. Kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak jalur masuk perguruan tinggi tanpa tes.

Jalur masuk perguruan tinggi itu tidak hanya melalui SNMPTN dan SBMPTN saja. Kalau kamu mau mencari informasi, banyak jalur masuk perguruan tinggi yang bisa kamu coba. Berikut ini adalah beberapa jalur masuk perguruan tinggi tanpa tes 2021 yang bisa kamu coba.

1. SNMPTN

Jalur masuk perguruan tinggi tanpa tes yang bisa kamu coba adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Jalur masuk PTN ini hanya mengandalkan nilai raport yang kamu peroleh sejak semester 1 sampai 5.

Tak ada persiapan khusus untuk mengikuti SNMPTN selain kamu harus memiliki nilai raport yang bagus sejak semester pertama. Prestasi kamu selama di sekolah bisa menjadi nilai tambah untuk memperbesar kemungkinan kamu lolos seleksi ini.

Oleh sebab itu kamu harus belajar dengan giat supaya bisa mendapatkan nilai raport yang bagus. Jika ada kesempatan, ikuti berbagai lomba atau kegiatan untuk mendapatkan sertifikat yang bisa kamu lampirkan ketika mengikuti seleksi SNMPTN.

Jalur masuk perguruan tinggi SNMPTN ini tidak berbayar alias gratis. Kamu tinggal menghubungi pihak sekolah jika ingin mendaftar. Pihak dari sekolah biasanya juga akan memberitahu informasi murid-muridnya untuk mengikuti seleksi ini.

Dengan jalur SNMPTN ini, kamu bisa memilih 2 PTN dengan tiap PTN memilih 3 jurusan studi (Aturan terbaru cek di halaman resmi SNMPTN). Kamu harus pertimbangkan dengan matang supaya peluang kamu untuk lolos PTN favorit menjadi terbuka lebar.

Karena SNMPTN ini mengandalkan nilai raport, tingkat kesulitan untuk lolos tentu sangatlah besar. Oleh sebab itu kamu harus punya rencana cadangan untuk mengantisipasi jika seleksi SNMPTN tidak lolos.

2. PMDKPN

Jalur masuk perguruan tinggi 2021 yang selanjutnya bisa kamu pertimbangkan adalah PMDKPN. Jalur tes masuk perguruan tinggi ini hampir sama seperti SNMPTN, tapi hanya berlaku untuk politeknik negeri.

Dulu seleksi masuk Politeknik Negeri dengan jalur PMDKPN ini terbilang cukup mudah karena tingkat persaingannya belum terlalu tinggi. Terlebih para siswa itu belum tahu apa itu politeknik, sehingga mereka belum begitu antusias.

Untuk informasi lengkap tentang PMDKPN bisa mengunjungi halaman resminya yaitu pmdk.politeknik.or.id

3. SPAN PTKIN

SPAN PTKIN merupakan salah satu seleksi yang dilaksanakan nasional dan serentak oleh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

SPAN PTKIN iniĀ  juga hampir sama seperti SNMPTN, hanya saja berlaku untuk untuk PTKIN. Dengan kata lain, SPAN PTKIN ini adalah SNMPTN untuk masuk perguruan tinggi Islam atau PTKIN.

Informasi lengkap mengenai SPAN PTKIN bisa kamu pelajari disini: span-ptkin.ac.id

Mungkin masih ada lagi seleksi masuk perguruan tinggi tanpa tes yang terus kamu eksplore. Jadi jangan terpaku pada satu jalur SNMPTN saja, coba juga untuk jalur yang lainnya. Sehingga kemungkinan kamu untuk lolos kuliah di universitas/politeknik negeri menjadi lebih besar.

Itulah beberapa jalur masuk perguruan tinggi tanpa tes yang bisa kamu coba ikuti. Sebagian besar jalur masuk tersebut menggunakan nilai raport, jadi pastikan untuk belajar dengan giat dari semester awal. Sehingga kalau nilai raport kamu bagus, kemungkinan untuk masuk PTN favorit menjadi lebih besar.

Leave a Comment