Mengenal Jenis Besi yang Digunakan Konstruksi

Harga besi Surabaya

Cecepkocep.com – Besi merupakan salah satu instrumen yang memiliki peranan penting di dalam konstruksi bangunan. Kebutuhan besi ini juga sangat tinggi, terutama di kota-kota besar seperti Surabaya. Harga besi Surabaya juga sangat bervariatif sesuai dengan jenisnya.

Besi ini juga bervariasi dan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Misalnya besi beton untuk pondasi bangunan, besi siku untuk dinding, dan besi baja untuk bagian atap.

Jenis Besi dan Manfaatnya

Ternyata besi ini memiliki berbagai jenis dan masing-masing memiliki kegunaannya. Harga besi bangunan juga bervariasi sesuai dengan jenis dan kualitasnya. Berikut ini adalah beberapa jenis besi yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan beserta dengan manfaatnya.

1. Besi Beton

Besi beton ini memiliki bentuk batang atau tulang yang biasa digunakan sebagai pondasi pada bangunan. Sehingga jenis besi ini memiliki peranan yang sangat penting. Bangunan akan mudah runtuh jika menggunakan jenis besi beton yang tidak berkualitas atau tidak berstandar SNI.

Terdapat dua model besi beton yakni besi ulir dan besi polos. Keduanya memiliki manfaat yang sama yaitu sebagai pondasi bangunan. Besi beton ini juga akan saling bekerja sama dengan besi beton lain hingga membentuk satu kesatuan yang utuh.

Harga besi beton juga berbeda-beda tergantung dari jenisnya.

2. Besi Siku

Dari namanya Anda sudah tahu ya kalau besi siku ini memiliki sudut siku-siku atau kemiringan 90 derajat. Jenis besi yang satu ini biasa digunakan untuk anak tangga, rak besi, menara air, dan kebutuhan rekonstruksi lainnya.

Besi siku ini tersedia dalam beberapa ukuran mulai dari ukuran 2 cm, 3 cm, 4 cm, hingga 5 cm. Jenis besi ini juga ada yang berlubang dan juga tidak berlubang. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

3. Besi H-Beam

H-Beam merupakan jenis besi baja yang paling banyak digunakan di dalam konstruksi bangungan. Sesuai dengan namanya, besi yang satu ini memiliki bentuk seperti huruf H. Secara teknis, jenis besi ini disebut juga dengan hot rolled atau dalam istilah bahasa Indonesia disebut cenai panas.

Jenis besi yang satu ini biasanya digunakan dalam konstruksi jembatan atau proyek gedung besar.  Sesuai dengan bentuknya, jenis besi yang satu ini didesain khusus agar strukturnya kuat dan kokoh.

4. Wide Flange

Jenis besi yang satu ini memiliki bentuk yang sama seperti H-Beam, bahkan untuk bahannya juga sama terbuat dari baja. Keduanya juga sering digunakan dalam konstruksi bangunan.

Hanya saja Wide Flange memiliki kekuatan yang jauh lebih baik, baik itu dari gaya tarik maupun gaya tekannya. Jadi jenis besi ini jauh lebih efisien dibandingkan dengan H-Beam pada konstruksi bangunan.

5. Expanded Metal

Jenis besi yang satu ini hampir mirip seperti mesh atau jaring-jaring yang terbuat dari pelat baja yang berulang. Untuk tingkat kekuatannya tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja besi ini sangat ringan karena terbuat dari plat baja yang disayat dan ditarik tanpa dilakukan proses pengelasan terlebih dahulu.

6. Hollow

Jenis besi yang satu ini memiliki bentuk persegi yang terdapat ruang kosong di tengahnya atau berongga. Besi ini terbuat dari campuran galvanis yang dilapisi dengan campuran seng dan alumunium.

Biasanya jenis besi ini digunakan untuk keperluan pagar rumah,  pintu gerbang, railing, atau kanopi.

Baca juga: Mengenal Besi Beton SNI Berdasarkan Standar BSN

7. Wiremesh

Jenis besi wiremesh ini memiliki bentuk seperti kawat yang dianyam dengan bentuk kotak-kotak atau jajaran genjang. Selain digunakan sebagai pagar beton, besi ini juga biasa digunakan sebagai penguat dak beton atau plat lantai.

8. Besi Plat

Besi plat merupakan bahan baku untuk berbagai keperluan mesin, kendaraan roda empat, perkapalan, dan keperluan industri yang lainnya. Besi ini juga biasa digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan atau peralatan rumah tangga.

9. Pipa Besi

Besi ini memiliki bentuk yang bulat dan panjang seperti pipa. Jenis besi ini juga paling banyak dijumpai dalam konstruksi bangunan. Besi ini juga terbilang kuat karena terbuat dari baja.

10. CNP & UNP

Keduanya memang memiliki bentuk yang hampir sama, tapi fungsinya sangat  berbeda. CNP berbentuk C yang biasa digunakan untuk rangka atap atau rangka lainnya. Sementara UNP berbentuk U yang digunakan sebagai balok penutup pada bagian atap atau sebagai penopang dinding.

Kebutuhan besi ini memang sangat penting, terutama di kota-kota besar yang sedang melakukan pembangunan seperti Surabaya. Harga besi beton per kg Surabaya juga sesuai dengan tingkat permintaannya. Banyak yang jual besi Surabaya yang bisa Anda pertimbangkan, salah satunya Distributor Besi Surabaya.

Besi memang memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia konstruksi baik bangunan maupun konstruksi lainnya. Dari sekian banyak besi, jenis besi beton memang paling banyak digunakan. Harga besi Surabaya juga bervariasi sesuai dengan jenis dan kualitasnya.