Exynos vs Snapdragon Bagus Mana Untuk Game?

Chipset Exynos vs Snapdragon bagus mana ya? Kedua chipset tersebut sudah banyak digunakan oleh berbagai smartphone di dunia. Kedua prosesor tersebut selalu dijadikan bahan perbandingan, khususnya untuk mereka yang akan membeli smartphone baru.

Prosesor sendiri merupakan otak dari sebuah perangkat smartphone atau laptop. Prosesor ini berfungsi untuk mengontrol seluruh pekerjaan pada kedua perangkat tersebut. Meskipun fungsinya sama, namun perbedaan Exynos dan Snapdragon sudah pasti ada.

Apa Itu Exynos ?

Prosesor Exynos adalah chipset berbasis ARM yang diproduksi secara langsung oleh Samsung. Tidak heran kalau banyak smartphone Samsung yang menggunakan prosesor yang satu ini.

Namun brand lain juga telah banyak yang menggunakan chipset besutan Samsung tersebut. Sebut saja Vivo X30 dan Vivo X30 Pro yang menggunakan chipset Exynos.

Chipset Exynos pertama kali dibuat pada tahun 2010 yang diberi nama Exynos 3. Chipset pertama ini menjadi otak dari smartphone Samsung Galaxy S generasi pertama. Setelah itu hadir Exynos 4210 yang dipakai pada Samsung Galaxy S2.

Apa Itu Snapdragon ?

Prosesor Snapdragon adalah produk unggulan dari Qualcomm. Chipset ini pertama kali dibuat pada tahun 2007 yang dipakai pada HP biasa. Kemudian di tahun 2008 Qualcomm merilis Snapdragon yang dipakai pada HP Android keluaran awal seperti Samsung Galaxy Trend dan Samsung Galaxy Young.

Untuk meningkatkan performa dan kualitasnya, chipset Snapdragon ini menggunakan GPU Adreno. Kombinasi tersebut membuat chipset Qualcomm Snapdragon sangat terkenal dan kerap disandingkan dengan chipset lainnya.

Baca juga: Urutan Prosesor HP dari Terendah Sampai Tertinggi

Exynos vs Snapdragon Bagus Mana ?

Exynos Vs Snapdragon Bagus Mana
Exynos Vs Snapdragon Bagus Mana

Ada beberapa paramater untuk menentukan perbandingan Exynos dan Snapdragon. Dari beberapa parameter tersebut Anda bisa menentukan Exynos vs Snapdragon bagus mana.

Berikut ini telah cecepkocep.com rangkum beberapa perbedaan Snapdragon dan Exynos.

1. Harga

Lupakan dulu masalah performa. Salah satu parameter yang bisa menentukan perbedaan Snapdragon dan Exynos adalah harga. Ada harga pasti ada kualitas.

Bisa kita lihat di pasaran bahwa HP Samsung yang memakai chipset Exynoss biasanya harganya lebih mahal dibandingkan HP yang memakai Snapdragon.

Tapi banyak chipset Snapdragon dengan performa bagus dipasang pada smartphone kelas menengah. Misalnya Snapdragon 712 yang performanya jauh berbeda dengan Exynos 9611 yang terdapat pada HP Samsung kelas flagship.

Untuk Anda yang mau beli hp kelas menengah dengan performa bagus, pemilihan chipset Snapdragon adalah pilihan yang tepat.

2. Efisiensi Baterai

Khusus Anda yang suka bermain game, pertimbangannya tidak hanya RAM dan jenis chipsetnya saja. Percuma beli HP gaming dengan RAM tinggi dan chipset tapi cepat habis.

Perbandingan Exynos vs Qualcomm Snapdragon bisa dilihat dari sisi ketahanan baterainya. Pada indikator ini, Exynos lebih unggul dibandingkan dengan Snapdragon. Itu wajar karena Snapdragon didesain untuk HP dengan performa kencang maksimal.

Berbeda dengan Exynoss yang dirancang oleh Samsung agar bisa bekerja tanpa menguras banyak daya baterai. Chipset ini tentu bisa menjadi solusi untuk Anda yang suka main media sosial atau nonton video.

3. Performa

Perbedaan Snapdragon dan Exynoss bisa dilihat dari sisi performa. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan, khususnya pada multi-core benchmark.

Chipset Exynoss unggul jika menggunakan single-core benchmark dan hemat RAM. Tapi jika menggunakan multi-core benchmark, Snapdragon jauh lebih unggul dari Exynoss. Jadi kalau Anda ingin punya HP dengan performa ngebut, Snapdragon adalah pilihan tepat.

Namun perbandingan Exynoss dan Snapdragon tidak ada perbedaan yang signifikan pada berbagai HP flagship. Bisa dikatakan kalau Exynoss mampu menandingi performa Snapdragon meskipun tidak bisa mengalahkannya.

4. Grafis

Untuk menentukan Exynos vs Snapdragon bagus mana bisa dilihat dari sisi pengolah grafisnya. Karena kedua chipset tersebut menggunakan pengolah grafis yang berbeda. Exynoss menggunakan GPU Mali, sementara Snapdragon menggunakan GPU Adreno.

Baca juga: Urutan Chipset MediaTek Terbaik

 Jadi, Exynos vs Snapdragon Bagus Mana ?

Untuk menentukannya tentu saja sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin HP yang irit baterai, maka Exynoss lebih bagus dibandingkan Snapdragon. Tapi jika Anda butuh HP untuk baterai, maka Snapdragon lebih bagus.

Secara performa, Exynoss sedikit kalah dari Snapdragon dimana chipset besutan Samsung ini hanya unggul pada single core saja. Tapi Exynoss unggul jauh dari sisi konsumsi RAM dibandingkan Snapdragon. Jadi Anda harus tentukan dulu kebutuhannya apa.

Itulah ulasan kali ini untuk menentukan exynos vs Snapdragon bagus mana. Semoga bisa membantu Anda yang ingin membeli HP baru.