Daftar 10 Jurusan Kuliah IPS Yang Tidak Ada Matematika

Jurusan kuliah yang tidak memerlukan kemampuan dasar Matematika yang baik adalah IPS. Jurusan kuliah IPS yang tidak ada matematika ini sangat cocok untuk mereka yang tidak suka menghitung.

Kuliah IPS memang termasuk jurusan kuliah yang paling santai karena tidak terlalu banyak menghitungnya. Namun skill menghitung ini sangat dibutuhkan kalau kuliah di jurusan akuntansi dan jurusan terkait lainnya.

10 Jurusan Kuliah IPS yang Tidak Ada Matematika

Pada kesempatan kali ini cecepkocep akan berikan rekomendasikan jurusan kuliah IPS yang tidak ada Matematika. Semoga bisa jadi referensi untuk kamu yang belum menentukan jurusan kuliah.

1. Hubungan Internasional

Jurusan kuliah yang satu ini memang tidak memerlukan skill menghitung yang rumit. Namun tentu saja kamu harus punya kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang punya skill komunikasi yang bagus dan suka dunia politik. Setelah lulus nanti kamu bisa bekerja sebagai diplomat yang ditempatkan di Kementerian Diplomasi.

Namun kamu juga berkarir di bidang lain yang masih berhubungan dengan ilmu Hubungan Internasional. Misalnya bekerja sebagai eksportir atau bekerja di Bagian Tata Usaha Perdagangan Luar Negeri.

2. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi termasuk jurusan kuliah yang tidak akan bergelut banyak dengan menghitung. Jurusan ini bisa kamu pertimbangkan jika ingin kuliah di jurusan yang tidak ada hitungannya.

Selama kuliah kamu akan belajar tentang tingkatan komunikasi. Misalnya komunikasi individu, periklanan, media massa, dan antar budaya.

Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai seorang public relation. Tapi kamu juga bisa terjun ke bidang lainnya seperti periklanan dan penyiaran. Karena seharusnya skill komunikasi sudah bagus.

3. Sastra

Jurusan Sastra adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang tidak menyukai Matematika. Namun kamu harus punya kemampuan bahasa asing yang bagus seperti bahasa Inggris dan Mandarin.

Meskipun begitu, sekarang sudah ada jurusan kuliah sastra yang lebih kompleks seperti jurusan Sastra Internasional hingga Sastra Daerah.

Kamu bisa memilih jurusan sastra Internasional supaya peluang kerjanya setelah lulus sangat bagus. Kamu bisa bekerja di luar negeri selama skill bahasa asing kamu bagus.

4. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum termasuk jurusan kuliah tanpa Matematika dan bahasa Inggris yang bisa kamu pertimbangkan. Meskipun begitu, kamu harus punya kemampuan menghafal yang yang bagus.

Selama kuliah di jurusan Ilmu Hukum, kamu akan belajar banyak tentang hukum baik hukum perdata, hukum pidana, hingga hukum internasional. Setelah lulus, kamu bisa bekerja menjadi pengacara, hakim, ataupun notaris.

5. Ilmu Filsafat

Ilmu Filsafat merupakan jurusan kuliah untuk pendiam dan pemalu, namun punya jiwa pemikir dan analisis yang tinggi. Meskipun tidak akan banyak menghitung, kamu akan lebih banyak berpikir secara mendalam tentang berbagai hal.

Bila dilihat secara sekilas, Ilmu Filsafat ini termasuk jurusan kuliah yang paling santai. Namun perlu kamu ketahui kalau mahasiswa yang kuliah di jurusan ini lebih banyak berpikir.

6. Sosiologi

Jurusan kuliah IPS yang tidak memerlukan skill Matematika tinggi yaitu Sosiologi. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang sangat tertarik untuk mempelajari ilmu sosial yaitu ilmu hubungan antar manusia.

Setelah lulus dari jurusan kuliah Sosiologi, kamu bisa bekerja menjadi dosen maupun guru.

Baca juga: Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS Dengan Gaji Tinggi

7. Ilmu Sejarah

Sebenarnya Ilmu Sejarah ini termasuk jurusan kuliah tanpa bahasa Inggris dan Matematika. Namun kemampuan bahasa Inggris harus kamu miliki karena akan ada referensi yang berasal dari luar negeri.

Selama kuliah di jurusan Ilmu Sejarah, kamu akan belajar banyak tentang kejadian-kejadian yang terjadi di masa lalu. Objek yang kamu pelajari juga banyak seperti kerajaan di Indonesia maupun di negara lain.

8. Ilmu Politik

Kalau kamu ingin bekerja di lingkungan pemerintahan setelah lulus nanti, kamu bisa kuliah di jurusan Ilmu Politik. Selain kemampuan politik kamu harus bagus, kemampuan komunikasi kamu juga harus bagus.

Tidak hanya di lingkungan pemerintahan saja, setelah lulus kamu juga bisa bekerja di bidang politik lainnya. Selama jaringan kamu luas, kamu tidak akan begitu kesulitan setelah lulus.

9. Seni

Khusus untuk kamu yang menyukai seni, kuliah di jurusan Seni adalah pilihan yang sangat tepat. Jurusan ini juga terdiri dari beberapa jurusan lagi seperti jurusan Seni Rupa hingga Seni Tari.

Jurusan kuliah Seni tentu saja sangat minim dengan perhitungan, sehingga bisa kamu pertimbangkan. Selain bisa menarik, passion yang kamu miliki juga bisa tersalurkan ketika kuliah di jurusan Seni.

10. Antropologi

Antropologi bisa dijadikan bahan pertimbangkan untuk kamu yang tidak suka dengan mata kuliah Matematika. Karena materi kuliah yang akan kamu pelajari kebanyakan tentang manusia dan pola pikirnya.

Jurusan kuliah Antropologi tentu saja sangat cocok untuk kamu yang ingin memperdalam kebudayaan manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga: Jurusan Kuliah IPS Yang Menjamin Masa Depan Untuk Perempuan

Tentukan Pilihanmu!

Masih banyak jurusan kuliah untuk anak IPS yang tidak ada ilmu Matematika yang bisa kamu pertimbangkan. Namun bukan berarti jurusan kuliah yang dijelaskan tidak ada perhitungannya sama sekali.

Perhitungan di setiap jurusan kuliah pasti ada, namun tidak akan terlalu rumit seperti di jurusan yang ada Matematikanya.

Itulah rekomendasi jurusan kuliah ips yang tidak ada matematika yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment