Contoh Undangan Pernikahan Digital Tema Beragam

contoh undangan pernikahan digital

Salah satu trik yang bisa Anda pakai untuk menghemat pembuatan undangan yaitu undangan digital. Jika Anda perhatikan contoh undangan pernikahan digital, desainnya sangat elegan dan dan lebih interaktif ketimbang undangan cetak.

Terdapat tiga jenis undangan digital yang bisa Anda pakai yaitu undangan digital dengan format website, video, dan gambar (JPG). Setiap jenis undangan digital tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Cara Membuat Undangan Digital

Pada kenyataannya membuat undangan digital itu tidak sesulit yang Anda bayangkan. Sekarang membuat undangan digital itu sangat mudah, bahkan bisa dengan memanfaatkan smartphone yang Anda miliki.

Sebelum ke menu pembahasan cara pembuatan undangan, Anda harus tahu dulu tools atau aplikasi yang digunakan untuk membuat undangan digital. Untuk tools sendiri juga disesuaikan dengan undangan yang akan Anda buat itu berbentuk apa, apakah video, gambar, atau website.

Untuk membuat undangan dengan format gambar, Anda bisa menggunakan Canva, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan PowerPoint. Di Play Store atau App Store sendiri sudah ada aplikasi khusus membuat undangan digital gambar yang bisa Anda gunakan.

Bila ingin membuat undangan digital dalam bentuk video, gunakan aplikasi video editor. Anda bisa menggunakan Adobe After Effect, dan PowerPoint. Saya sendiri biasa buat video dengan menggunakan PowerPoint (PPT) karena lebih mudah dan ringan di laptop.

Kalau ingin buat undangan digital berbasis website, Anda terpaksa harus punya website sendiri. Anda harus sewa hosting dan beli domain sendiri kemudian buat website pakai CMS WordPress supaya lebih mudah.

Setelah websitenya Anda buat, selanjutnya Anda harus install plugin page builder yaitu Elementor. Anda tinggal berkreasi sendiri untuk membuat undangan digital yang sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah menentukan tools apa yang akan digunakan, selanjutnya Anda tinggal berkreasi sendiri untuk membuat undangan digital sesuai dengan keinginan.

Jika sudah bisa membuat undangan nikah, Anda bisa berkreasi membuat undangan untuk aqiqah, khitanan, ulang tahun, engagement atau lamaran, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Undangan Digital Keren & Praktis

Contoh Undangan Digital

Berikut ini adalah contoh undangan pernikahan digital bahasa Indonesia maupun Inggris yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Contoh Undangan Digital Tema Ilustrasi Adat

Contoh undangan pernikahan Digital
Sumber: Pinterest.com/Aldila Putri

Untuk gambar ilustrasinya bisa Anda sesuaikan dengan tema pernikahan yang akan Anda pakai. Misalnya adat Bali atau Sunda. Jika pakai gambar, pastikan untuk download hasil akhirnya dengan kualitas full HD.

2. Contoh Undangan Digital Tema Ilustrasi Sederhana

contoh tulisan undangan pernikahan digital
Sumber: Pinterest.com/Freepik.com

Selain dengan ilustrasi adat, Anda bisa menggunakan gambar pengantin dengan ilustrasi sederhana. Untuk gambar ilustrasinya bisa Anda peroleh di Freepik.

3. Contoh Undangan PERNIKAHAN Digital Islami

Contoh Undangan PERNIKAHAN Digital Islami
Link Undangan: Nikahasik

Dalam undangan ini, Anda bisa menggunakan kata-kata atau quotes sesuai dengan Ayat pada Al-Qur’an atau Hadits. Untuk foto mempelainya juga bisa pakai ilustrasi berhijab atau juga menggunakan foto Anda dan pasangan.

4. Contoh Undangan Pernikahan Digital Saat Pandemi

Popu Up Protokol Kesehatan

Di dalam undangan digital berbasis website, Anda bisa menyisipkan popup protokol kesehatan. Di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang, popup protokol kesehatan itu sangat penting supaya para tamu bisa merasa aman.

5. Contoh Undangan Digital Berbentuk Video

Di atas adalah contoh undangan dalam bentuk video dengan rasio 9:16. Undangan ini sangat cocok Anda pakai di Instagram Story, Facebook Story, dan WhatsApp Story karena tampilannya penuh.

6. Contoh Undangan Digital Video Landscape

Undangan digital video ini mempunyai bentuk landscape. Sangat cocok untuk Anda upload di beranda Facebook, feed Instagram, dan YouTube. Selain itu kualitasnya sudah Full HD sehingga videonya tidak akan pecah atau buram.

Fitur Undangan Digital Website

Undangan pernikahan digital dalam bentuk website memang sangat keren ketimbang undangan digital dalam format gambar atau video. Undangan website sangat interaktif, cara sebar yang mudah, dan harganya sangat murah.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang terdapat dalam undangan berformat website.

1. Custom Nama Tamu

Anda bisa custom nama tamu di dalam undangan, bahkan di dalam halaman pembuka undangan digital. Sehingga undangan yang Anda sebar akan terkesan personal. Karena setelah link dibuka akan terdapat kata-kata khusus seperti surat undangan.

Untuk custom nama tamu di dalam undangan juga tidak ribet karena sudah tersedia tools khusus untuk membuatnya. Jadi Anda tinggal ketik nama tamu saja, lalu sebar undangan.

2. Amplop Digital

Di dalam undangan digital juga akan terdapat teks khusus yang menampilkan nomor rekening Anda. Tujuannya yaitu supaya tamu bisa memberikan hadiah atau kado secara cashless.

Meskipun mereka tidak bisa hadir ke acara pesta pernikahan Anda, tapi mereka bisa memberikan hadiah dengan mudah.

3. Buku Tamu

Inilah fitur yang membuat undangan Anda menjadi lebih interaktif ketimbang undangan gambar, video, dan cetak. Di dalam buku tersebut, tamu bisa memberikan ucapan dan doa, serta konfirmasi kehadiran secara sekaligus.

4. Wedding Virtual

Di dalam undangan website, Anda bisa menyematkan link khusus untuk menyelenggarakan pernikahan secara virtual. Misalnya Anda ingin menyelenggarakan pernikahan secara live di YouTube, Google Meet, atau Zoom.

Sehingga tamu undangan bisa menonton acara pernikahan Anda di dalam undangan yang Anda sebar. Meskipun mereka tidak hadir, mereka tetap bisa menyaksikan pesta pernikahan Anda.

5. Infor Mempelai dan Event

Informasi mempelai dengan lengkap bisa Anda sematkan di dalam halaman undangan pernikahan digital. Misalnya memasukkan nama lengkap kedua mempelai, gelar, nama orang tua, media sosial, dan sebagainya.

Event atau acara pernikahan Anda juga bisa disematkan di dalam halaman undangan. Acara akad maupun pesta pernikahan bisa Anda sematkan secara lengkap.

6. Mudah Dikirim ke WhatsApp

Supaya lebih berkesan sopan, Anda juga bisa membuat caption sebelum dikirim ke WhatsApp. Sehingga undangan yang Anda kirim tidak hanya berupa link saja, tapi juga terdapat kata-kata permohonan maaf karena menyebar undangan secara online.

Link undangan digital ini tidak hanya bisa Anda kirim ke WhatsApp saja, tapi juga bisa disebar ke aplikasi lain seperti Email, SMS, Line, dan aplikasi chat lainnya.

7. Google Maps

Untuk mempermudah tamu undangan ketika akan hadir ke pesta pernikahan Anda, pastikan untuk menyematkan Google Map di dalamnya. Berikan link Google Maps tempat pernikahan kamu supaya tamu bisa mendapatkan navigasinya di aplikasi.

8. Backsound Musik

Supaya tidak membosankan, Anda bisa menambahkan musik ke dalam halaman undangan pernikahan. Tentu saja tamu akan merasa terhibur ketika mendengar musik ketimbang tidak ada musiknya sama sekali.

Bagaimana? Undangan digital berbasis website itu sangat keren bukan? Selain harganya terjangkau, desainnya elegan, undangan ini juga interaktif. Bahkan untuk cara penyebarannya juga sangat mudah.

Jika Anda ingin membuat undangan digital berbasis website yang kaya akan fitur, Anda bisa memesannya di nikahasik.com. Dapatkan diskon hingga 50% untuk pembelian undangan berbasis website.

Demikianlah beberapa contoh undangan pernikahan yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga bisa memberikan gambaran bagi Anda untuk membuat undangan digital yang sesuai dengan keinginan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

contoh undangan pernikahan digital
Next Post

No more post