8 Contoh Peluang Usaha Di Bidang Jasa Tanpa Modal

Saat ini sudah banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh banyak orang, termasuk bisnis di bidang jasa. Banyak contoh peluang usaha di bidang jasa yang bisa kamu jalani saat ini.

Berbeda dengan jenis bisnis di bidang produk, jenis usaha jasa mengutamakan skill bidang tertentu. Dengan kata lain, jasa ini adalah menjual skill yang kamu miliki.

Bisnis di bidang jasa tentu saja sangat menguntungkan, apalagi jika dilakukan secara online. Namun untuk mencapai kesuksesan tersebut, kamu perlu memilih jenis usaha jasa yang sesuai. Salah satu sesuai dengan skill yang kamu miliki.

Contoh Peluang usaha Di Bidang Jasa

Penasaran jenis bisnis jasa apa saja yang saat ini tengah banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia? Berikut ini cecepkocep.com rangkum beberapa jenis jasa terlaris yang bisa kamu coba.

1. Jasa Pembuatan Website

Setelah pandemi, kebutuhan website sangat penting hampir untuk berbagai kalangan. Karena website ini berperan sebagai identitas online di masa sekarang baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis.

Bila kamu punya skill coding yang baik, membuka jasa usaha pembuatan website tentu saja sangat terbuka lebar. Bahkan kalau kamu punya skill menggunakan satu CMS seperti WordPress saja sudah bisa membuka jasa pembuatan website.

Modal yang kamu perlukan untuk membuka jasa ini tidak begitu besar. Karena pada dasarnya hosting dan domain akan dibeli oleh pihak klien. Jadi tugas kamu hanya membuat website saja.

Kamu hanya memerlukan modal untuk kebutuhan promosi, bahkan sekarang sudah banyak media promosi yang bisa kamu manfaatkan secara gratis. Beberapa diantaranya adalah platform freelancer dan media sosial.

2. Jasa Penerjemah

Jasa penerjemah sampai sekarang masih cukup menjanjikan meskipun sudah banyak platform translete seperti Google Translate. Namun kamu tidak perlu khawatir karena peranan jasa penerjemah masih sangat dibutuhkan.

Perlu kamu ketahui bahwa tingkat akurasi dari platform translate seperti Google Translate itu belum akurat. Sementara informasi yang ingin didapatkan oleh orang harus tepat, sehingga jasa penerjemah masih menjadi prioritas.

Untuk memulai usaha jasa penerjemah, Anda tidak memerlukan modal yang besar. Dengan bekal laptop dan koneksi internet saja Anda sudah bisa membuka bisnis jasa penerjemah.

Untuk kebutuhan promosi, kamu bisa memanfaatkan platform freelancer yang ada seperti Project, Sribulancer, Upwork, dan sebagainya.

3. Jasa Les Privat

Bisnis jasa ini berfokus pada kemampuan mengajar. Sangat cocok untuk kamu yang punya skill mengajar atau lulus dari jurusan kuliah pendidikan guru.

Kamu bisa memulai usaha jasa les privat dari rumah dengan memanfaatkan ruangan yang nyaman untuk belajar. Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa mengajar langsung mengunjungi rumah siswa atau door-to-door.

Namun sekarang kamu juga bisa membuka jasa les privat secara online. Proses ajar mengajar dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi seperti Zoom dan Google Meet.

4. Desain Grafis

Contoh bisnis jasa di Indonesia yang selanjutnya bisa kamu lakukan yaitu dengan menjadi seorang desain grafis. Di era digital ini, desainer grafis menjadi profesi yang banyak dibutuhkan oleh banyak orang.

Namun menjadi seorang desainer grafis mempunyai tantangan tersendiri. Salah satunya adalah mencari klien yang mau menggunakan jasa desain yang Anda tawarkan.

Pertama-tama, kami sarankan untuk membangun portofolio terlebih dahulu baik di sosial media maupun komunitas desain. Cara ini tergolong cukup ampuh untuk mendapatkan klien karena banyak juga desainer grafis yang berhasil dengan cara ini.

5. Jasa Penulisan Artikel

Sekarang menulis tidak hanya bisa menjadi hobi saja, namun bisa juga menghasilkan pundi-pundi rupiah. Ya, kamu bisa menjadi seorang penulis artikel untuk memperoleh penghasilan.

Bisnis jasa ini hampir mirip seperti jasa penerjemah dimana kemampuannya diperlukan dalam berbagai platform freelancer. Topik penulisan yang diinginkan juga beragam mulai dari olahraga hingga kesehatan.

Prospek jasa penulisan artikel juga semakin meningkat seiring berkembangnya strategi content marketing. Strategi ini dibutuhkan untuk mempromosikan produk baik dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan.

Oleh sebab itulah banyak perusahaan yang memerlukan penulis untuk membuat konten blog di website mereka. Hal ini tentu saja bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin mengingat masih banyak orang yang kesulitan dalam membuat konten.

Untuk membuka jasa penulisan artikel, kamu juga tidak perlu modal yang besar. Kamu hanya perlu perangkat laptop dan koneksi internet untuk memulai.

Sementara untuk promosinya bisa dilakukan melalui situs freelancer seperti Project dan Sribulancer. Kamu juga bisa promosi dengan memanfaatkan website pribadi.

Baca juga: Contoh Passive Income Di Desa Dengan Keuntungan Fantastis

6. Jasa Edit Foto

Buat kamu yang punya skill desain pas-pasan bisa membuka jasa edit foto. Selain itu, pekerjaan edit foto ini bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat HP Saja secara mudah dan gratis.

Skill ini sangat dibutuhkan untuk kebutuhan bisnis karena hasil editing bisa digunakan sebagai identitas online. Jika menggunakan foto yang tidak bagus, maka bisnisnya menjadi kurang profesional.

Untuk menjual skill editing foto ini kamu tidak perlu modal yang sangat besar. Bahkan dengan memanfaatkan perangkat HP dan koneksi internet saja sudah cukup untuk memulai jasa ini.

Untuk kebutuhan promosi, kamu bisa memanfaatkan media sosial maupun website. Sementara untuk jasa offline bisa menggunakan brosur. Namun kami sarankan untuk berfokus pada promosi secara online.

7. Jasa Konsultasi Bisnis

Jika kamu punya skill yang cukup bagus di bidang bisnis, kamu bisa mencoba peluang bisnis di bidang jasa konsultasi bisnis. Karena sekarang banyak orang yang membutuhkan seorang konsultan bisnis, terutama pada pebisnis pemula.

Jika skill bisnis kamu sudah benar-benar tinggi, kamu bisa menjadi konsultan untuk perusahaan. Karena mereka ingin terus scale up bisnisnya dan memperoleh keuntungan yang semakin besar.

Supaya terlihat lebih profesional, pastikan kamu sudah mempunyai sertifikasi sebagai business coach. Untuk membangun portofolio, kamu bisa membangun website bisnis yang dibantu dengan sosial media untuk promosi.

8. Jasa Titip

Contoh peluang usaha di bidang jasa dengan modal yang minim adalah jasa titip. Jasa titip merupakan layanan yang kamu berikan untuk membelikan barang pesanan klien dan kamu akan memperoleh komisi.

Jasa titip barang ini semakin berkembang mengingat permintaan masyarakat terhadap barang yang spesifik semakin meningkat. Misalnya pembelian barang pada event tertentu atau pembelian di negara lain.

Jasa titip barang ini bisa dimulai secara gratis alias tanpa modal. Karena pembelian barang dilakukan  setelah klien kamu mengirimkan uangnya. Jika tingkat kepercayaan dari klien sangat tinggi, jasa ini tentu saja sangat menggiurkan.

Untuk memulai bisnis jasa titip barang, kamu harus jeli dalam melihat event yang tengah berlangsung di kota kamu. Kemudian promosikan jasa usaha titip di media sosial seperti Instagram.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula yang Menguntungkan

Itulah beberapa contoh peluang usaha di bidang jasa yang bisa kamu coba dengan modal yang minim. Sebenarnya masih banyak contoh usaha di bidang jasa dan barang yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment