Cara Repost Instagram Story dan Postingan Lama Ke IG Story

CECEPKOCEP.COM – Sebagai aplikasi media sosial yang populer, tentu saja Instagram memiliki beragam fitur di dalamnya. Salah satu fitur yang banyak digemari oleh penggunanya adalah repost story maupun postingan lama. Selain itu, cara repost Instagram juga sangat mudah.

Banyak orang yang memposting ke Instagram supaya fotonya etap utuh dan menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya semua file foto atau video yang terdapat pada ponsel terhapus secara tidak sengaja.


Salah satu fitur yang menurut saya sangat asyik dari Instagram ini adalah Memories (kenangan). Fitur ini memiliki kemampuan untuk mengingatkan sesuatu yang terjadi di tahun-tahun yang sudah lewat. Jadi kita bisa bernostalgia dengan postingan lama yang diberikan oleh Insagram.

Tentu saja bernostalgia itu sangat menyenangkan bukan? Bahkan kamu sering senyum-senyum sendiri melihat semu kejadian kenangan lama, apalagi jika diabadikan dalam sebuah foto atau vieo. Dengan begitu, kamu akan senyum-senyum sendiri dengan kejadian yang terjadi di waktu yang lalu.

Cara Repost Instagram

Fitur Memories ini tidak hanya bisa membagikan postingan lama di feed, tapi juga story lama. Tentu saja hal ini cukup ampuh untuk menaikan interaksi dengan followers baru. Followers kamu yang baru tidak akan tahu postingan atau story lama karena tidak mereka lihat.

Nah dengan membagikan ulang, followers kamu yang baru ini bisa tahu postingan kamu di waktu lalu. Seperti apa caranya? Simak saja tutorial lengkapnya di bawah ini ya.

Cara Repost Postingan IG Lama

Instagram akan memberikan notifikasi tentang postingan yang kamu unggah di tahun yang sudah lewat pada tanggal yang sama hari ini. Misalnya hari ini tanggal 24 Agustus 2019, maka Instagram akan memberikan notifikasi postingan pada tanggal yang sama, yaitu tanggal 24 Agustus 2018. Bahkan postingan lawas pun akan muncul juga lho (2017,2016, dst) selama tanggal tersebut ada aktivitas posting.

Nah bagaimana sih caranya supaya kita itu bisa memposting feed lama Instagram menjadi Stories? Jika kamu ingin mengetahuinya, simaka tutorialnya di bawah ya.

1. Cari Postingan yang akan Di-Repost.

Pertama, buka aplikasi Instagram terlebih dahulu di ponsel yang kamu miliki. Pastikan juga kamu sudah login dengan akun IG yang kamu miliki.

Setelah masuk ke akun Instagram, cari postingan yang akan dibagikan ulang. Kamu bisa cari postingan beberapa tahun ke belakang, misalnya 3 tahun ke belakang. 

Biasanya Instagram akan memberi notifikasi mengenai postingan kamu dalam beberapa waktu ke belakang. Kamu akan memperoleh notifikasi bertuliskan “See your post from 2 Years ago today“.

Jika ada notifikasi tersebut, kamu bisa langsung saja tap untuk dibagikan ulang.

2. Atur IG Story

Setelah memperoleh postingan feed yang akan dposting, selanjutnya kamu tinggal tap ikon bagikan, kemudian bagikan ke Story. Nanti kamu akan dibawa ke tampilan story.

Jika tap notifikasi memories dari Instagram, secara otomatis kamu akan langsung dibawa ke tampilan story tanpa harus tap tombol bagikan.

Terdapat dua style yang bisa kamu gunakan ketika akan share postingan lama ke IG Story. Pada style 1 tidak akan ada caption dan nama akun di story. Sementara pada style 2 akan terdapat rangkuman caption beserta nama akunnya.

3. Bagikan ke IG Story

Setelah menentukan style mana yang akan ditentukan, selanjutnya postingan kamu sudah siap dibagikan ulang atau repost. Kamu tinggal ketuk tombol “Send to” di bagian pojok kanan bawah. Kemudian tunggu beberapa saat hingga postinganny berhasil dibagikan.

Seperti inilah tampilan dari memories Instagram yang berhasil dibagikan ke Instastory. Jika gambarnya diketuk, maka pengunjung yang melihatnya akan dibawa langsung ke postingan asli. 

Di bawah username kamu akan ada keterangan kalau foto tersebut berasal dari arsip yang juga dilengkapi dengan tanggal asli ketika postingan itu diunggah.

hasil repost instagram

Baca juga: 3 Cara Hemat Kuota Instagram Paling Efektif dan Terbaru

Cara Repost Story Lama Instagram

Nah kalau story bisa dibagikan di tanggal berapapun selama story tersebut disimpan di dalam arsip. Berbeda dengan postingan yang harus ada di tanggal yang sama. Seperti apa caranya? Yuk simak tutorialnya di bawah ini.

1. Cari Story Lama

Buka aplikasi Instagram yang terdapat pada ponsel dan pastikan sudah login dengan akun masing-masing. Kemudian masuk ke menu Archive (Arsip) dengan cara: tap Profil , lalu tap garis 3 vertikal yang terdapat di pojok kanan atas, lalu pilih Archive.

Di archieve ini kamu akan menemukan story yang telah kamu postingan dalam beberapa waktu ke balakang. Bahkan stroy 3-4 tahun ke belakang juga akan tersedia dan sudah siap untuk dibagikan ulang.

2. Atur IG Story

Setelah menemukan konten story yang akan dibagikan, selanjutnya kamu tinggal klik tombol Share (bagikan). Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman story seperti cara repost postingan feed yang telah kami bahas sebelumnya.

Kamu mengatur desain story yang akan dibagikan dengan menambahakn teks, gambar, stiker, dan sebagainya. Banyak sekali fitur yang bisa kamu manfaatkan pada halaman story ini.

3. Bagikan

Jika sudah selesai, klik tombol Send to (Kirim ke), lalu pada bagian Your Story ketuk lagi Share (Bagikan).

Itulah tutorial kali ini tentang cara repost Instagram story dan postingan lama ke IG Story. Caranya memang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, tapi fitur ini jarang sekali banyak yang tahu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.