5 Cara Merubah Jaringan 4G Ke 5G HP Xiaomi

Cara merubah jaringan 4G ke 5G HP Xiaomi – Sekarang ini telah muncul jaringan internet terbaru yaitu 5G. Telah banyak juga HP yang sudah support dengan jaringan tersebut, termasuk dari brand Xiaomi. Namun tidak semua HP Xiaomi dapat menikmati jaringan terbaru 5G tersebut.

Untuk menggunakan jaringan 5G, pastikan HP Xiaomi yang kamu pakai adalah keluaran terbaru. Selain itu, tidak semua daerah di Indonesia sudah menyediakan jaringan terbaru ini. Jadi meskipun HP Xiaomi kamu sudah support 5G tidak bisa dipakai jika di daerah kamu belum menyediakan jaringan tersebut.

Syarat Merubah Jaringan 4G ke 5G HP Xiaomi

Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk merubah jaringan jaringan 4G ke 5G pada HP Xiaomi. Berikut ini adalah persyaratan yang harus kamu penuhi.

1. HP Harus Support Sinyal 5G

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, pastikan HP Xiaomi yang kamu pakai sudah mendukung sinyal 5G. Untuk memastikan apakah HP kamu sudah mendukung sinyal 5G bisa dilihat pada spesifikasi HP Xiaomi yang kamu gunakan.

2. Berada di Tempat yang Menyediakan Sinyal 5G

Untuk menikmati layanan 5G, pastikan bahwa kamu juga berada di daerah yang sudah menyediakan layanan tersebut. Indonesia menjadi negara yang masih dalam proses uji coba untuk jaringan tersebut. Sehingga hanya daerah tertentu saja yang menyediakan jaringan 5G.

3. Kartu SIM Sudah 5G

Kartu SIM yang kamu gunakan juga harus sudah support dengan sinyal 5G. Jika masih menggunakan kartu SIM yang lama, kamu bisa menukarkannya di gerai resmi yang telah tersedia di setiap daerahnya.

Baca juga: 8 Aplikasi Pendingin HP Xiaomi Terbaik

Cara Merubah Jaringan 4G Ke 5G HP Xiaomi

Setelah ketiga syarat di atas telah kamu penuhi, selanjutnya kamu bisa melakukan perubahan jaringan. Berikut ini telah Cecepkocep.com rangkum cara merubah jaringan 4G ke 5G HP Xiaomi.

1. Masuk Ke Kartu Ganda Dan Selular

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu. Setelah berada di menu pengaturan, kemudian masuk ke bagian Kartu Ganda dan Seluler.

2. Masuk Ke Menu APN

Setelah mengetahui koneksi data kartu SIM Secara default yang digunakan pada HP kamu, selanjutkan kamu harus masuk ke menu APN. Kamu harus pastikan bahwa konfigurasi kartu perdana internet yang tersambung akan menjadi lebih lemah dan lambat ketika kamu tidak menggunakannya.

3. Pilih APN Baru

Jika sudah berada di menu APN, selanjutnya kamu harus pilih APN baru. Setelah itu akan muncul kolom pertanyaan yang telah disediakan dan kamu harus mengisinya dengan lengkap.

Kolom pertanyaan tersebut berisi tentang informasi seperti profil pengguna, username, password, dan jenis autentikasi maupun proxy. Pastikan untuk mengisi pertanyaan tersebut dengan data yang benar.

4. Lakukan Konfigurasi

Inilah bagian terpenting yang harus kamu lalui untuk merubah jaringan 4G ke 5G pada HP Xiaomi. Pada kolom pertanyaan, kamu bisa mengisinya dengan nomor 8.8.8.8 serta 510 dan MCC.

Pada saat mengisi MNC, isi dengan angka 11. Pertanyaan lainnya akan terisi secara langsung dan otomatis. Selanjutnya tekan tombol selesai yang ada di pojok kanan atas dan tap OK.

5. Ubah Jaringan Ke 5G

Pada tahap selanjutnya kamu bisa merubah jaringan menjadi 5G. Namun saran kami pastikan untuk melakukan speedtest terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengecek koneksi internet atau WiFi dan bisa tahu apakah koneksinya stabil atau tidak.

Jika sudah melakukan speedtest, silahkan kembali ke pengaturan HP Xiaomi kamu dan ubah jaringan internet ke 5G. Untuk mengetahui kecepatannya, silahkan lakukan speedtest kembali.

Cara merubah jaringan 4G ke 5G HP Xiaomi juga bisa dilakukan dengan menghubungi ##4636## pada aplikasi telepon. Seharusnya jaringan akan langsung berubah ke 5G jika telah melakukan dial up ke nomor tersebut.

Baca juga: Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga Yang Belum Terhubung

Akhir Kata

Itulah Cara merubah jaringan 4G ke 5G HP Xiaomi yang dapat kamu coba. Sebelum melakukannya, pastikan ketiga persyaratan di atas telah kamu penuhi ya supaya cara ini bisa bekerja. Selamat mencoba.

Cecep Suparman, founder website cecepkocep.com yang menyukai dunia teknologi dan mobile games. Mulai terjun ke dunia blogging tahun 2018 dan masih tetap eksis sampai sekarang.

You May Also Like