Rahasia Cara Menyeimbangkan Kuliah dan Organisasi

Kuliah dan organisasi merupakan dua kesibukan yang tidak bisa dipisahkan ketika kamu menjadi seorang mahasiswa. Keduanya memang akan memberikan dampak yang positif jika memang menjalaninya dengan serius. Tapi, cara menyeimbangkan kuliah dan organisasi itu bukanlah perkara yang mudah.

Ada banyak mahasiswa yang menganggap kalau organisasi itu hanya buang-buang waktu dan mengganggu konsentrasi kuliah. Tapi ada juga juga mahasiswa yang menganggap kalau nongkrong di forum itu lebih penting dibandingkan mendengarkan ceramah dosen di kelas.

Jadi mana yang lebih penting? Organisasi atau kuliah?

Keduanya sangat bermanfaat untuk keberlangsungan karir kamu ke depannya. Oleh sebab itu kamu harus bisa mengimbangi kedua kegiatan tersebut. Sebelum membahas lebih jauh cara menyeimbangkan kuliah dan organisasi, saya akan sedikit mengulas tentang manfaat dari kedua kegiatan tersebut.

Manfaat Kuliah

Tujuan kamu masuk universitas tentu saja adalah belajar yang sesuai dengan disiplin ilmu yang akan kamu tekuni. Jika kamu benar-benar fokus menjalani kegiatan kuliah, kemungkinan kamu akan mahir dengan disiplin ilmu yang ditekuni. Kemungkinan kamu untuk menjadi seorang ahli tentu akan semakin besar.

Biasanya, mahasiswa yang berprestasi secara akademik memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa. Tapi untuk mendapatkannya, organisasi juga sangat berperan penting.

Fokus pada kuliah juga akan memperbesar kemungkinan kamu untuk mendapatkan IPK yang sangat tinggi. Tapi kamu jangan ambisius untuk mendapatkan IPK, apalagi sampai harus menghalalkan segala cara. Banyak lho mahasiswa yang IPK-nya tinggi tapi sulit dapat pekerjaan!

Manfaat Organisasi

Organisasi adalah wadah untuk kamu melatih soft skill yang tidak akan pernah didapatkan di bangku kuliah. Di kegiatan organisasi lah kamu akan mendapatkan skill kepemimpinan, public speaking, tanggung jawab dan soft skill lainnya.

Dengan mengikuti kegiatan organisasi, kamu juga akan mendapatkan lebih banyak networking. Kamu akan mengenal lebih banyak orang yang mungkin saja suatu saat akan membantu kamu mendapatkan pekerjaan. Hal ini tentu saja bertolak belakang dengan orang yang berfokus pada kuliah.

Karena mengikuti organisasi akan terbiasa bersosialisasi dengan banyak orang, kemungkinan besar pola pikir kamu juga akan lebih matang. Kamu bisa berpikir lebih objektif dan menilai suatu problem dari berbagai sudut pandang. Kemampuan ini sangat diperlukan ketika sudah bekerja di perusahaan.

Dari uraian di atas, kamu tentu sudah bisa menyimpulkan kalau keduanya adalah baik untuk keberlangsungan karir kamu di masa depan. Meskipun kamu punya IPK 4 dan sudah ahli di bidang ilmu yang digeluti, rasanya kurang lengkap jika tidak memiliki kemampuan public speaking.

Cara Menyeimbangkan Kuliah dan Organisasi

Kamu bisa menjalani kedua kegiatan tersebut jika bisa mengatur waktu dengan sangat baik. Menurut saya, tidak aktif organisasi ketika ketika menjadi mahasiswa itu seperti ada yang kurang. Berikut adalah cara membagi waktu kuliah dan organisasi.

1. Tentukan Skala Prioritas

Sebelumnya kamu harus tentukan terlebih dahulu lebih prioritas mana, kuliah atau organisasi? Mana kegiatan yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Jangan sampai memaksakan untuk kegiatan organisasi, padahal ada hal yang lebih penting lagi di bangku kuliah.

Misalnya, ketika menjelang ujian biasanya kamu akan lebih sibuk dengan kegiatan kuliah. Banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum hari-hari ujian tiba seperti review mata kuliah. Kamu tidak ingin dapat nilai jeblok ketika ujian nanti bukan?

Kamu bisa lebih fokus terhadap organisasi jika sedang ada kegiatan yang sedang penting. Apalagi kalau peran kamu dalam kegiatan tersebut sangat dibutuhkan, misalnya ketua penyelenggara. Tentu kamu harus selalu ada di lapangan untuk memberikan arahan kepada rekan kamu yang lainnya.

2. Buat Timeline dan Disiplin

Setiap kegiatan yang akan kamu lakukan tentu memiliki timeline masing-masing dan menyesuaikan dengan skala prioritas yang telah kamu tentukan sebelumnya. Berapa lama waktu yang harus kamu lakukan untuk mengerjakan tugas kuliah. Kemudian disiplin selama mengerjakannya.

Jangan sampai waktunya melar yang seharusnya selesai dalam waktu 3 jam jadi selesai 4 jam. Selama 1 jam tersebut tentu saja bisa digunakan untuk kegiatan yang lain. Apalagi kalau kamu juga dikejar dengan kegiatan di organisasi.

3. Perhatikan Komunikasi dengan Anggota Organisasi

Meskipun kamu adalah orang yang lebih menonjol pada kegiatan perkuliahan bukan berarti harus cuek dengan rekan-rekan kamu di organisasi. Jalinlah komunikasi dengan mereka supaya networking kamu juga akan tetap berjalan.

Jangan sampai sedikit-sedikit izin karena di awal kamu sudah punya komitmen setelah mengikuti organisasi. Selalu ikut hadir ketika sedang ada rapat ataupun kegiatan meskipun hanya sekedar setor muka saja.

Tapi biasanya setiap organisasi akan ada agenda mingguan untuk melakukan rapat dan agenda khusus untuk kegiatan. Seharusnya kamu sudah bisa menyelesaikan berbagai hal untuk kepentingan kuliah, sehingga bisa lebih fokus untuk mengikuti kegiatan organisasi.

4. Jangan Menunda Kewajiban

Kuliah ataupun organisasi tentu kamu memiliki tugas dan kewajiban di dalamnya. Ketika kuliah, kamu harus mengerjakan tugas sebaik mungkin dan belajar dengan giat. Sehingga kamu bisa memperdalam ilmu di bangku kuliah dan tentu saja untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.

Peran kamu di organisasi tentu akan lebih spesifik lagi dan memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Jangan sampai kamu mengabaikan tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan oleh orang lain kepada kamu.

Baca juga: Patut Diocoba! Inilah 10+ Bisnis Makanan Untuk Mahasiswa

5. Lakukan Keduanya dengan Totalitas

Berikan semua kemampuan kamu ketika mengikuti organisasi ataupun kuliah dan jadilah orang yang punya totalitas tinggi. Dengan memberikan semua kemampuan, kamu akan lebih tahu dimanakah kamu akan menonjol. Apakah di perkuliahan atau justru di organisasi.

Itulah cara menyenyimbangkan kuliah dan organisasi yang semoga saja sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang menjadi mahasiswa. Keduanya sangat penting untuk keberlangsungan karir kamu di masa depan. Selama bisa membagi waktunya dengan baik, saya sarankan untuk mengikuti kegiatan kuliah dan organisasi.

Leave a Comment