7 Cara Meningkatkan Penjualan Di Shopee Bagi Pemula

Shopee menjadi marketplace di Indonesia yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berjualan. Tapi sayangnya banyak dari mereka yang tidak tahu cara meningkatkan penjualan di Shopee bagi pemula.

Memang tidak ada cara instan untuk mendapatkan penjualan secara rutin di Shopee. Namun jika dilakukan dengan serius dan konsisten, tentu saja mendapatkan orderan setiap hari di Shopee bukanlah hal yang mustahil.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Bagi Pemula

Penasaran seperti apa cara meningkatkan penjualan di Shopee untuk pemula? Simak rangkuman Cecepkocep.com berikut ini.

1. Jual Produk Laris

Kalau jualanmu ingin laku, pastikan terlebih dulu kalau produknya memang layak untuk dijual dan laris di pasaran. Bagi seorang pemula, saya sarankan untuk tidak menjual produk yang tidak ada pembelinya.

Bagaimana cara mengetahui produk yang laris?

Cara mengetahui apakah produk itu laris atau tidak bisa dicek melalui tools riset kata kunci. Beberapa tools yang dapat kamu gunakan misalnya adalah Ubersuggest, Google Keyword Planner, dan fitur pencarian yang ada di Shopee.

Pastikan produk yang kamu jual itu punya volume pencarian meskipun dengan jumlah yang kecil. Jumlah volume pencarian yang kecil biasanya tingkat persaingannya juga tidak begitu sulit.

Beberapa kategori produk yang produknya sangat laris adalah fashion, kosmetik, dan gadget.

2. Optimasi Produk

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu dengan optimasi produk yang kamu jual. Jadi jangan asal upload produk dan memberikan nama produk secara asal-asalan.

Apa saja yang harus dioptimasi?

Pertama, optimasi pada bagian judul produk. Pastikan di dalam judul terdapat satu atau dua kata kunci yang telah kamu riset sebelumnya. Shopee menyediakan 90 karakter yang bisa kamu manfaatkan untuk menempatkan kata kunci.

Kedua, deskripsi produk. Tidak ada aturan baku mengenai kata kunci yang harus kamu tempatkan di dalam deskripsi produk. Namun sebaiknya 8-10 kata kunci, namun pastikan bahwa deskripsi produk itu harus informatif bagi calon konsumen kamu.

3. Manfaatkan Fitur Promosi

Shopee merupakan marketplace yang menyediakan banyak sekali fitur promosi yang dapat dimanfaatkan oleh seller pemula. Beberapa diantaranya adalah voucher toko, promo paket hemat, dan masih banyak lagi untuk memaksimalkan penjualan kamu.

Untuk mengikuti event promosi, pastikan kalau produk yang kamu jual itu berkualitas. Selain itu pastikan harganya juga sesuaikan dengan harga pasarnya, namun kamu tetap dapat profit.

4. Share ke Sosial Media

Tips menaikan pembelian di Shopee yang selanjutnya dapat kamu terapkan yaitu dengan membagikannya ke sosial media. Sekarang sudah banyak platform media sosial yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

Beberapa media sosial yang dapat kamu gunakan diantaranya adalah Instagram, TikTok, dan Facebook. Pastikan untuk mengajak audiens kamu di sosial media kamu untuk mengunjungi toko kamu.

5. Ikut Program Khusus Shopee

Cara menaikkan pembeli yang selanjutnya dapat kamu gunakan yaitu dengan mengikuti program khusus dari Shopee. Salah satu program yang dapat kamu ikuti adalah flash sale.

Flash sale merupakan penjualan yang dilakukan dengan waktu yang singkat dan harga yang telah didiskon. Banyak pengguna Shopee yang tertarik dengan program ini karena harganya dinilai lebih murah.

Mengikuti program flash sale ini merupakan salah satu strategi yang cukup efektif untuk menambah penjualan kamu. Namun pertimbangkan untuk mengikuti program ini kalau profit yang kamu dapatkan sangat sedikit.

6. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Banyak pengguna Shopee yang ingin membeli produk dengan ongkos kirim gratis. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini untuk tingkatkan penjualan.

Cara untuk daftar gratis ongkir sangat mudah dimana kamu hanya perlu upload foto KTP dan swafoto sambil memegang KTP.

Baca juga: Cara Jualan di Shopee Free Ongkir Untuk Meningkatkan Penjualan

7. Beriklan

Kalau kamu ingin lebih cepat untuk mendapatkan penjualan di Shopee, saya sarankan untuk beriklan. Karena dengan beriklan, produk yang kamu jual bisa dilihat oleh banyak orang.

Tapi sayangnya beriklan di Shopee itu bukanlah perkara yang mudah. Kalau tidak tahu tekniknya malah akan membuat kamu boncos. Kamu hanya beri uang sia-sia ke Shopee.

Banyak hal yang harus kamu pelajari ketika beriklan di Shopee. Tapi kalau sudah tahu tekniknya dengan benar, siap-siap saja kamu mendapatkan orderan setiap hari.

Kalau kamu ingin belajar beriklan di Shopee, saya sarankan untuk join kelas Shopee. Di kelas ini kamu akan belajar banyak tentang cara jualan di Shopee baik dengan cara organik maupun berbayar (iklan).

Informasi tentang kelas Shopee bisa kamu pelajari disini:

>>> PREVIEW KELAS SHOPEE <<<

Pastikan untuk menggunakan kode kupon KOCEP ketika mengisi form pendaftaran supaya dapat diskon 50%.

>>> JOIN KELAS SHOPEE <<<

Demikianlah beberapa cara meningkatkan penjualan di shopee bagi pemula yang dapat kamu lakukan. Salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan cara beriklan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment