4 Cara Mengubah Pesanan Di Shopee Yang Sudah Dibayar

Cara mengubah pesanan di shopee yang sudah dibayar bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Namun terdapat beberapa persyaratan yang harus diperhatikan jika ingin melakukan pembatalan pesanan.

Kesalahan pada proses pemesanan biasanya menjadi penyebab utama kenapa banyak orang yang mengubah pesanannya. Misalnya terburu-buru melakukan pembayaran tanpa memperhatikan pesanannya.

Ada juga dari mereka yang salah mengatur alamat pengirimannya karena baru saja pindah rumah. Hal seperti ini sering terjadi pada mereka yang berbelanja online di marketplace Shopee. Kamu pernah mengalami hal-hal seperti itu juga?

Ada baiknya kamu teliti ketika berbelanja online di Shopee. Selain memperhatikan deskripsi produknya, perhatikan juga hal lainnya. Misalnya pemilihan metode pembayaran, jasa ekspedisi, alamat penerima, dan sebagainnya.

Syarat dan Ketentuan Pembatalan Pesanan

Terdapat syarat dan ketentuan yang harus kamu perhatikan ketika ingin membatalkan pesanan di Shopee. Syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut.

1. Status Pesanan Masih “Belum Dibayar”

Jika status pemesanan masih “Belum Dibayar”, kamu bisa membatalkan pemesanan. Kamu pilih barang mana yang akan dibatalkan.

Membatalkan pemesanan sangat mudah jika statusnya masih belum dibayar. Bahkan Shopee akan membatalkan secara otomatis jika kamu tidak membayarnya dalam jangka waktu tertentu.

2. Status Pesanan “Dikemas”

Jika statusnya “Dikemas”, kamu pasti sudah melakukan pembayaran dan pemesanan kamu sedang dikemas oleh pihak penjual. Segeralah untuk membatalkan pesanannya jika statusnya sudah dikemas.

Karena jika status pesanan sudah berubah menjadi “Sudah Dikirim” dan no resi sudah muncul, maka kamu tidak bisa membatalkannya. Jadi kamu harus segera batalkan pemesanan ketika statusnya masih dikemas.

Kamu juga dapat membatalkan pemesanan meskipun menggunakan sistem COD. Kamu harus cek bahwa status pesanannya masih dikemas. Kemudian batalkan pesanannya.

Perlu perhatikan bahwa pembatalan ketika status pesanan sedang dikemas berlaku untuk semua produk. Kamu tidak bisa membatalkan hanya untuk beberapa produk saja, namun untuk semua produk dalam satu pesanan.

3. Pembatalan Hanya Satu Kali

Pembatalan hanya dapat kamu lakukan sebanyak satu kali saja. Jadi kamu harus memperhatikan berbagai hal supaya tidak banyak melakukan pembatalan pesanan.

Baca juga: Cara Mengubah Pengiriman Di Shopee Terbaru

Cara Mengubah Pesanan di Shopee

Proses pembatalan pesanan di Shopee bisa dilakukan oleh kamu sebagai pembeli maupun penjual. Pastikan untuk memperhatikan syarat dan ketentuan di atas untuk mengganti atau membatalkan pesanan.

Berikut ini Cecepkocep.com rangkum beberapa cara mengubah pesanan di Shopee yang sudah dibayar yang dilakukan oleh pembeli.

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee, lalu tap menu “Saya” yang ada di pojok kanan bawah smartphone kamu.
  2. Kemudian tap ke bagian status pemesanan “Dikemas”.
  3. Tap produk yang ingin kamu batalkan.
  4. Tap “Batalkan Pesanan” dan konfirmasi dengan tap “Ya”.

Kalau kamu adalah penjual, kamu harus melakukan konfirmasi pembatalan yang dilakukan oleh penjual. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Shopee dan tap menu “Saya”.
  2. Tap “Toko Saya” yang ada di kiri atas tampilan.
  3. Masuk ke halaman “Penjualan Saya”.
  4. Kemudian pilih barang yang statusnya “Perlu Dikirim”.
  5. Tap barang yang diajukan pembatalan dan tap “Jawab”.
  6. Lalu tuliskan alasan pembatalan dan klik “Konfirmasi”.
  7. Setelah itu proses pembatalan akan segera dilakukan.
  8. Kamu tinggal menunggu pengembalian dana dari pihak Shopee ke pembeli yang sudah bayar.

Penutup

Seperti itulah cara mengubah pesanan di shopee yang sudah dibayar yang dapat kamu lakukan. Kalau sudah bayar, pastikan status pesanan kamu masih “Dikemas”.

Segera periksa jika dirasa ada kekeliruan ketika sudah melakukan pembayaran. Karena bisa saja alamat yang kamu masukkan salah atau salah memilih barang.

Semoga cara mengubah pesanan di shopee yang sudah dibayar di atas bisa membantu. Terima kasih.

Leave a Comment