Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN Dari Nilai Raport

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri alias SNMPTN 2022 sebentar lagi dilakukan. Supaya potensi lolos PTN favorit menjadi lebih besar, kamu harus tahu cara menghitung passing grade SNMPTN dari nilai Raport.

SNMPTN adalah seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang mengandalkan nilai raport dari semester 1 hingga semester 5. Memang tidak mudah untuk lolos PTN dengan jalur SNMPTN karena butuh perjuangan selama 3 tahun di SMA.

Pada dasarnya seleksi masuk PTN ini dilakukan di kelas 12 baik jenjang SMA/SMK/Sederajat. Namun kamu harus mempersiapkannya sejak awal karena seleksi masuk ini didasarkan pada nilai raport dari semester 1-5.

Apa Itu Passing Grade SNMPTN?

Passing grade adalah acuan yang dapat meloloskan kamu untuk masuk perguruan tinggi negeri yang diinginkan. Penting kamu ketahui bahwa setiap PTN tidak merilis passing grade SNMPTN secara resmi.

Passing grade yang kamu dapatkan dari internet atau sumber lainnya itu hanya perkiraan saja. Meskipun tidak resmi, angka passing grade yang kamu temukan di internet ini bisa dijadikan pertimbangan supaya peluang kamu lolos PTN menjadi lebih besar.

Khusus untuk SNMPTN, patokan passing grade itu didapatkan dari nilai-nilai siswa yang sebelumnya telah lulus SNMPTN. Nilai tersebut kemudian dikumpulkan dan dijadikan patokan untuk jadikan passing grade SNMPTN.

Baca juga: Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN

Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN dari Nilai Raport

Cara menghitung passing grade SNMPTN bisa dengan mudah kamu lakukan. Berikut ini telah Cecepkocep.com rangkum langkah-langkahnya.

1. Cari Alumni Dengan Tujuan Jurusan dan PTN yang Sama

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari alumni yang lulus SNMPTN dengan jurusan dan PTN yang sama. Jika memang alumni sekolah kamu tidak ada yang jurusan dan kampusnya saja, kamu bisa ambil referensi dari internet atau sumber lainnya.

Namun supaya hasilnya lebih akurat, sebaiknya cari alumni. Karena membandingkannya dengan alumni lebih akurat dibandingkan dengan sumber lainnya untuk jalur SNMPTN.

2. Bandingkan Nilai Raport Kamu dengan Alumni

Caranya yaitu dengan membandingkan nilai kamu dengan nilai alumni sekolahmu yang lulus SNMPTN yang sejalur dengan jurusan dan PTN tujuan kamu.

Misalnya kamu ingin kuliah di jurusan Ekonomi UGM, maka kamu harus cari alumni sekolahmu yang masuk di jurusan tersebut dengan jalur SNMPTN. Jika ada, bandingkan nilai kamu dengan mereka.

Jurusan Ekonomi adalah bidang IPS, jadi kamu harus bandingkan nilai mata pelajaran di bidang tersebut. Mata pelajaran yang harus kamu bandingkan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Ekonomi.

Selanjutnya, kamu hitung nilai rata-rata keenam mata pelajaran tersebut. Caranya dengan menjumlahkan keenam nilai yang kamu miliki kemudian dibagi enam.

Jika rata-rata nilai raport keempat mata pelajaran kamu lebih besar dari alumni, potensi kamu lolos SNMPTN jadi lebih besar. Tapi jangan senang dulu meskipun nilai kamu lebih besar. Karena banyak faktor yang menentukan kelulusan kamu.

Baca juga: Cara Menghitung Nilai Rapor SNMPTN

Sistem Pemeringkatan Dalam SNMPTN

Pemeringkatan siswa dilakukan langsung oleh pihak sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran.

Untuk jurusan IPA, pemeringkatan siswa berdasarkan pada nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Sementara untuk jurusan IPS, pemeringkatannya berdasarkan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

Untuk jurusan Bahasa, pemeringkatan didasarkan pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan Salah Satu Bahasa Asing.

Terakhir untuk SMK, pemeringkatan didasarkan pada nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Mengacu pada kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh pihak sekolah, maka ditetapkan jumlah siswa yang bisa mendaftar SNMPTN. Jumlah ini didasarkan pada akreditasi sekolah.

  • Akreditasi A: 40% terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi B: 25% terbaik di sekolahnya; 
  • Akreditasi C dan lainnya adalah 5% terbaik di sekolahnya.

Dari penjelasan di atas, kamu sudah tahu kan bagaimana cara menghitung passing grade SNMPTN dari nilai Raport? Cara terbaiknya yaitu dengan membandingkan nilai kamu dengan alumni yang tujuan jurusan dan kampusnya sama.

Cecep Suparman, founder website cecepkocep.com yang menyukai dunia teknologi dan mobile games. Mulai terjun ke dunia blogging tahun 2018 dan masih tetap eksis sampai sekarang.

You May Also Like