3 Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Reset Pabrik Xiaomi

Cara mengembalikan data HP yang sudah di reset pabrik Xiaomi – Salah satu cara tercepat ketika HP Xiaomi mengalami error adalah reset. Tapi berbeda dengan melakukan reset pabrik dimana cara ini bisa dipakai untuk menormalkan kembali HP yang sebelumnya lemot.

Namun melakukan reset pabrik bukan berarti tidak ada efek sampingnya karena bisa menyebabkan data yang ada di HP hilang. Anda tidak perlu khawatir jika sudah mengetahui triknya. Semua data yang ada di HP akan tetap aman setelah melakukan reset pabrik, khususnya untuk HP Xiaomi.

Cara Mengembalikan Data HP yang Sudah Di Reset Pabrik Xiaomi

cara mengembalikan data hp yang sudah di reset pabrik xiaomiAda beberapa cara mengembalikan data hp yang sudah di reset pabrik xiaomi yang dapat Anda lakukan. Berikut ini telah Cecepkocep.com rangkum langkah-langkahnya.

1. Melalui Akun Xiaomi

Sekarang Xiaomi menjadi salah satu pabrikan HP yang telah terkenal, apalagi sekarang mereka sudah punya Cloud. Fitur ini sangat berguna untuk mengembalikan data yang sebelumnya telah terhapus.

Untuk mengembalikannya, Anda hanya perlu mengakses masuk ke dalam akun Xiaomi. Namun sebelumnya Anda harus pastikan telah membuat akun dan aktif di HP Xiaomi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Masuk ke menu Setting dan scroll ke bagian bawah lalu tap Mi Account.
  • Login ke akun Xiaomi dengan User ID dan password yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Kemudian pilih menu Mi Cloud dan pilih Restore Deleted Items.
  • Lalu pilih data (misal konak, gallery, atau pesan).
  • Kemudian tap Restore This Backup yang ada di bagian bawah layar HP.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses backup selesai.

Jika proses ini telah berhasil dilakukan, seharusnya data yang telah terhapus akan kembali. Cara ini sangat mudah dilakukan, namun sebelumnya semua data di HP Anda telah tersinkronisasi terlebih dahulu dengan akun Xiaomi.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Xiaomi Ngehang Tidak Bisa Digunakan

2. Melalui Akun Google

Cara yang kedua ini kurang lebih sama dengan cara yang pertama. Hanya saja jenis penyimpanan yang digunakan adalah akun Google, bukan Cloud dari HP Xiaomi itu sendiri.

Sebelum melakukan backup data, pastikan semua data di HP Anda telah tersinkronisasi dengan akun Google. Sehingga saat kehilangan data dan ingin mengembalikannya, Anda hanya perlu masuk ke akun Google yang digunakan sebelumnya.

Cara untuk melakukannya sangat mudah dimana Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan HP. Kemudian Add Account dan login ke akun Google yang telah sebelumnya dibuat.

Masukkan email dan password dan sinkronisasikan antara akun email tersebut dengan HP Xiaomi Anda. Dengan begitu, jika data di HP Anda hilang, Anda hanya perlu restore melalui akun Google tersebut dengan cara yang sangat mudah.

Untuk langkah-langkah backup dan mengembalikan datanya kurang lebih sama dengan cara di point pertama.

3. Melalui Laptop/ PC

Cara mengembalikan data HP yang sudah di reset pabrik Xiaomi yang terakhir yaitu melalui laptop/PC. Cara yang ketiga ini bisa diandalkan jika kamu lupa backup data atau mensinkronisasikan saat awal sebelum melakukan reset pabrik.

Namun Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga yang nantinya dipasang di perangkat laptop. Ada beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan diantaranya Android Recovery, Dr. Fone Android Recover, dan Jihosoft Mobile Recovery.

Caranya sangat mudah dimana Anda tinggal menghubungkan HP Xiaomi dengan PC/atau laptop melalui kabel USB. Namun pastikan bahwa sebelumnya telah melakukan USB debugging dan ikuti petunjuk sesuai dengan instruksi dari aplikasi yang dipakai.

Baca juga: Penyebab TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Penutup

Mulai sekarang Anda harus sudah mulai mensinkronisasikan HP Anda dengan akun tertentu seperti akun Xiaomi dan Google. Sehingga jika ada data yang hilang, Anda akan lebih mudah mengembalikannya. Apalagi jika data-data yang ada di HP itu sangat penting seperti data pekerjaan atau kuliah.

Demikianlah tutorial kali ini tentang cara mengembalikan data hp yang sudah di reset pabrik xiaomi yang bisa Anda coba. Saran kami, segera sinkronisasikan data di HP kamu dengan akun Google atau akun Xiaomi untuk mempermudah proses backup.

Cecep Suparman, founder website cecepkocep.com yang menyukai dunia teknologi dan mobile games. Mulai terjun ke dunia blogging tahun 2018 dan masih tetap eksis sampai sekarang.

You May Also Like