Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Samsung J2 Prime

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis Samsung J2 Prime – Apakah kamu pengguna HP Samsung J2 Prime yang merasa memorinya cepat habis padahal aplikasinya sedikit? Jika iya, banyak faktor yang membuat hal tersebut bisa terjadi.

Sebelumnya kamu perlu ketahui bahwa Samsung J2 Prime itu hanya punya kapasitas memori internal tertulis 8GB. Itu sebenarnya bukan memori internal, namun ROM yang salah satu ruangnya dipakai untuk sistem dan firmware HP.

Saat beli HP Samsung J2 Prime, kamu akan melihat memorinya telah dipakai dan hanya tersisa kurang lebih 3.5GB. Padahal aplikasi apapun belum terpasang di HP. Ternyata kapasitas memori tersebut dipakai untuk sistem.

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis Samsung J2 Prime

cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis samsung j2 primeTerdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi ruang penyimpanan cepat habis. Berikut ini telah Cecepkocep.com  rangkum cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis Samsung J2 Prime.

1. Ganti Penyimpanan Kamera

Secara default, foto atau video yang telah kamu ambil akan disimpan di memori internal. Jika kamu sering melakukan foto-foto atau video, maka kapasitas memori internal HP kamu akan cepat habis.

Solusinya, ganti ruang penyimpanan kamera tersebut ke memori eksternal atau SD Card. Sehingga memori internal bisa digunakan untuk kebutuhan lain terutama sistem dan firmware.

Baca juga: Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga Yang Belum Terhubung

2. Pindahkan Aplikasi Ke SD Card

Tidak hanya foto dan video, aplikasi yang terpasang sebaiknya juga dipindahkan ke memori eksternal atau MicroSD. Namun perlu digaris bawahi bahwa tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke MicroSD.

Khusus untuk aplikasi bawaan Samsung biasanya tidak akan dapat dipindahkan ke memori internal. Kamu hanya bisa melakukannya dengan mengakses root yang ada di dalamnya. Dan cara itu mesti dilakukan oleh orang yang berpengalaman dan profesional.

3. Pindahkan Data ke MicroSD

Selain aplikasi, video, dan foto, data-data lainnya seperti dokumen atau kontak sebaiknya dipindahkan juga ke MicroSD. Sehingga memori internal dikhususkan untuk aplikasi bawaan dan sistem saja.

Untuk mengetahui data apa saja yang akan dipindahkan kamu bisa cek di aplikasi “File Saya” pada memori internal HP. Setelah itu pindahkan semua file ke memori eksternal.

4. Hentikan Aplikasi Bawaan yang Tidak Dipakai

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis Samsung J2 Prime yaitu dengan menghentikan aplikasi yang tidak terpakai. Aplikasi bawaan Samsung ini tidak bisa di-uninstall, jadi kamu hanya bisa mematikan prosesnya. Proses pengolahan datanya juga akan berhenti.

Untuk menonaktifkan aplikasi di HP Samsung J2 Prime bisa dilakukan di menu Pengaturan. Lalu pilih Aplikasi dan pilih salah satu aplikasi yang ingin dinonaktifkan dan tekan tombol nonaktifkan.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang tidak atau jarang kamu pakai sebaiknya uninstall saja karena hanya akan memenuhi kapasitas memori penyimpanan HP. Aplikasi jika aplikasi tersebut diperbaharui, ukuran datanya akan semakin besar.

Jadi bijaklah dalam menggunakan aplikasi dan hapus saja jika memang tidak terpakai atau jarang digunakan. Toh jika ingin menggunakannya lagi kamu tinggal download dengan mudah di Google Play Store.

6. Atur Letak Download Aplikasi

Letak download aplikasinya sebaiknya diatur lagi supaya file yang telah didownload masuk ke memori eksternal. Misalnya gambar yang telah kamu download di WhatsApp atau Facebook sebaiknya diatur supaya hasil download tersimpan di memori eksternal.

Meskipun ukuran filenya, tapi kalau dilakukan secara berulang kali maka akan mengisi ruang penyimpanan memori internal kamu. Memori internal HP J2 Prime kamu akan cepat habis disebabkan oleh file hasil download aplikasi.

7. Jangan Install Aplikasi Antivirus

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis Samsung J2 Prime yaitu dengan tidak memasang aplikasi Antivirus. Perlu diketahui bahwa HP ini telah dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi.

Menggunakan aplikasi antivirus tentu saja bukan langkah yang tepat karena hanya akan memenuhi memori HP. Selain itu juga akan menambah beban kerja sistem HP.

Terlebih lagi jika jika memasang antivirus yang bukan dari Google Play Store. Aplikasi yang bukan berasal dari Play Store berpotensi telah disusupi oleh virus dan malware. Keduanya tentu saja akan mempengaruhi performa HP Samsung yang kamu pakai.

Baca juga: Cara Menampilkan Pemberitahuan Diatas Layar HP Samsung

Akhir Kata

Itulah Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis Samsung J2 Prime yang dapat kamu coba terapkan. Semoga bermanfaat.

Cecep Suparman, founder website cecepkocep.com yang menyukai dunia teknologi dan mobile games. Mulai terjun ke dunia blogging tahun 2018 dan masih tetap eksis sampai sekarang.

You May Also Like