Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Kertas Berkedip

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Kertas Berkedip – Setiap printer kemungkinan besar akan mengalami error, termasuk untuk printer Epson I3110. Masalah yang biasa terjadi pada printer yang satu ini adalah lampu kertas yang terus berkedip.

Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh kelalaian pengguna maupun trouble dari printer itu sendiri. Lampu kertas yang menyala akan membuat kita tidak bisa print kertas. Tentu ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa lampu indikator kertas menyala.

Penyebab Printer Epson L3110 Lampu Kertas Berkedip

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Kertas Berkedip
Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Kertas Berkedip

Printer seri L memang kerap mengalami mengalami masalah, termasuk juga untuk Epson l3100. Salah satu penyebab kenapa lampu kertas berkedip pada printer yang satu ini adalah adanya benda kecil yang menyangkut.

Benda kecil yang dimaksud biasanya adalah kertas yang sobek atau juga bisa juga benda lain yang tidak disengaja masuk ke dalam printer. Misalnya kotoran cicak, alat tulis, bahkan bisa juga puntung rokok sekalipun.

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Kertas Berkedip

Adanya benda kecil di dalam printer biasanya akan ditandai dengan adanya keterangan paper jam. Printer akan memberikan notifikasi kepada penggunanya yang muncul di layar laptop/komputer dengan tulisan Paper Jam.

Jika hal tersebut terjadi, ambil kertas yang ada di dalam kertas dengan hati-hati. Anda bisa mengambilnya dari tempat menaruh kertas dengan memasukan tangan ke dalamnya.
Jika tidak bisa dilakukan dari tempat menaruh kertas, Anda bisa melakukannya dari depan.

Caranya dengan menarik kertas yang tersangkut di dalam printer secara hati-hati.
Jika telah berhasil mengambil kertas yang ada di dalam printer, amati pada bagian belakangnya. Jika masih terdapat benda asing yang tersangkut, silahkan untuk mengambil dan membuangnya.

Jika sudah bersih, seharusnya printer sudah dapat digunakan kembali dan bisa berjalan dengan normal. Cobalah untuk menghidupkan kembali printer dan lihat apakah masih ada notifikasi Paper Jam di layar laptop/komputer.

Jika memang lampu kertas di printer masih berkedip, lihat kembali error yang muncul di layar komputer. Jika masih error, Anda cukup melakukan test pada printer. Error seperti ini biasanya tidak ada hubungannya dengan driver printer maupun perangkat lain.

Berikut adalah cara melakukan test print pada printer Epson l3110.

  • Masuk ke Control Panel, lalu pilih Device and Printers.
  • Kemudian klik kanan pada gambar printer, lalu pilih Printers Properties.
  • Setelah itu masuk ke bagian Preferences dan perhatikan status printernya.
  • Jika ada keterangan error “System Required”, silahkan untuk mematikan printer dan hidupkan kembali.
  • Jika sudah dihidupkan namun lampu kertas masih menyala, kemungkinan besar Anda harus melakukan reset l3110.

Jika Anda telah melakukan riset namun lampu kertas masih menyala, segera bawa printer ke tempat servis terdekat dan terpercaya. Karena mereka biasanya akan lebih tahu cara mengatasinya dan printer Anda bisa digunakan kembali secara normal.

Baca juga: 5 Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

Penutup

Demikianlah cara mengatasi printer Epson L3110 lampu kertas berkedip yang bisa Anda coba. Pastikan bahwa di dalam printer tidak ada kotoran seperti puntung rokok, kertas sobek, dan lain sebagainya. Karena hal itulah yang menjadi penyebab kenapa lampu kertas pada printer Epson l3110 menyala.