Cara Menaikkan Battery Health iPhone Ke 100 Persen

Cara Menaikkan Battery Health iPhone Ke 100 Persen

Cara menaikkan battery health iPhone | Salah satu fitur penting yang terdapat pada perangkat iPhone adalah battery health atau kesehatan baterai. Fitur ini sangat berguna untuk memantau kapasitas maksimum dan kemampuan kerja baterai iPhone.

Apa Itu Kapasitas Maksimum iPhone?

Kapasitas Maksimum atau Maximum Capacity adalah daya maksimal yang masih bisa ditampung oleh baterai. Perlu diketahui bahwa baterai akan mulai kehilangan kemampuannya dalam menampung daya.

Kemampuannya tersebut akan terus berkurang sesuai dengan spesifikasinya. Dan kemampuannya dalam menampung daya akan terus berkurang seiring bertambahnya umurnya baterai.

Apa Itu Kemampuan Kerja Puncak iPhone?

Kemampuan Kerja Puncak atau Peak Performance Capability menunjukkan kondisi dan status kemampuan baterai untuk menyuplai kebutuhan daya untuk iPhone.

Cara Menaikkan Battery Health iPhone

Sebelumnya kamu perlu ketahui bahwa penurunan kesehatan baterai iPhone itu sifatnya permanen. Jika ingin menaikan atau mengembalikannya menjadi 100 persen, yang harus kamu lakukan adalah mengganti komponen baru.

Cara menaikkan battery health iPhone yang kami jelaskan di bawah tidak akan membuat battery health iPhone kamu kembali 100 persen.

1. Update iOS ke Versi Terbaru

Sistem operasi iPhone (iOS) akan terus melakukan perbaikan dan pengoptimalan. Kami sarankan untuk update iOS ke versi terbaru untuk membantu menaikkan battery health iPhone.

2. Kalibrasi Kesehatan Baterai

Pada iOS versi 14.5, Apple merilis fitur Kalibrasi Kesehatan Baterai yang bisa kamu manfaatkan. Fitur ini secara otomatis akan mengkalibrasi ulang laporan battery health iPhone kamu yang tidak akurat.

Cara menaikkan battery health iPhone ini cukup efektif. Banyak juga pengguna iPhone yang berhasil menaikkan kesehatan baterai iPhone hingga 100%. Tapi sayang fitur kalibrasi ini tidak untuk semua versi iPhone.

Fitur Kalibrasi Kesehatan Baterai hanya berlaku untuk pengguna iPhone 11 ke atas.

3. Kalibrasi Manual

Kamu juga bisa menaikkan battery health iPhone dengan mengkalibrasinya secara manual. Caranya yaitu dengan menggunakan iPhone sampai baterainya h habis alias 0 persen.

Setelah itu isi daya baterai hingga benar-benar penuh dan jangan memakai iPhone ketika proses pengisian daya.

4. Reset iPhone Ke Setelan Pabrik

Perlu kamu ketahui bahwa reset iPhone ke setelan pabrik akan membuat semua data yang kamu miliki terhapus. Sebelum melakukannya pastikan untuk backup semua data di iPhone terlebih dahulu.

Kemudian, melakukan reset iPhone ke pengaturan pabrik tidak menjamin akan menaikkan health battery. Jadi pertimbangkan matang-matang jika ingin melakukannya jika tujuannya untuk menaikkan battery health.

Cara menaikkan battery health iPhone dengan reset ke setelan pabrik bisa dilakukan dengan mudah. Buka Pengaturan, kemudian pilih Umum dan Transfer atau Atur Ulang iPhone. Setelah itu pilih Hapus Konten & Pengaturan.

5. Ganti Baterai

Cara menaikkan battery Health iPhone yang selanjutnya bisa kamu lakukan yaitu dengan mengganti baterai. Mengganti baterai iPhone akan menaikkan battery health iPhone hingga 100 persen.

Namun pastikan untuk membeli baterai yang resmi dari Apple. Jika bukan baterai resmi, iPhone tidak bisa membaca kesehatan baterai dengan benar. Kamu bisa membeli baterai di toko resmi iPhone di Indonesia seperti iBox.

Kami sarankan untuk mengganti baterai iPhone jika kesehatan baterainya sudah di bawah 80%.

Kenapa Battery Health iPhone Berkurang?

Baterai terbuat dari material kimia yang punya kemampuan khusus untuk menyimpan daya. Kemampuannya tersebut akan terus berkurang seiring berjalannya waktu dan terus digunakan. Hal inilah yang membuat kenapa kesehatan baterai iPhone terus berkurang.

Ketika kamu pertama kali beli, baterai iPhone masih bisa menampung daya maksimal, misalnya 3000 mAh. Di awal pembelian, battery health iPhone kamu adalah 100%.

Namun jika terus digunakan dan bertambahnya umur, kemampuan baterai untuk menampung daya akan berkurang. Misalnya baterai hanya bisa menampung 2850 mAh saja. Maka baterai health iPhone kamu akan berkurang menjadi 95%.

Kemampuan menampung daya baterai yang berkurang akan membuat baterai iPhone lebih boros. Karena daya tampung maksimalnya telah berkurang.

Umumnya battery health ini akan terus mengalami penurunan selama bertahun-tahun. Namun jika battery health telah menurun hingga 80%, maka iPhone kamu akan lebih boros, sering nge-lag, hingga iPhone tidak bisa digunakan lagi.

Kesehatan baterai pada umumnya akan berkurang 5 hingga 10 persen per tahunnya. Persentase pengurangannya tersebut tergantung dari model iPhone yang digunakan.

iPhone dengan model terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi canggih untuk mengatasi penurunan battery health. iPhone 8 ke atas telah dilengkapi dengan teknologi tersebut.

Untuk kamu pengguna iPhone 7 ke bawah lakukan perawatan baterai iPhone secara ekstra. Karena penurunan kesehatan baterai setiap tahunnya cenderung lebih besar.

Cara Menjaga Baterai iPhone

Perlu kamu ketahui bahwa cara menaikkan battery health iPhone itu tidak mudah. Bahkan kamu harus mengganti baterainya jika battery health iPhone kamu kembali 100%.

Sebisa mungkin untuk menghindari penurunan battery health iPhone supaya iPhone bisa digunakan dengan optimal. Jangka penggunaannya juga bisa lebih lama.

Berikut ini adalah cara menjaga baterai iPhone yang bisa kamu lakukan.

  • Selalu gunakan charger original saat mengisi daya.
  • Hindari memakai iPhone ketika baterainya habis.
  • Hindari memakai iPhone ketika sedang dicas.
  • Kurangi panas berlebih pada baterai.
  • Segera cas iPhone ketika baterainya di angka 20%.
  • Kurangi kecerahan layar untuk menghemat baterai.
  • Jika sedang tidak diperlukan, cas iPhone sampai 80% saja.

Penutup

Itulah cara menaikkan battery health iPhone yang bisa kamu coba lakukan. Pastikan untuk menghindari penurunan baterai tersebut dengan cara yang telah disampaikan di atas. Semoga bermanfaat.