Cara Membuat Undangan Digital Keren & Praktis

cara membuat undangan digital

Mungkin saat ini kamu ingin membuat undangan digital supaya bisa sebar undangan pernikahan ke banyak orang. Sekarang kamu tengah di situs yang tepat karena disini kami akan berikan tips cara membuat undangan digital pernikahan.

Pembuatan undangan berbasis digital ini perlu kamu ketahui karena kelebihan dari jenis undangan sistem penyebarannya UNLIMITED. Jadi kamu gak perlu khawatir berapa banyak orang yang ingin kamu undang nantinya.

Tips ini sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin mengeluarkan banyak budget untuk membuat undangan dalam bentuk hard copy. Karena untuk sekarang ini harga per lembar untuk cetak undangan pernikahan itu sangat mahal.

Mengenal Tiga Jenis Undangan Digital

Sebelumnya kamu perlu ketahui dulu ya bahwa undangan digital itu diklasifikasikan ke dalam tiga golongan yaitu berformat gambar, video, dan website. Karena berada dalam format yang berbeda, software dan cara pembuatannya juga berbeda.

Untuk undangan berbasis gambar, nantinya kamu tinggal sebar foto yang di dalamnya terdapat undangan pernikahan. Biasanya gambar yang kamu kirim ini memiliki format JPG/JPEG/PNG supaya lebih mudah disebar.

Jenis undangan yang kedua adalah video. Jadi nanti kamu akan menyebar undangan pernikahan dalam format video dengan ekstensi MP4. Proses penyebaran undangan berbasis video lebih lama karena file video biasanya sangat besar ketimbang gambar.

Yang terakhir adalah undangan nikah berbasis website. Jadi nantinya kamu tinggal sebar undangan dalam bentuk link. Ketika link tersebut dibuka oleh tamu, di dalamnya akan terdapat undangan pernikahan kamu.

Rekomendasi Software

Pembuatan undangan pernikahan online ini akan sangat mudah jika menggunakan software. Setiap jenis undangan digital, software yang dipakai juga berbeda. Berikut ini adalah rekomendasi software untuk pembuatan undangan digital.

1. PowerPoint

aplikasi powerpoint

Software atau aplikasi yang bisa pakai untuk membuat undangan digital berbasis video sangatlah beragam. Tapi kami sarankan untuk membuat undangan pernikahan video di laptop atau komputer supaya lebih leluasa.

Software yang kami rekomendasikan untuk pembuatan undangan pernikahan berbasis video ini adalah Power Point. Cara membuat undangan pernikahan video dengan Powerpoint relatif lebih mudah dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya.

Kamu juga tidak akan kesulitan untuk memperoleh software ini karena di setiap laptop biasanya sudah terpasang. Saran saya, pakailah PowerPoint versi 2010 ke atas atau PowerPoint 365.

PowerPoint bisa kamu pakai baik untuk membuat undangan digital berbasis video maupun gambar (JPG & PNG). Jika masih pemula, belajar membuat undangan foto atau gambar sangat saya rekomendasikan karena caranya relatif mudah.

Sebenarnya kalau mau ngulik buat undangan berbasis video di PowerPoint juga sangat mudah. Kamu tinggal memainkan bagian animasi sehingga akan menimbulkan efek bergerak pada undangan yang kamu buat.

Cara membuat undangan digital dengan Power Point bisa kamu pelajari di YouTube atau pada kesempatan lain saya juga akan berikan tutorialnya.

2. Adobe Photoshop

Software yang selanjutnya saya rekomendasikan untuk buat undangan digital adalah Adobe Photoshop. Software ini sangat powerfull untuk membuat undangan online berbasis gambar.

Aplikasi ini juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet dan kamu bisa mencobanya sekitar 7 hari hingga satu bulan. Setelah melewati batas itu, kamu harus membayarnya.

Untuk software lain yang bisa kamu pakai diantaranya adalah Filmora, Adobe Premiere, Kinemaster (khusus perangkat Android), Adobe After Effect, dan masih banyak lagi. Tapi untuk saya sendiri lebih nyaman pakai PowerPoint baik untuk undangan video maupun website.

3. Canva

Saat ini Canva menjadi aplikasi desain yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Karena hasil desain dari Canva ini juga tidak kalah bagusnya seperti hasil dari software Adobe Photoshop maupun PPT.

Hebatnya lagi, Canva ini bisa kamu pakai melalui HP baik berbasis Android maupun iPhone. Tapi saya sarankan untuk pakai aplikasi ini lewat PC supaya bikin undangan lebih mudah.

4. Page Builder

Undangan digital berbasis website berbeda dengan format video maupun gambar. Seperti sudah saya singgung di atas kalau file yang akan kamu sebar berbentuk link yang di dalamnya terdapat halaman undangan.

Untuk membuat undangan website, tentu saja kamu memerlukan hosting dan domain. Untuk CMS yang saya pakai adalah WordPress. Nah di dalam WordPress ini harus kita pakai page builder untuk membuat desain undangannya.

Page builder yang saya pakai untuk buat undangan digital berbasis web adalah Elementor. Page builder ini sangat mudah digunakan dan yang paling penting adalah gratis. Tapi kalau kamu ingin dapat fitur lengkapnya harus pakai versi Pro.

Cara Membuat Undangan Digital

Setelah tahu software apa saja yang dipakai untuk membuat undangan digital, selanjutnya bagaimana untuk cara pembuatannya?

1. Tentukan Konsep Undangan

Pastikan konsep yang akan kamu buat ini untuk undangan pernikahan. Konsep ini tentu berbeda dengan undangan untuk khitanan, aqiqah, maupun ulang tahun.

Untuk undangan pernikahan digital sendiri juga terdapat beberapa konsep yang bisa kamu pertimbangkan. Misalnya konsep desain yang sesuai dengan pernikahan adat yang akan kamu pakai.

Misalnya kamu akan menggunakan konsep pernikahan adat Bali, maka foto-foto yang ada di dalam undangan juga bisa memakai ornamen-ornamen khas Bali.

Atau misalnya kamu bisa menggunakan kartun di dalam undangan karena gak punya foto-foto untuk disematkan dalam undangan. Jadi sesuaikan dengan konsep yang ingin kamu inginkan dengan pasangan.

2. Tentukan Sketsa Desain

Mengerjakan undangan digital sendirian memang akan kesulitan. Karena membuat sketsa desain itu bukanlah pekerjaan mudah. Setidaknya kamu bisa meminta pasangan untuk menilai sketsa desain yang akan kamu buat.

Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir untuk masalah desain. Sekarang sudah banyak template undangan digital yang tersedia di internet. Bahkan ada yang memberikannya secara gratis.

Kalau kamu pengguna Canva, disana juga terdapat beberapa template yang bisa dimanfaatkan. Kalau pengen dapat ide desain yang lebih komplit, saya sarankan pakai Canva versi pro.

3. Isi Konten Undangan

cara buat undangan digital

Pastikan untuk mengisi undangan dengan informasi yang tepat. Misalnya penulisan nama, gelar, nama orang tua, dan sebagainya. Nah untuk masalah undangan digital memiliki kelebihan dalam hal revisi dibanding undangan cetak.

Kamu tidak perlu bayar lagi untuk merevisi kesalahan (tapi tergantung pihak penyedia layanan). Selain itu waktu untuk melakukan revisi juga lebih cepat ketimbang undangan cetak.

Kalau pakai template, kamu biasanya tinggal edit bagian konten ini dengan informasi yang lengkap dan benar. Selain itu jangan lupa untuk mengubah foto mempelai atau hapus saja jika tidak ingin memakainya.

4. Sebar Undangan

Kalau undangan sudah berhasil dibuat dan dicek & ricek, selanjutnya tinggal disebarkan. Sebar undangan ke beberapa media sesuai dengan jenis undangan digital yang kamu pilih.

Undangan berbasis gambar sangat cocok disebarkan di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Kamu bisa menyebarkannya di beranda maupun story.

Sementara untuk undangan digital berbasis video saya sarankan jangan disebar ke WhatsApp. Karena akan menguras cukup banyak kuota internet undangan. Selain itu videonya akan kena kompress dan kualitas gambarnya jadi jelek.

Untuk undangan digital berbasis video bisa kamu sebar di Facebook, Instagram, TikTok, dan YouTube. Kamu juga bisa membagikannya ke Story selama ukuran videonya mempunyai aspek ratio 16:9.

Sementara itu untuk undangan berbasis website sangat fleksibel. Kamu bisa menyebarkannya di berbagai media sosial tanpa perlu menguras banyak kuota. Karena yang kamu sebarkan adalah link website.

Kamu bisa menyebarkan link undangan website melalui WhatsApp, Email, atau SMS. Tapi jangan lupa untuk menyelinginya dengan kata-kata sopan supaya mereka bisa buka undangan yang kamu sebar.

Buat Undangan Murah, Eklusif, dan Modern di Nikahasik.com

Kalau kamu punya waktu yang terbatas dan tidak punya kemampuan desain untuk membuat undangan, kamu bisa menggunakan jasa layanan undangan digital dari Nikahasik.com. Jadi saya sendiri yang membuatnya.

Jasa pembuatan undangan digital yang saya sediakan saat ini masih undangan website dan video. Untuk harga yang saya tawarkan juga sangat sesuai dengan manfaat yang akan kamu dapatkan.

Untuk fitur dan benefit tentang undangan website bisa kamu lihat pada artikel saya yang satu ini: Solusi Hemat Membuat Undangan Pernikahan Online

Kalau kamu ingin membuat undangan digital dengan waktu singkat bisa melakukan pemesanan melalui saya. Karena batas maksimal proses pembuatan undangan adalah 2 hari kerja. Selain itu kamu juga bisa melakukan revisi minor tanpa batas.

Informasi lengkap mengenai jasa undangan digital yang saya sediakan bisa dilihat halaman Nikahasik.com. Jika ingin tanya-tanya bisa hubungi langsung saya via WhatsApp ke nomor 0878-3798-0715 atau bisa klik disini.

Demikianlah tutorial kali ini tentang cara membuat undangan digital. Kamu bisa membuat undangan di beberapa software yang saya rekomendasikan. Untuk undangan video dan gambar saya sarankan pakai Power Point karena cara membuat undangan di Power Point itu sangat mudah.