Cara Membuat Feed Instagram Nyambung Dengan Canva

Sudahkah kamu tahu cara membuat feed instagram nyambung dengan canva? Kamu dapat mengimplementasikan sisi kreativitas dengan tampilan feed di Instagram.

Ada banyak sekali cara membuat feed instagram aesthetic dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah dengan cara membuat puzzle feed instagram.

Dengan membuat feed tersebut, tampilan feed instagram pun akan jauh lebih menarik dan followers pun semakin bertambah..

Tapi apakah membuat feed ig nyambung itu sulit? Tentu saja tidak, bahkan kamu bisa menggunakan aplikasi desain grafis, Canva.

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara buat feed ig nyambung di Canva dengan mudah. Tanpa berlama-lama, langsung saja kita ke topik pembahasanā€¦

1. Mulai Menyusun Puzzle Feed Instagram mu Dengan Canva

Canva adalah salah satu platform desain grafis yang memudahkan kita untuk mengimplementasikan kreatifitas ke dalam grafis yang kita inginkan.

Dengan fitur serta template yang lengkap, semua orang tanpa background seni pun bisa menggunakannya dengan mudah. banyak sekali tools serta fitur yang bisa dimanfaatkan.

Salah satunya adalah membuat puzzle feed instagram. Pertama kamu bisa langsung kunjungi situs canva. Setelah itu ikuti beberapa langkah berikut :

  • Klik ‘create design’
  • Kemudian klik ‘custom size’.
  • Masukkan dimensi sesuai dengan jumlah postingan sesuai yang diinginkan.
  • Ukuran yang direkomendasikan adalah 1080×1080 atau 1350 x 1080.

cara membuat feed instagram nyambung dengan canva

  • Selanjutnya, pada pilihan menu element pada bagian kiri laman web, pilihan ‘tools grid’ kemudian klik ‘see all’.
  • Disini kamu bisa melihat kisi yang membagi gambar ke dalam 3-12 kotak.

cara membuat feed instagram nyambung dengan canva

2. Membuat Template Untuk Puzzle

Gambar feed yang berupa puzzle membuat gambar saling berkaitan satu sama lain. Tentu hal yang harus kamu perhatikan adalah kisi yang berfungsi `yang menunjukkan dimana postingan berawal juga berakhir.

Kamu bisa menggunakan elemen shape/kotakĀ  untuk mengetahui dimana postingan berawal maupun berakhir. Kemudian perbesar ukuran slide hingga menjadi persegi berukuran 1080 x 1080.

Gambar: Ilmu Marketing

Setelah itu kamu tinggal membuat konten sesuai yang diinginkan.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan pilihan elemen garis. Elemen garis sendiri lebih berfungsi untuk menandai semua garis di kisi. Jika sudah diketahui, hapus elemen garis tersebut.

Gambar: Makeuseof

3. Membuat Potongan Untuk Puzzle

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat potongan pada puzzle. Dengan banyaknya tools yang tersedia di Canva, maka kurang lengkap rasanya jika konten di Feed kamu hanya biasa saja.

Kamu bisa mengkombinasikan antara pilihan font, warna, serta grafis yang diinginkan.

Berikan sentuhan yang menarik pada setiap kotaknya, sehingga orang-orang yang mengunjungi feed instagram mu akan terkesan. Kemudian jangan lupa untuk senantiasa memperhatikan harmonisasi dalam setiap kotaknya.

Anda juga bisa mempertimbangkan penyematan gambar sebagai pertimbangan untuk dilihat oleh followers mu di luar halaman profil. Sehingga tetap memberikan kesan menarik setiap mempostingnya.

Jika kamu kebingungan untuk persoalan yang satu ini, maka dapat melihat template Canva untuk memperoleh inspirasi.

Jika semua proses kreatif telah dilakukan, maka kamu tinggal mengunduhnya.

4. Memisahkan Sekaligus Memposting

Langkah selanjutnya adalah memisahkan puzzle yang telah kamu buat untuk selanjutnya di posting di halaman Instagram.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dalam proses ini adalah menggunakan PineTools. Kamu bisa langsung mengunjungi situs websitenya dan menggunakannya secara gratis.

Di dalam website ini terdapat fitur yang dapat digunakan olehmu untuk memisahkan gambar.

Caranya adalah :

  • Upload terlebih dahulu gambar yang akan kamu pisahkan.
  • Kemudian klik ‘split image by both (grid)’.
  • Kemudian isikan pilihan vertical number dengan angka 3. Sebab feed di Instagram pasti ukuran vertikalnya selalu 3 grid.
  • Sementara untuk grid horizontal, tergantung pilihanmu.
  • Jika sudah, klik ‘Split Image’.
  • Kemudian website akan melakukan proses download.

Nah dalam memposting ke laman instagram, maka selalu posting terlebih dahulu bagian kotak yang terakhir. Sehingga susunan puzzle dapat terbentuk dengan baik.

Puzzle Pada Feed Instagram, Berkreasi Di Laman Media Sosial

Sebagai salah satu platform yang digandrungi saat ini, inovasi selalu dilakukan oleh Instagram atau pun para developer.

Mereka selalu menemukan gagasan yang bisa digunakan secara leluasa oleh para user untuk mengekspresikan diri di laman media sosial. Entah itu memposting karya, berbisnis, dan masih banyak lagi.

Membuat puzzle feed instagram bisa menjadi salah satu langkah untuk berkreatifitas.

Baca juga: Ukuran Feed Instagram, IGTV, dan Story yang Paling Tepat

Kesimpulan

Itulah cara membuat feed Instagram nyambung dengan Canva. Dengan berbagai tools serta fitur yang tersedia, proses kreatif dalam membuat puzzle feed di Instagram menjadi semakin mudah, cocok untuk kamu yang masih pemula.

Kamu bisa secara bebas berkreatifitas serta halaman feed profilmu mampu menarik perhatian followers serta user lainnya di Instagram. Perhatikan setiap langkahnya dan pastikan kamu melakukannya dengan benar.

Leave a Comment