2 Cara Melacak HP Samsung yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara melacak HP Samsung yang hilang dalam keadaan mati perlu Anda ketahui. Karena bisa saja suatu hari Anda kehilangan handphone yang keadaannya mati sehingga cukup sulit menemukannya.

Samsung sendiri merupakan brand smartphone yang sangat populer karena memiliki banyak fitur berkualitas di dalamnya. Salah satu fitur canggihnya adalah Find My Mobile. Dengan fitur ini kemungkinan pengguna HP Samsung bisa melacak keberadaannya.

Fitur Find My Mobile ini tentu saja sangat berguna untuk para pengguna perangkat Samsung. Karena ketika kehilangan smartphone bisa memanfaatkan fitur ini.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang Dalam Keadaan Mati

cara melacak hp samsung yang hilang dalam keadaan matiAda beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melacak HP Samsung yang hilang dalam keadaan mati. Diantaranya dengan memanfaatkan Samsung Find My Device dan Google Maps. Mari kita bahas satu per satu.

1. Samsung Find My Device

Cara melacak hp samsung yang hilang dalam keadaan mati bisa memanfaatkan fitur bawaan yaitu Find My Device. Namun perlu diperhatikan bahwa fitur ini akan lebih akurat jika HP yang hilang dalam keadaan hidup.

Meskipun dalam keadaan mati, fitur ini masih bisa melacak keberadaan HP yang hilang. Namun hasil pelacakannya hanya berupa lokasi terakhir ketika HP terhubung dengan internet saja.

Misalnya HP Samsung Anda terakhir terhubung dengan koneksi internet jam 7 malam di kantor. Maka fitur Find My Device ini hanya akan melacak HP Anda saat  jam 7 malam dengan lokasi di kantor.

Bagaimana cara melacak hp samsung yang hilang dalam keadaan mati dengan Find My Device ini? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka aplikasi browser baik di ponsel maupun komputer atau laptop.
  2. Kemudian masuk ke laman https://findmymobile.samsung.com
  3. Setelah itu klik tombol “Sign In”.
  4. Masukkan data akun Samsung Anda yang terhubung dengan HP yang hilang berupa email dan kata sandinya.
  5. Lalu pilih semua opsi pada bagian “User Agreement”.
  6. Kemudian tunggu beberapa saat dan Anda akan kembali ke halaman utama Samsung Find My Mobile.
  7. Setelah beberapa saat, Samsung Find My Mobile akan menampilkan hasil pelacakan berupa lokasi terakhir HP Anda sebelum mati.

Hasil dari pelacakan dengan Samsung Find My Device tersebut bisa Anda lakukan penelusuran lebih lanjut untuk menemukan HP yang hilang.

Baca juga: Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis Samsung J2 Prime

2. Google Maps

Cara melacak hp samsung yang hilang dalam keadaan mati yang selanjutnya dapat menggunakan Google Maps. Fitur ini tidak hanya dimiliki oleh Samsung saja, namun hampir semua perangkat smartphone sudah memiliki fitur besutan Google tersebut.

Namun konsep dari Google Maps ini sama dengan fitur Samsung Find My Devices. Ya, Google Maps akan melacak keberadaan HP terakhir sebelum mati dan terkoneksi dengan internet. Berikut ini adalah cara melacak hp samsung yang hilang dalam keadaan mati dengan Google Maps.

  1. Masuk ke aplikasi Google Maps terlebih dahulu.
  2. Setelah itu tap ikon segitiga kecil di pojok kanan aplikasi dan tap “Tambah Akun”
  3. Kemudian masukkan email dan kata sandi akun Google yang terhubung dengan HP yang hilang.
  4. Lalu tap pilihan “Saya Setuju”
  5. Jika sudah, kembali lagi ke halaman awal aplikasi Google Maps.
  6. Tap lagi ikon segitiga kecil di pojok kanan atas dan pilih menu “Linimasa”.
  7. Tunggu selama beberapa saat hingga Google Maps menunjukkan lokasi keberadaan ponsel yang hilang.

Tips Tambahan

Untuk atisipasi jika HP yang Anda miliki hilang dalam keadaan mati, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Pastikan Memiliki Akun

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pastikan pada setiap HP yang Anda miliki sudah terkoneksi dengan akun Google. Atau bisa juga dengan akun merk HP yang Anda gunakan seperti Samsung.

Pasalnya agar kedua cara di atas bisa berfungsi jika HP yang hilang telah terkoneksi dengan akun Google dan Samsung. Jadi ketika pertama kali punya HP, pastikan buat akunnya dulu. Selain itu akun tersebut juga banyak fungsi.

2. Terkoneksi dengan Internet dan GPS Hidup

Pastikan juga HP yang Anda gunakan selalu terhubung dengan internet dan GPS dalam keadaan hidup. Karena jika koneksi internet mati, GPS Anda tidak akan berfungsi dan HP Anda akan sulit dilacak ketika hilang.

Baca juga: Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga Yang Belum Terhubung

Akhir Kata

Itulah cara melacak hp samsung yang hilang dalam keadaan mati dengan menggunakan Samsung My Device dan Google Maps. Semoga bermanfaat.