Cara Kerja Dropship Shopee Tanpa Stok Barang

Salah satu marketplace yang banyak digunakan oleh para pemilik online shop untuk berjualan adalah Shopee. Banyak dari mereka yang berjualan dengan menggunakan sistem dropship di Shopee.Lalu bagaimana cara kerja dropship Shopee itu?

Dropship merupakan salah satu bisnis yang cocok untuk mereka yang tidak punya modal besar untuk mulai berbisnis. Karena dengan sistem dropship kamu tidak perlu stok barang terlebih dahulu seperti reseller.

Fokus kamu ketika menjadi dropshipper adalah mempromosikan produk supplier. Jika ada konsumen yang memesan, maka kamu tinggal memesannya ke supplier supaya barang pesanannya diberikan ke konsumen kamu.

Sistem dropship ini juga dapat kamu terapkan jika berjualan di marketplace seperti Shopee. Apalagi di Indonesia banyak pengguna Shopee yang mungkin saja mereka itu adalah target pasar untuk produk kamu.

Cara Kerja Dropship Shopee

Cara kerja dropship di Shopee sebenarnya tidak jauh berbeda seperti dropship di online shop lainnya. Bahkan dropship di Shopee relatif lebih mudah untuk dapat konsumen karena kebanyakan dari mereka sudah butuh produknya.

Lalu seperti apa cara kerja dropship di Shopee? Berikut ini Cecepkocep.com rangkum cara kerjanya.

1. Upload Produk dan Optimasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah upload produknya terlebih dahulu ke Shopee. Pastikan kamu sudah menjalin kerjasama dengan pihak supplier supaya proses pemesanan dan pengirimannya lebih mudah.

Jangan lupa untuk mengoptimasi produk yang kamu buat. Judul produk dan deskripsinya harus kamu optimasi dengan cara memakai kata kunci. Dengan begitu produk yang kamu jual lebih mudah ditemukan oleh pengguna Shopee.

Untuk judul produk, masukan satu atau dua kata kunci saja. Masukkan juga kata kunci tersebut di deskripsi produk. Pastikan juga pada deskripsi ini memasukkan informasi produk yang lengkap.

2. Pesan Produk ke Supplier

Jika ada konsumen yang membeli produk kamu, langkah selanjutnya yaitu memesan produknya ke supplier. Pesan produk ke supplier sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh mereka.

Pastikan untuk memberikan informasi yang sangat detail mengenai pesanan konsumen kamu ke supplier. Sehingga potensi terjadinya kesalahan sangat kecil, terutama dalam hal masalah alamat pengiriman.

Hal seperti ini perlu kamu perhatikan karena jika ada kesalahan, maka kamu sendiri yang akan kena imbasnya. Jadi pastikan informasi yang kamu berikan ke supplier harus lengkap.

3. Supplier Packing dan Kirim Produk

Jika telah melakukan pemesanan ke pihak supplier, maka mereka akan langsung melakukan packing produk yang kamu pesan. Mereka juga akan melakukan pengiriman barang ke alamat yang sesuai dengan data konsumen kamu.

Jika produk pesanan konsumen kamu sudah dikirim oleh supplier, kamu tinggal mencari konsumen lainnya. Jangan lupa juga untuk memberikan pelayanan yang bagus, termasuk membantu tracking produk mereka jika ada masalah tentang pengirimannya.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Penjualan Di Shopee Bagi Pemula

Cara Menjadi Dropship Pemula di Shopee

Dari penjelasan di atas, kamu sudah tahu kan cara kerja dropship Shopee itu seperti apa? Selanjutnya, bagaimana cara menjadi dropship di Shopee? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Menentukan Produk

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika menjadi dropship di Shopee adalah menentukan produknya terlebih dahulu. Produk yang kamu jual harus banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Calon konsumen di Shopee itu sudah termasuk ke dalam hot market, sehingga kamu tidak perlu memberikan edukasi secara detail. Bahkan mereka sudah benar-benar butuh dengan produk tersebut dan siap beli.

Jadi produk yang dijual di Shopee itu adalah produk yang dibutuhkan. Untuk mengetahui apakah produk tersebut dibutuhkan atau tidak, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu.

2. Menentukan Supplier

Setelah menentukan produk apa yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier. Pastikan untuk memilih supplier yang menyediakan sistem dropship, sehingga kamu tidak perlu stok produk terlebih dahulu.

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan ketika menentukan supplier untuk dropship. Salah satunya adalah menjual produk yang berkualitas dan layanannya sangat bagus. Untuk mengujinya, kamu bisa beli terlebih dahulu produknya.

Jika menurut kamu produknya berkualitas dan layanan supplier sangat bagus, kamu bisa pertimbangkan untuk menjadi dropshipper di supplier tersebut.

3. Setting Toko di Shopee

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu setting toko di Shopee. Hal yang harus kamu perhatikan ketika setting toko adalah alamat toko kamu. Karena kamu adalah dropshipper, isi alamat toko dengan alamat supplier kamu.

Jadi ketika ada pesanan, supplier akan mengirim produknya langsung ke konsumen kamu.

Kemudian juga isi jasa pengirimannya harus kamu sesuaikan dengan yang disediakan oleh pihak supplier. Misalnya jika jasa ekspedisi yang disediakan supplier adalah JNE dan JNT, maka isi dengan JNE dan JNT di toko kamu.

4. Upload Produk

Salah satu karakteristik supplier yang baik adalah memiliki marketing kit yang lengkap. Dalam marketing kit tersebut berisi foto-foto produk, copywriting, dan alat tempur promosi lainnya.

Foto-foto produk yang ada dalam marketing kit tersebut bisa kamu gunakan di Shopee. Pastikan untuk membuat judul dan deskripsi yang sesuai dengan produk yang kamu jual.

Baca juga: Dropship vs Reseller, Mana yang Lebih Menguntungkan?

5. Promosikan Produk dan Toko

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu mempromosikan produknya. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi seperti Instagram, TikTok dan Facebook. Promosi ini fungsinya untuk mendatangkan trafik ke toko kamu.

Untuk promosi produk, kamu bisa memanfaatkan fasilitas berbayar dengan cara beriklan. Namun untuk seorang pemula, saya sarankan untuk tidak menggunakan teknik ini. Apalagi kalau kamu punya budget yang terbatas.

Namun jika kamu budget berlebih dan ingin mendatangkan trafik ke toko kamu, saya sangat menyarankan beriklan. Namun sebelum beriklan, kamu harus tahu terlebih dahulu ilmu dan tekniknya supaya tidak sering boncos atau rugi.

Kalau kamu serius ingin belajar cara beriklan di Shopee, kamu bisa belajar di Kelas Shope dari Zuper ID. Tidak hanya belajar cara beriklan saja, kamu juga akan belajar banyak cara mendapat orderan tiap hari di Shopee dengan cara gratis atau organik.

Informasi lengkap tentang Kelas Shopee ini bisa kamu pelajari disini: Preview Kelas Shopee

Kalau saat ini kamu belum punya produk yang akan dijual, di Kelas Shopee ini sudah disediakan produknya. Jadi kamu tinggal pelajari materi yang tersedia di dalam kelas dan mempraktekkannya secara konsisten.

Bukan hal yang tidak mungkin kamu bisa dapat orderan setiap hari di Shopee jika mempelajari materinya dengan baik dan benar. Selain itu, pastikan untuk mempraktekan semua materi yang ada di dalam kelas supaya cepat dapat orderan.

>>> DAFTAR KELAS SHOPEE SEKARANG <<<

Gunakan kode kupon KOCEP ketika mengisi formulir pendaftaran supaya mendapatkan diskon 50%.

Penutup

Itulah penjelasan kali ini tentang cara kerja dropship Shopee yang perlu kamu ketahui. Cara kerjanya kurang lebih sama seperti kamu jualan di toko online lain seperti di media sosial. Hanya saja kamu menggunakan media marketplace untuk mendapatkan konsumen.

Leave a Comment