Cara Jualan Di Shopee Lewat HP Dengan Mudah

cara jualan di shopee lewat hp

Berjualan di marketplace seperti Shopee sekarang sangat mudah dilakukan, salah satu bisa melalui perangkat smartphone. Cara jualan di Shopee lewat HP sebenarnya sangat mudah, hanya saja akan lebih mudah lagi kalau pakai laptop atau PC (Personal Computer).

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi Shopee juga sangat mudah untuk Anda download di Play Store atau App Store. Cara penggunaannya juga tidak serumit yang Anda bayangkan.

Bagaimana Cara Jualan di Shopee Lewat HP ?

Bagi Anda yang gaptek, berjualan di Shopee lewat aplikasi smartphone tentu saja akan lebih mudah. Karena Anda sudah terbiasa dengan aplikasi-aplikasi di smartphone. Apalagi mungkin Anda juga sering berbelanja online di marketplace oranye ini kan?

Untuk berjualan di Shopee dengan HP, pastikan Anda sudah menggunakan smartphone baik OS Android maupun Apple. Kalau persyaratan pertama ini sudah terpenuhi, Anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

1. Install Aplikasi Shopee

Karena akan berjualan di Shopee, pastikan Anda download terlebih dahulu aplikasinya. Kalau pakai smartphone Android, download di Google Play Store. Kalau pakai iOS, download aplikasinya di App Store. Khusus pengguna Android, klik disini untuk mengunduhnya.

Kalau sudah Anda download, langsung saja pasang di smartphone hingga selesai dan sudah siap digunakan. Untuk di awal, cara pendaftaran Shopee dan penjual kurang lebih sama.

2. Registrasi Akun

Setelah aplikasinya Anda download, langkah yang selanjutnya adalah registrasi terlebih dahulu. Tutorial registrasinya bisa Anda perhatikan pada poin-poin berikut ini.

  • Klik tombol “Daftar” di pojok kanan layar smartphone.
  • Selanjutnya Anda tinggal melakukan pendaftaran baik dengan nomor HP, email, Line, atau Facebook. Pilih salah satu saja!
  • Masukkan username serta password untuk login nanti setelah aktif.
  • Gunakan password yang terdiri dari gabungan huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter supaya lebih aman akunnya.
  • Cek SMS ataupun Email yang Anda gunakan untuk registrasi. Kemudian klik link yang terdapat di dalam pesan untuk verifikasi.

Sampai tahap ini, proses registrasi akun Shopee Anda telah selesai.

Cara Setting Akun Shopee

Setelah proses registrasi selesai, selanjutnya Anda harus melakukan pengaturan di Shopee. Silahkan untuk pergi ke halaman profil akun Shopee Anda, kemudian tap bagian pengaturan (ikon gerigi).

Pastikan untuk mengisi data akun dengan benar dan lengkap. Misalnya mengisi data alamat atau rekening bank dengan benar. Dengan begitu proses pengiriman barang maupun pembayaran bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Upload Produk di Shopee Lewat HP

Cara berjualan di Shopee agar Cepat laku

Setelah akun toko Anda diatur dengan benar, selanjutnya Anda bisa langsung upload produk yang dijual. Silahkan tap tombol “Mulai Jual” yang terletak di pojok kiri atas layar smartphone Anda.

Kemudian tap tombol “Tambah Produk” untuk memulai proses pengunggahan produk yang akan Anda jual. Selanjutnya Anda juga harus mengisi data-data produk lainnya.

Misalnya nama produk, deskripsi, kategori, harga, stok, variasi, berat, dan lain sebagainya. Jika dirasa sudah lengkap, Anda tinggal langsung tap tombol Centang.

Jika mempunyai produk lain, Anda tinggal posting kembali dan lengkapi data-datanya seperti cara di atas.

Panduan Jualan di Shopee Hingga Laku Keras

Kalau hanya sekedar buat akun dan posting produk saja, kemungkinan besar Anda akan kesulitan untuk memperoleh pembeli. Anda perlu melakukan optimasi supaya jualannya bisa laku, minimal memperoleh penjualan pertama.

Anda perlu melakukan optimasi baik pada akun maupun produk yang kamu jual. Seperti apa caranya? Simak tutorialnya berikut ini.

1. Jual Produk yang Sudah Terbukti Laris

Kami sarankan untuk menjual produk yang terbukti sudah laris ketika dijual di Marketplace. Jadi Anda perlu melakukan riset produk terlebih dahulu sebelum langsung jualan.

Anda bisa memanfaatkan Google Trend, Google Keyword Planner, atau aplikasi Shopee itu sendiri untuk riset produk laris. Carilah produk yang tingkat pencarian per bulannya sangat tinggi.

Dengan begitu, kemungkinan produk Anda akan laris menjadi lebih besar. Selebihnya Anda tinggal lakukan optimasi supaya banyak orang yang beli produk Anda.

Cara jualan di Shopee untuk pemula ini benar-benar harus Anda perhatikan. Supaya lebih mudah, Anda bisa menjadi reseller atau dropshiper yang produknya memang sudah terbukti laris.

Sehingga Anda tidak perlu melakukan riset panjang. Jadi Anda tinggal fokus jualan saja di Shopee.

Baca juga: 7 Rahasia Cara Jualan Di Shopee Tanpa Stok Barang

2. Riset Kata Kunci

Cara berjualan di Shopee agar cepat laku yang selanjutnya harus Anda lakukan yaitu riset kata kunci. Hal ini perlu Anda lakukan supaya produk Anda akan lebih mudah ditemukan di halaman pencarian oleh pengguna Shopee.

Untuk riset kata kunci bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi Shopee. Pastikan untuk memilih kata kunci yang sesuai dengan produk yang Anda jual.

Kemudian pilih produk yang punya tingkat pencarian tinggi dan tingkat persaingannya rendah. Dengan begitu, kemungkinan produk Anda akan ditemukan menjadi lebih besar.

Setelah memperoleh kata kunci yang tepat, tempatkan kata kunci tersebut di nama produk dan deskripsi produk. Karena dengan cara inilah produk Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna Shopee.

Jika Anda berperan sebagai penjual, pastikan untuk menguasai riset ini. Apalagi jika Anda hanya memanfaatkan promosi secara gratis saja, tanpa berbayar.

3. Manfaatkan Fitur di Shopee

Shopee menyediakan berbagai fitur yang bisa Anda manfaatkan ketika berjualan. Dengan memanfaatkan fitur tersebut dengan baik, kemungkinan besar produk Anda akan lebih mudah ditemukan dan ada pembeli.

Salah satu fitur yang wajib Anda manfaatkan adalah fitur Gratis Ongkir. Fitur ini cukup ampuh untuk menarik banyak konsumen supaya membeli produk Anda.

Apalagi kalau orang yang beli produk Anda itu adalah orang-orang di luar pulau Jawa seperti Sulawesi atau Papua. Harga ongkos kirim kesana tentu sangat besar.

Dengan memanfaatkan fitur ini, kemungkinan besar produk Anda dibeli menjadi lebih besar.

Manfaatkan juga fitur lainnya seperti voucher promosi untuk menarik pelanggan. Misalnya dengan membuat voucher diskon atau cashback. Sehingga kemungkinan mereka untuk beli produk Anda jadi lebih besar lagi.

4. Bagikan Ke Media Sosial

Jangan lupa untuk membagikan produk yang sudah Anda upload ke media sosial seperti Instagram dan Facebook. Tujuannya yaitu untuk memperoleh pengunjung ke toko online Anda.

Setelah mereka mengunjungi toko Anda, ada kemungkinan mereka akan follow toko Anda atau beli. Supaya kemungkinannya lebih besar, pastikna promosikan produk ke Anda ke target market yang tepat.

Misalnya Anda jualan gamis, promosikan produknya ke ibu-ibu muda. Jangan promosikan produk ke bapak-bapak karena kemungkinan untuk belinya sangat kecil.

Baca juga: Ini Dia Rahasia Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula

Itulah rahasia jualan di Shopee lewat HP yang bisa Anda lakukan. Pastikan untuk daftar seller Shopee terlebih dahulu seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Jika dilakukan secara organik (tanpa berbayar) sebaiknya dilakukan dengan sabar hingga akhirnya memperoleh penjualan.

cara jualan di shopee lewat hp
Next Post

No more post