6 Cara Cek Sepatu PUMA Original & Palsu (KW)

Cara Cek Sepatu PUMA Original
Cara Cek Sepatu PUMA Original

Apakah kamu pernah bingung ketika mencoba untuk memastikan keaslian sepatu Puma? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan ngasih tahu kamu cara cek sepatu Puma original dengan langkah-langkah yang jelas dan mudah diikuti.

Dengan informasi yang kami bagikan, kamu bakal dengan percaya diri memverifikasi keaslian sepatu Puma dan menghindari barang palsu yang seringkali menjadi masalah di pasaran saat ini.

Apa Itu Sepatu Puma?

Sebagaimana kami lansir dari Wikipedia, Puma adalah perusahaan internasional yang memproduksi sepatu olahraga dan perlengkapan olahraga lainnya. Perusahaan ini didirikan oleh Rudolf Dassler yang berbasis di Jerman.

FYI, Rudolf Dassler itu adalah kakaknya Adolf Dassler yang merupakan orang pendiri perusahaan Adidas.

Puma adalah merek sepatu olahraga dan lifestyle yang cukup populer di pasar Indonesia. Selain memiliki desain yang sporty banget, daya tahan sepatu ini juga tidak perlu diragukan lagi. Dengan kelebihan tersebut, Puma menjadi merek sepatu yang cukup laku di Indonesia.

Puma tidak hanya memproduksi sepatu olahraga, namun juga sepatu lifestyle seperti sneakers hingga andal. Dengan modelnya yang selalu update, materialnya juga ringan. Selain itu harganya juga cukup terjangkau, sehingga bisa menjadi banyak pilihan masyarakat Indonesia.

Cara Cek Sepatu Puma Original

Peminat sepatu Puma di Indonesia semakin meningkat. Namun hal ini juga semakin banyak beredar sepatu lari PUMA palsu alias KW. Dengan teknologi yang canggih, sepatu KW ini mirip sekali dengan yang aslinya.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena cecepkocep.com akan memberikan cara cek sepatu Puma original dan KW. Simak penjelasannya di bawah ya!

1. Cek Harga yang Ditawarkan

Sebagai salah satu merek sepatu terbesar di dunia, harga yang ditawarkannya pun sebanding dengan kualitasnya. Harga sepatu puma original di pasaran dibandrol mulai dari Rp600 ribuan ke atas.

Puma Suede yang merupakan sepatu Puma paling ikonik saja dijual secara resmi di pasaran mulai dari Rp1.3 jutaan. Jadi jika kamu mendapatkan sepatu ini di bawah harga rata-rata dari sepatu originalnya, kamu perlu waspada. Karena bisa saja yang kamu dapatkan itu adalah sepatu Puma KW.

2. Memiliki Label Khusus Anti Pemalsuan

Cara cek sepatu Puma original bisa dilakukan dengan melihat pita berwarna perak yang mirip seperti tanda pada uang kertas. Puma membuat label khusus ini supaya konsumen bisa membedakan mana sepatu asli dan KW.

Kamu juga bisa mengeceknya di bagian lidah sepatu. Sepatu lari PUMA original biasanya mempunyai tulisan “Official Licensed FI Product” yang menandakan bahwa produk tersebut adalah produk resmi.

Pada labelnya juga terdapat kombinasi warna yang menunjukkan tempat pembuatan sepatu Puma. Warna tersebut berupa hitam, merah, biru, dan hijau. Kombinasi warna bisa berbeda-beda sesuai dengan tempat pembuatan sepatunya.

3. Logo Sepatunya Rapih Atau Nggak?

Sepatu Puma original itu mempunyai logo yang ditempatkan di beberapa sudut. Misalnya di badan sepatu, tumit, lidah sepatu, dan sol sepatu. Cek apakah logo-logo Puma di area tersebut rapih atau tidak.

Sepatu Puma yang original memiliki logo yang rapi dan presisi. Jika ada logo yang penyok atau tidak presisi, keasliannya perlu dipertanyakan.

Selain itu, logo pada tumit dan sol sepatu Puma Original itu dibentuk dengan cara dicetak langsung ke bahan sepatunya. Berbeda dengan sepatu KW yang dicetak dulu ke bahan lain lalu ditempelkan ke sepatunya.

4. Cek Seri Nomor Sepatu Puma (Kode UPC)

Cek Seri Nomor Sepatu Puma
Cek Seri Nomor Sepatu Puma

Perusahaan sepatu ini memiliki seri yang bervariasi dan menarik. Kamu pasti bakal sulit untuk menghafalkan setiap serinya, sehingga kamu malah terjebak dengan model sepatunya saja. Hasilnya, kamu malah dapat sepatu Puma KW.

Cara cek sepatu Puma original itu ternyata bisa dilakukan dengan cek nomor serinya di website resminya. Setiap sepatu pasti yang original pasti akan memiliki kode yang terletak di label sepatunya.

Kamu tinggal ketikkan kode tersebut di website resmi PUMA yaitu id.puma.com. Atau kamu juga bisa cari kode tersebut di pencarian Google. Pastikan untuk mengetikkan kata “Puma” sebelum kode tersebut.

Lihat gambar apa hasilnya. Gambar sepatu yang muncul harusnya sesuai dengan seri sepatu yang sedang kamu cek kodenya. Jika berbeda, berarti sepatu Puma yang kamu beli adalah KW.

5. Kode Barcode dan ART yang sesuai

Pada bagian lidah sepatu puma original akan terdapat QR-Code yang bisa kita scan dengan aplikasi tertentu. Kode barcode tersebut biasanya berisi tentang nama produk, ukuran, made in, kode produksi, dan lain-lain.

Kode Barcode Sepatu Puma
Kode Barcode Sepatu Puma. Sumber: tutoreal.id

Selain kode barcode, ada juga kode ART yang harus kamu cek untuk mengetahui keaslian sepatu Puma yang kamu beli. Kode ART sepatu Puma biasanya terdiri dari huruf dan angka seperti pada gambar di bawah.

Kode ART Sepatu Puma
Kode ART Sepatu Puma

Pada produk sepatu puma fake atau KW biasanya tidak tercantum kode ART di bagian label maupun tag. Meskipun ada, kode tersebut tidak otentik seperti aslinya.

1. Cek Barcode Sepatu Puma

Setelah membeli sepatu, pada bagian lidah sepatu, tag, atau boks pembelian akan terdapat kode barcode. Kode ini bisa kita scan dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Kode barcode sepatu Puma yang asli itu biasanya terpampang dengan jelas dan tidak memudar. Dari ini kamu juga sudah bisa menentukan sepatu Puma itu asli atau palsu.

2. Scan Kode Barcode

Setelah menemukan kode barcode, scan kode tersebut menggunakan aplikasi khusus. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti barcode scanner yang tersedia di Google Play Store atau App Store secara gratis.

Aplikasi scan barcode ini biasanya sudah tersedia di smartphone karena sudah menjadi aplikasi bawaan. Bahkan ada perangkat smartphone yang hanya perlu menggunakan kamera belakangnya saja untuk scan kode barcode.

Scan kode barcode tersebut sampai benar-benar terbaca. Jika sudah berhasil terbaca, detail produk sepatu Puma kamu akan tampil. Dari informasi ini kamu bisa menentukan apakah itu sepatu Puma original atau fake.

6. Perhatikan Boks Sepatu

Sepatu Puma original memiliki boks unik yang disebut dengan Puma Clever Little Bag. Boks ini dibuat dengan bahan yang seminimal mungkin mengurangi sampai. Boks ini terbuat dari beberapa bagian kardus tipis yang dilapisi oleh kantung dengan bahan daur ulang.

Kantung dengan bahan daur ulang ini bisa digunakan untuk keperluan membawa barang lainnya.

Jika saat beli sepatu Puma tidak menggunakan boks seperti itu, kamu perlu waspada dengan keasliannya. Cek juga tanggal produksi sepatunya karena boks ini baru mulai digunakan Puma pada tahun 2010.

Ciri Sepatu Puma Original

Dari penjelasan di atas kita sudah bisa menentukan ciri sepatu Puma original itu seperti apa. Inilah ciri sepatu Puma original dan fake atau KW.

  • Harga relatif mahal (lebih dari Rp600 ribuan)
  • Memiliki label khusus bertuliskan “Official Licensed FI Product”
  • Memiliki logo yang rapi
  • Seri Sepatu Sesuai dengan Model resminya
  • Kode Barcode dan kode ART yang sesuai
  • Memiliki boks ramah lingkungan (tahun produksi 2010 ke atas)

Beli Sepatu Puma Original di Official Store

Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara cek sepatu Puma original atau palsu alias KW? Jangan sampai salah pilih ya meskipun harganya sangat murah.

Saran kami, belilah sepatu lari Puma di official resminya baik itu di website atau marketplace. Di Marketplace, Puma Indonesia itu sudah punya tanda Mall (Shopee) dan Official Store (Tokopedia).

You May Also Like