Internet Kamu Lemot? Cek Ping Sinyal Dengan Trik Ini!

Cecepkocep.com – Kamu pasti kesal kan kalau lagi asik-asiknya internetan atau main game online tiba-tiba internetnya jelek? Kalau pernah mengalami hal seperti itu, kamu harus cek ping sinyal terlebih dahulu.

Cek kecepatan internet perlu kamu lakukan sebelum melakukan aktivitas seperti main game Mobile Legends. Karena kalau main ping sinyal kalian jelek, kalain malah akan mengalami lag Mobile Legend yang bisa berujung pada kekalahan.

 

Cara Cek Ping Sinyal Internet WiFi

cek ping sinyal

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pengecekan ping sinyal internet. Cara tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

 1. Cek Ping WiFi

Cara yang yang pertama untuk uji kecepatan jaringan internet yaitu dengan menggunakan kabel LAN atau WiFi yang terhubung langsung ke router. Karena akan menggunakan router, kalian juga harus tahu terlebih dahulu IP Router yang digunakan.

Untuk mengetahui nya sangat mudah. Kamu bisa ketikkan “IPCONFIG/ALL” (tanpa tanda petik “) di Command Prompt. Setelah itu cek bagian Default Gateway. Disini kamu sudah bisa tahu alamat IP router yang kamu pakai.

Masih di Command Prompt, ketikkan “ping” lalu tambahkan alamat IP router yang sebelumnya telah cek. Contoh penulisannya misalnya seperti ini: “ping 192.168.43.7” (tanpa “).

Setelah itu kamu akan melihat beberapa data yang ditampilkan di layar. Tapi fokus saja ke bagian “times”. Semakin kecil nilai times, maka koneksi internet kalian lebih cepat.

Untuk cek ping router ini tidak hanya bisa dilakukan sekali saja, tapi terus menerus. Caranya sangat mudah dimana kamu tinggal menambahkan -t di alamat IP. Misalnya seperti ini: ping 192.168.43.7 -t

Kalau kamu mendapatkan hasil yang bertuliskan “Destination host unreachable” dan “Request timed out”, kemungkinan koneksi internet kamu bermasalah. Jadi harus dipastikan jangan sampai ada kedua tulisan di atas jika ingin internetan stabil.

2. Cek Ping Jaringan Internet Provider

Kalau kalian pakai WiFi dari provider tertentu, kamu tetap bisa masih bisa melakukan pengecekan ping jaringan. Caranya bisa dilakukan baik di ponsel maupun komputer atau laptop. Cara cek di laptop bisa kalian simak tipsnya dibawah.

  • Buka Command Prompt (CMD) dengan cara tekan tombol logo Windows + R di keyboard.
  • Setelah itu ketikkan “cmd” tanpa tanda petik, lalu tekan Enter.
  • Setelah masuk CMD, silakkan ketikan “ping 8.8.89.8 -t” kemudian tekan Enter.

Hasil testing ini akan sama seperti cara yang sebelumnya. Sebaiknya kamu tetap fokus kepada bagian “times”. Semakin kecil angkanya, kecepatannya semakin bagus.

Kalau ada tulisan “Destination host unreachable” dan “Request timed out”, berarti internet provider kamu bermasalah.

Cek Ping Jaringan dengan Tools

Jika kalian melakukan pengecekan dengan CMD, otomatis hanya bisa dilakukan di laptop. Kalau kalian ingin tes jaringan internet di ponsel, tentu gak bisa pakai cara di atas.

Oleh karena itu kamu memerlukan tools. Meskipun hasilnya tidak selengkap dengan CMD, tapi cukup kalau hanya untuk sekedar cek ping jaringan. Kalian bisa gunakan tools di bawah ini untuk mengeceknya.

Speedtest

Tools pertama yang bisa kalian gunakan untuk melakukan ping test adalah Speedtest.  Caranya sangat mudah dimana kamu tinggal buka aplikasi browser di ponsel, kemudian ketikkan url https://www.speedtest.net/id

Selain dari browser, kamu juga bisa menggunakan tools ini dengan menggunakan aplikasi. Kamu bisa download aplikasi Speed Test ini di Google Play Store atau App Store.

Tools ini akan secara otomatis mendeteksi provider internet apa yang kamu gunakan. Kemudian langsung saja mulai pengetesan.

FAST

Selain Speedtest, kamu bisa cek ping jaringan dengan menggunakan tool bernama Fast. Tools ini tidak berbentuk aplikasi, sehingga kalian harus membukanya di browser.

Informasi yang ditampilkan oleh tools ini juga cukup lengkap. Tapi tetap kamu harus memperhatikan kecepatan yang kecil supaya bisa internetan dengan lancar.

Masih banyak tools yang bisa kalian gunakan untuk cek ping jaringan internet. Tapi kedua tools di atas juga sudah memberikan data yang akurat.

Demikianlah cara cek ping sinyal internet yang bisa kalian coba baik di ponsel maupun komputer. Kalau pakai ponsel, sebaiknya gunakan aplikasi Speedtest supaya lebih mudah dan cepat. Kalau kamu punya tips lainnya, tulis di kolom komentar ya.

Next Post

No more post