6 Cara Belajar TOEFL Otodidak Dan Gratis

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri sudah pasti harus memperoleh sertifikat TOEFL terlebih dahulu. TOEFL menjadi salah satu syarat untuk masuk kuliah ke luar negeri, bahkan dalam negeri. Lalu seperti apa cara belajar TOEFL otodidak?

Bagi kamu yang ingin kuliah ke luar negeri seperti Amerika, Eropa, dan Australia, TOEFL merupakan syarat utama. Ada tiga jenis tes TOEFL yaitu PBT (Paper-based Test), CBT (Computer-based Test), dan IBT (Internet-based Test).

Cara Belajar TOEFL Otodidak?

cara belajar TOEFL otodidak

Berikut ini telah Cecepkocep.com rangkum beberaap cara belajar TOEFL otodidak yang dapat kamu coba.

1. Meluangkan Banyak Waktu

Dari 24 jam yang kita miliki, kamu hanya perlu meluangkan 1 hingga 2 jam dalam sehari untuk belajar TOEFL. Kamu bisa menyesuaikannya dengan mood terbaikmu baik pagi, siang, atau malam.

Untuk mempelajari bahasa Asing itu perlu ketekunan dan penerapan secara terus menerus. Dengan belajar selama 2 jam sehari dan penuh konsentrasi akan membuat kemampuan bahasa asing kamu semakin terlatih dan terasah. Belajar TOEFL dalam semalam itu akan sulit, jadi sebaiknya konsisten saja.

Kamu dapat membuat jadwal yang berpola supaya lebih nyaman saat belajarnya. Misalnya satu atau dua hari pertama belajar Listening, kemudian di hari selanjutnya belajar Structure, Reading. Lalu di harus selanjutnya lagi belajar Writing.

Pada hari ketujuh kamu bisa melakukan penilaian sebagai bahan evaluasi. Kira-kira bagian mana yang harus kamu tingkatkan lagi hingga mendapatkan skor yang sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Perbedaan TOEFL ITP dan IBT, Harus Pilih Tes Mana?

2. Perbanyak Latihan Soal

Soal TOEFL bisa kamu dapatkan dari mana saja. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi belajar TOEFL gratis yang dapat kamu pelajari. Tidak hanya mempelajari soalnya saja, tapi juga materi TOEFL.

Dengan sering berlatih soal, kamu akan lebih mudah untuk mengerjakan TOEFL. Sesuaikan saja cara belajar kamu untuk belajar dan memilih sumber belajar yang sesuai dengan kenyamanan.

Selain dari aplikasi, kamu juga bisa belajar dari website tertentu yang khusus untuk belajar TOEFL. Bahkan kamu belajar dari buku belajar Bahasa Inggris TOEFL, salah satunya adalah Longman.

3. Perkaya Vocabulary Dengan Membaca

Kebanyakan orang bingung dari mana dulu harus belajar vocabulary atau kosa kata bahasa Inggris. Di awal kamu bisa membaca soal Reading terlebih dahulu. Jika ada kata yang tidak dimengerti segera untuk mencari artinya. Sehingga vocabulary kamu akan bertambah.

Kamu juga bisa memperbanyak vocabulary dengan membaca buku, majalah, atau konten sosmed yang bahasa Inggris. Pastikan untuk menyesuaikan isi kontennya dengan topik yang kamu sukai supaya tidak membosankan.

Misalnya kamu suka bola, kamu bisa baca-baca artikel atau konten sosial media yang membahas tentang bola.

Luangkan waktu sekitar 30 menit sehari untuk belajar membaca dan menambah vocabulary. Jangan hanya menghafal saja, tapi juga pahami artinya. Jika ada kata baru, sebaiknya langsung dipraktekkan supaya tidak cepat hilang dari ingatan.

Baca juga: Perbedaan TOEFL dan TOEIC, Testnya Susah Mana?

4. Biasakan Menulis Dengan Bahasa Inggris

Cara belajar TOEFL otodidak yang selanjutnya adalah dengan memulai kebiasaan menulis dengan memakai bahasa Inggris. Kamu bisa memulainya dengan menulis di buku harian, artikel, blog, atau sosial media.

Dengan begitu kamu akan terbiasa menulis dengan bahasa Inggris. Saat melakukan aktivitas ini, pastikan gunakan grammar yang benar dan periksa kesalahan pengejaannya.

Jangan malu untuk bertanya maupun meminta bantuan orang lain untuk memeriksa hasil tulisan kamu.

5. Sering Berbicara Dengan Diri Sendiri

Cobalah untuk berlatih speaking memakai bahasa Inggris dengan diri sendiri. Kamu bisa berbicara di depan kaca jika memang kamu sulit mempraktekannya dengan orang lain di rumah.

Cara seperti ini juga cukup efektif untuk meningkatkan percaya diri kamu saat berbicara pakai bahasa Inggris. Saat berlatih speaking, vocabulary yang telah kamu pelajari juga akan lebih mudah dihafal.

Jika kamu kesulitan dalam pengucapan kata-kata tertentu, teruslah berlatih hingga bisa mengucapkannya dengan benar. Untuk pronunciation guidance kamu bisa cek di International Phonetic Alphabet (IPA).

6. Menonton Film Berbahasa Inggris

Salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan adalah menonton film sambil bersantai. Tetapi menonton tidak hanya untuk refreshing, tapi juga bisa meningkatkan kemampuan listening kamu.

Cobalah untuk tidak menggunakan subtitle dan fokus dengan dialog yang ada. Sehingga kamu akan terbiasa dengan percakapan bahasa Inggris tanpa tergantung pada teks atau subtitle.

Menonton film bahasa Inggris juga dapat membantu kamu untuk memperbanyak vocabulary. Jika tujuannya untuk ini, kamu bisa menggunakan subtitle bahasa Inggris. Jika ada kata yang tidak dipahami, catat dan cari artinya.

Baca juga: Perbedaan TOEFL Dan IELTS Secara Komprehensif

Penutup

Itulah beberapa cara belajar Toefl otodidak yang dapat kamu coba. Kamu bisa belajar TOEFL dari nol gratis dengan cara di atas. Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan konsisten supaya hasilnya juga maksimal.

Cecep Suparman, founder website cecepkocep.com yang menyukai dunia teknologi dan mobile games. Mulai terjun ke dunia blogging tahun 2018 dan masih tetap eksis sampai sekarang.

You May Also Like