5 Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain – Salah satu aplikasi pemutar musik atau video yang cukup populer adalah YouTube. Aplikasi besutan Google ini menjadi salah satu pilihan untuk menemani aktivitas sehari-hari. Misalnya dengan mendengarkan musik atau menonton podcast.

Permasalahannya, music atau video yang kamu tonton di YouTube akan berhenti ketika membuka aplikasi lain. Secara tidak langsung, aktivitas kamu menjadi terganggu, bukan?

Umumnya, YouTube akan menutup sendiri ketika kamu menggunakan aplikasi lain. Namun bisa kok agar kamu tetap mendengarkan musik atau nonton podcast di YouTube sambil membuka aplikasi lain di HP. Mau tau caranya?

Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain
Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

Ada beberapa cara memutar YouTube di latar belakang sambil membuka aplikasi lain. Berikut telah Cecepkocep.com rangkum Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain.

1. Buka YouTube di Chrome

Cara agar YouTube tetap berjalan saat buka aplikasi lain yaitu dengan memanfaatkan Google Chrome. Cara ini sangat praktis karena kamu hanya perlu membuka aplikasi YouTube di aplikasi browser Google Chrome. Seperti apa caranya?

  1. Buka aplikasi Google Chrome terlebih dahulu.
  2. Buka situs YouTube di aplikasi browser tersebut.
  3. Search video yang akan kamu tonton dan putarlah.
  4. Setelah diputar, perbesar video menjadi Full Screen.
  5. Tap tombol Home dan YouTube akan berputar di layar belakang.

Cara putar YouTube di background ini bisa kamu lakukan di berbagai perangkat smartphone.

2. Manfaatkan Fitur Split Screen

Cara yang satu ini hanya akan bekerja kalau kamu menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android 7.0 (Nougat). Karena fitur split screen ini hanya terdapat pada OS versi tersebut.

Dengan fitur Split Screen ini, kamu bisa melakukan multitasking. Misalnya membuka dua aplikasi atau lebih. Seperti apa caranya?

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi YouTube
  2. Cari dan putar video yang ingin kamu tonton.
  3. Tap fitur Minimize.
  4. Di ujung atas sebelah kiri layar terdapat Split Screen.
  5. Tekan, tahan, dan geser aplikasi ke bagian yang telah kamu tentukan.
  6. YouTube sudah siap bersanding dengan aplikasi lainnya.

3. Manfaatkan Fitur Picture In Picture

Jika Android 7.0 ada fitur Split Screen, maka di Android 8.0 Oreo terdapat fitur Picture In Picture. Kedua fitur ini hampir mirip, hanya saja untuk Picture In Picture ini tidak membagi layar seperti di Split Screen. Video akan menjadi lebih kecil dan mengembang di layar.

Cara agar YouTube tetap berjalan saat buka aplikasi lain dengan memanfaatkan fitur Picture In Picture ini sangat mudah. Kamu tinggal putar video di YouTube, kemudian tekan menu home di smartphone. Maka video akan mengembang di layar.

Video yang ada di layar tersebut juga bisa kamu perbesar atau digeser sesuai dengan keinginan. Sangat mudah bukan?

4. Memakai Aplikasi YouTube yang Bisa Diputar Di Latar Belakang

Kamu bisa menggunakan aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang, salah satunya adalah YouTube Premium. Dengan fitur berbayar ini, kamu bisa mengakses video original di YouTube tanpa iklan. Selain itu kamu juga bisa menonton sambil menggunakan aplikasi lain.

Jika kamu sudah berlangganan YouTube Premium, kamu akan memperoleh akses fitur Minimize. Caranya yaitu dengan masuk ke pengaturan yang ada di profil YouTube kamu. Selanjutnya pilih bagian Background and Download. Lalu pilih Playback dan nyalakan mode Always On.

5. Convert Video Ke MP3

Cara agar YouTube tetap berjalan saat buka aplikasi lain yaitu dengan convert video ke MP3 terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama YMusic yang berfungsi untuk convert video ke MP3.

Jika bentuk filenya adalah MP3, seharusnya kamu bisa membuka aplikasi lain sementara audionya tetap berjalan.

Baca juga: Kenapa Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan?

Penutup

Demikianlah beberapa Cara agar YouTube tetap berjalan saat buka aplikasi lain yang bisa kamu coba. Cara yang paling simpel yaitu dengan menggunakan aplikasi YouTube Premium. Hanya saja aplikasi ini berbayar dimana kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp10 Ribu hingga Rp60 ribu per bulannya.