5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula yang Menguntungkan

Berperan sebagai mahasiswa tentu saja ingin memperoleh penghasilan tambahan agar tidak bergantung pada uang saku dari orang tua saja. Banyak peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu manfaatkan.

Beberapa bisnis tersebut tentu saja bisa kamu jalankan meskipun modal yang minim bahkan tanpa modal sama sekali. Namun untuk memperoleh keuntungan secara rutin, tentu kamu komitmen yang kuat. Terlebih kamu juga harus berjibaku dengan dunia perkuliahan.

Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Berikut ini cecepkocep.com berikan beberapa peluang bisnis untuk mahasiswa pemula yang bisa kamu mulai.

1. Menjual Buku Bekas

Buku-buku akademik tentu saja sangat dibutuhkan oleh mahasiswa untuk menunjang perkuliahan mereka. Hal ini bisa kamu jadikan peluang bisnis dengan menjual buku-buku bekas.

Potensi mereka untuk membeli buku-buku bekas sangat besar ketimbang harus beli buku baru karena harganya yang mahal. Terlebih kebanyakan mahasiswa juga lebih mementingkan fungsinya dibandingkan pada kondisi bukunya.

Kamu bisa memperoleh buku-buku bekas ini dari pengumpul buku atau kakak tingkat yang sudah tidak memerlukannya lagi. Setelah itu kamu tinggal menjualnya ke mahasiswa lain yang membutuhkan.

2. Bisnis Pulsa dan Paket Data

Sekarang smartphone menjadi perangkat yang dibutuhkan oleh sebagian besar orang, termasuk juga mahasiswa. Mereka juga memerlukan perangkat ini yang fungsinya tidak hanya untuk berkomunikasi saja. Namun juga untuk menunjang perkuliahan lainnya.

Biasanya mereka akan menggunakan smartphone untuk mencari berbagai referensi seperti jurnal atau ebook. Untuk menjalankan tugas tersebut, mereka tentu memerlukan data internet. Kebutuhan akan data internet atau pulsa ini bisa kamu jadikan peluang bisnis.

Berjualan pulsa dan paket data di kalangan mahasiswa tergolong menguntungkan. Apalagi kalau kamu punya relasi pertemanan yang sangat luas. Meskipun tidak setiap hari ada yang beli, namun keuntungannya cukup untuk menunjang kebutuhan kuliah kamu.

3. Jasa Penerjemah

Kalau kamu kuliah di jurusan sastra asing, terutama bahasa Inggris bisa menjual kemampuanmu itu dengan menjadi penerjemah. Sebenarnya tidak hanya khusus jurusan sastra asing saja, kalau kamu memang jago bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya bisa menjadi seorang penerjemah.

Menariknya lagi, kamu tidak perlu modal sama sekali untuk menjadi seorang penerjemah. Karena sebagai seorang mahasiswa, perangkat laptop dan koneksi internet pasti sudah memilikinya.

Untuk mencari pekerjaannya, kamu bisa memanfaatkan beberapa situs freelance seperti Project.co.id, Sribulancer, Fiver, dan sebagainya. Setelah memperoleh klien, pastikan untuk mengerjakan tugasnya dengan baik.

4. Jualan Online

Sekarang untuk jualan tidak terlalu sulit karena kamu tidak harus punya produk sendiri untuk mulai jualan. Ya, kamu bisa berjualan dengan menggunakan sistem dropship yakni dengan menjual produk orang lain. Tugas kamu tinggal cari konsumen saja, masalah packing biar supplier yang urus.

Untuk jualannya sendiri, kamu bisa memanfaatkan platform yang ada seperti sosial media dan marketplace. Namun kami sarankan untuk fokus ke satu platform saja seperti Instagram atau marketplace Shopee saja.

Kalau harus menggunakan banyak platform, nantinya kamu akan kelabakan sendiri. Apalagi kamu harus kuliah yang tentu saja akan ada banyak tugas dari dosen dan kegiatan kampus lainnya.

5. Bimbingan Belajar

Kalau kamu punya basic di bidang mengajar, kamu bisa membuka usaha les-lesan. Kamu bisa mengajar anak-anak SD, SMP, SMA yang bisa disesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Bahkan bimbingan belajar sesama mahasiswa juga sangat terbuka lebar.

Tidak hanya bidang akademis saja yang bisa kamu ajarkan ke orang lain, namun juga skill yang kamu miliki. Misalnya kalau kamu punya skill bermain gitar, vokal, dan sejenisnya juga bisa membuka bimbingan belajar. Keahlian-keahlian tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Kamu juga bisa membuka les privat yang hanya terbuka untuk beberapa orang saja. Karena banyak orang tua yang ingin anaknya pintar di satu bidang tertentu atau di bidang akademis. Jadi nantinya kamu harus datang ke rumah orang tua tersebut untuk membimbing anak tersebut.

Baca juga: Bisnis Online Makanan Kekinian 2021 Modal Minim

Penutup

Itulah beberapa peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh uang tambahan. Meskipun sifatnya sampingan, namun bila kamu lakukan dengan serius tentu saja akan memperoleh keuntungan secara rutin. Keuntungan tersebut tentu saja bisa menunjang perkuliahan kamu nantinya.

Leave a Comment