5 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Pabrik Dengan Modal Kecil

Bekerja sebagai karyawan pabrik memang melelahkan karena jam kerjanya yang panjang. Gaji karyawan pabrik memang relatif lebih besar, namun tak sedikit juga yang berstatus kontrak atau outsourcing dengan gaji yang kecil. Sehingga perlu merintis bisnis sampingan karyawan pabrik.

Terlebih lagi, menjadi karyawan kontrak dan outsourcing hanya dikontrak selama jangka waktu tertentu dengan upah yang disepakati. Bahkan mereka juga tidak akan mendapatkan tunjangan yang sangat penting untuk melengkapi pendapatan.

Ide Bisnis Sampingan Karyawan Pabrik yang Menguntungkan

Sebelumnya perlu kamu ketahui kalau tidak semua usaha sampingan karyawan ini bisa dilakukan. Karena kamu harus berjibaku dengan waktu kerja dan panjang dan melelahkan. Belum lagi peraturan pabrik yang tergolong sangat ketat.

Namun masih ada juga beberapa usaha sampingan yang sangat cocok dilakukan oleh karyawan pabrik. Usaha sampingan tersebut tidak memerlukan waktu yang banyak dan effort kerja yang besar.

Berikut ini cecepkocep.com rangkum beberapa usaha sampingan karyawan shift atau pabrik yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Jualan Pulsa

Jualan pulsa bisa menjadi bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk kamu sebagai karyawan pabrik. Bisnis ini sangat fleksibel dan tidak perlu memiliki waktu yang lama. Modal utama yang diperlukan hanyalah ponsel dan modal berupa saldo pulsa.

Terdapat dua jenis pulsa yang sekarang banyak dibutuhkan oleh kebanyakan orang yaitu pulsa telepon dan pulsa listrik atau token. Keduanya sama-sama laris dan banyak dicari banyak orang.

Untuk memasarkannya, kamu cukup menginformasikan teman-teman terdekat pabrik bahwa kamu menyediakan pulsa. Nantinya informasi tersebut akan menyebar dari mulut ke mulut. Sehingga seiring berjalannya waktu akan ada saja orang yang beli.

Di awal kamu tidak perlu stok pulsa yang terlalu besar karena di awal pelanggan kamu masih sangat sedikit. Jika memang pelanggannya sudah banyak, kamu bisa stok pulsa dengan jumlah yang banyak.

2. Dropshiper

Menjadi dropshipper juga sangat cocok bagi mereka yang punya waktu terbatas, termasuk karyawan pabrik. Pasalnya usaha sampingan ini dilakukan secara online.

Dropship sendiri merupakan kegiatan menjual produk supplier tanpa harus stok barang terlebih dahulu. Jadi tugas kamu adalah mencari konsumen, sementara untuk masalah packing barang serahkan saja ke pihak supplier.

Untuk mencari konsumen tersebut akan lebih mudah jika dilakukan secara online. Misalnya di berbagai perangkat media sosial seperti Facebook dan Instagram. Atau kamu juga bisa menjual produk supplier di Marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

Menariknya lagi, kamu tidak butuh modal yang besar untuk memulai bisnis dropship. Dengan modal Rp100 ribuan saja kamu sudah bisa mendaftar menjadi dropshipper dengan produk yang beragam.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula yang Menguntungkan

3. YouTuber

Meskipun menjadi karyawan pabrik, tapi kenapa tidak untuk menjadi seorang YouTuber?

Sepulang kerja kamu bisa membuat konten video kemudian langsung menguploadnya ke YouTube. Membuat konten juga bisa kamu lakukan di waktu senggang lainnya seperti libur weekend.

Supaya lebih cepat untuk memperoleh 1000 subscriber, kamu perlu posting konten secara rutin. Jika sudah mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, channel YouTube kamu sudah bisa dimonetisasi dengan Google Adsense.

Untuk menjadi YouTuber kamu tidak memerlukan peralatan yang canggih. Dengan menggunakan smartphone saja atau rekaman layar laptop/smartphone juga bisa. Jika memang sudah menghasilkan, kamu bisa upgrade perangkat tersebut ke yang lebih canggih.

4. Menjadi Blogger

Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang punya kemampuan menulis. Tapi kalau kamu belum punya skill ini juga bisa memulai bisnis ini meskipun harus dengan perjuangan yang besar. Karena untuk pemula menulis satu paragraf saja sangat sulit.

Proses pembuatan konten bisa kamu lakukan setelah pulang dari tempat kerja atau di libur akhir pekan. Setelah blog kamu sudah memiliki banyak pengunjung, kamu bisa monetisasi dan memasang iklan.

Semakin ramai pengunjung blog, potensi untuk meraup keuntungan menjadi lebih besar. Namun untuk bisa mencapai titik tersebut tidak mudah karena kamu butuh kerja keras dan kesabaran.

Baca juga: Bisnis Online Makanan Kekinian Modal Minim

5. Jual Foto

Khusus untuk kamu yang hobi foto-foto, jangan sia-siakan hobimu tersebut. Karena hasil jepretan kamu bisa dijual dan menghasilkan pendapatan. Terlebih lagi kamu tidak perlu kamera yang bagus-bagus amat untuk menjual foto tersebut.

Sekarang sudah banyak smartphone yang telah dilengkapi dengan kamera yang canggih. Jadi gunakan saja foto tersebut untuk foto-foto tanaman ataupun pemandangan alam. Setelah itu kamu menjualnya ke microstock seperti Shutterstock.

Anda bisa mendapatkan foto-foto setelah pulang kerja atau ketika berlibur di akhir pekan. Pastikan untuk menghasilkan foto yang bagus supaya banyak orang yang beli.

Itulah beberapa bisnis untuk karyawan pabrik yang bisa kamu pertimbangkan. Kelima pekerjaan tersebut bisa disesuaikan dengan waktu kerja kamu dan tidak menguras tenaga yang besar. Sehingga kamu bisa melakukannya sepulang kerja sambil melepas lelah.

Leave a Comment