Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran UGM Sampai Lulus

Salah satu universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan kedokteran adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Biaya kuliah kedokteran UGM kurang lebih sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya.

UGM memiliki fakultas Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan yang di dalamnya terdapat tiga program studi atau jurusan. Ketiga jurusan itu adalah Studi Kedokteran, Program Studi Ilmu Keperawatan, dan Program Studi Gizi dan Kesehatan.

Berapa Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran UGM?

Untuk kamu yang mencari referensi besaran biaya kuliah kedokteran UGM, sekarang kamu berada di website yang tepat. Ya, Cecepkocep akan memberikan gambaran mengenai biaya kuliah di jurusan kedokteran UGM. Simak ulasannya berikut ini.

1. Jenis Biaya Kuliah yang Diterapkan

UGM menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), bukan BOP (Biaya Operasional Pendidikan). Untuk beberapa PTN di Indonesia juga ada yang menggunakan sistem BOP.

Karena menggunakan sistem UKT, maka perhitungannya berdasarkan prinsip keadilan yang diklasifikasikan ke dalam beberapa golongan. Dengan begitu, biaya kuliah per semesternya akan ditentukan berdasarkan kemampuan keluarga mahasiswa.

2. Besaran Biaya UKT

Program Studi Kedokteran UGM dikelompokan ke dalam delapan golongan berdasarkan pendapatan orang tua mahasiswanya. Dilansir dari Kompas, berikut ini adalah biaya UKT yang harus dibayarkan oleh setiap mahasiswanya.

  • UKT 1 (penghasilan kurang dari Rp 500.000): biaya kuliah Rp 500.000
  • ¬†UKT 2 (penghasilan antara Rp 600.000 – Rp 2.000.000): biaya kuliah Rp 1.000.000.
  • UKT 3 (penghasilan antara Rp 2.000.000 – Rp 3.500.000): biaya kuliah Rp 7.250.000.
  • UKT 4 (penghasilan antara Rp 3.500.000 – Rp 5.000.000): biaya kuliah Rp 10.875.000.
  • UKT 5 (penghasilan antara Rp 6.000.000 – Rp 10.000.000): biaya kuliah Rp 14.500.000.
  • UKT 6 (penghasilan antara Rp 10.000.000 – Rp 20.000.000): biaya kuliah Rp 18.125.000.
  • UKT 7 (penghasilan antara Rp 20.000.000 – Rp 30.000.000): biaya kuliah Rp 22.500.000.
  • UKT 8 (penghasilan lebih dari Rp 30.000.000): biaya kuliah Rp 26.000.000.

3. Jalur Masuk Kuliah

Menentukan jurusan kuliah kedokteran UGM juga bisa dilihat dari jalur masuk kampusnya. Kalau kamu bisa masuk jurusan Kedokteran Umum UGM dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN, maka kamu bisa termasuk ke dalam golongan bawah untuk biaya per semesternya (UKT).

Namun kalau kamu masuk dengan jalur Mandiri, biasanya kamu akan ditempatkan ke dalam UKT kelas tinggi. Sehingga untuk memperoleh biaya sekolah kedokteran termurah akan semakin sulit.

Selain itu, pada beberapa PTN akan mengenakan biaya awal masuk atau uang sumbangan pada calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran dengan jalur Mandiri. Jadi untuk memangkas biaya kuliahnya, sebisa mungkin untuk masuk melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN

4. Biaya Pendukung Lainnya

UKT dan Uang Pangkal (khusus Jalur Mandiri) merupakan biaya kuliah kedokteran yang paling utama. UKT harus kamu bayarkan per semesternya, sementara uang pangkal dilakukan di awal saja.

Selama perkuliahan kamu harus mengeluarkan biaya pendukung untuk menunjang kuliah kamu. Misalnya kamu harus membayar biaya pengalaman praktik internship, keilmuan, dan keterampilan. Besaran biaya pendukung ini untuk setiap kampus juga berbeda-beda.

Baca juga: Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran UI

5. Durasi Kuliahnya

Tidak semua mahasiswa bisa beruntung untuk lulus tepat waktu dengan waktu standar 4 tahun. Karena banyak juga mahasiswa yang butuh waktu dari itu untuk memperoleh gelar sarjana.

Kamu tentu saja harus membayar UKT per semesternya jika tidak lulus tepat waktu. Biaya yang diperlukan untuk kebutuhan hidup juga akan semakin bertambah jika menambah semester.

Meskipun lulus tepat waktu 4 tahun, kamu juga harus menjalani program profesi atau KAOS. Kemudian juga harus mengikuti uji sertifikasi dan melakukan internship untuk dapat Surat Tanda Registrasi (STR).

Untuk bisa sampai memperoleh STR dan jadi dokter itu kamu perlu waktu sekitar 1,5 hingga 3 tahun. Kalau kamu bisa lulus kuliah tepat waktu, tentu semakin cepat untuk dapat STR dan biaya yang kamu keluarkan tidak akan lebih besar.

Bila kamu perhatikan penjelasan kami di atas, tidak ada angka pasti berapa biaya kuliah kedokteran yang harus kamu keluarkan. Karena biaya pendidikannya tergantung dari kemampuan orang tua kamu.

Untuk memangkas biayanya, kamu bisa mengikuti program beasiswa kedokteran UGM. Sehingga biaya yang akan kamu keluarkan tidak akan terlalu besar.

Perlu kamu ketahui juga kalau perkiraan biaya yang kami jelaskan di atas hanya berlaku untuk program sarjana atau S1 dan hanya untuk jurusan Kedokteran Umum saja.

Mungkin untuk jurusan kedokteran spesialis seperti spesial Gigi atau Hewan akan lebih mahal lagi. Bahkan untuk program pascasarjana mungkin juga akan lebih mahal atau justru lebih murah.

Itulah rincian biaya kuliah kedokteran UGM yang bisa kamu jadikan referensi. Untuk bisa masuk jurusan kedokteran, kamu tentu saja tidak memerlukan biaya saja, tapi kemampuan kamu juga harus mendukung supaya bisa menjalani perkuliahan dengan baik.

Leave a Comment