Nama Bagian Bagian Sepatu dan Fungsinya

Nama Bagian Bagian Sepatu dan Fungsinya
Nama Bagian Bagian Sepatu dan Fungsinya

Banyak orang yang tidak tahu nama bagian bagian sepatu dan fungsinya, padahal mengetahui bagian sepatu ini sangat krusial. Kebanyakan dari kita hanya melihatnya sebagai penutup kaki biasa.

Namun dibalik penampilannya yang sederhana maupun mewah, sepatu terdiri dari beragai komponen yang masing-masing memiliki peranannya masing-masing. Ingin tahu lebih lengkap nama nama bagian sepatu? Simak artikelnya sampai selesai!

Nama Bagian Bagian Sepatu dan Fungsinya

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya mengenai nama nama bagian sepatu yang perlu kamu ketahui. Nama bagian sepatu yang kami jelaskan di bawah bersifat umum yang dipakai untuk sepatu lifestyle dan sepatu olahraga.

Bagian Upper Sepatu

Bagian Upper Sepatu
Bagian Upper Sepatu

Bagian upper sepatu ini ini menyelimuti seluruh permukaan kaki mulai dari jari-jari, punggung, hingga samping kaki. Berikut ini adalah komponen-komponen yang terdapat pada bagian atas sepatu.

1. Lidah (Tongue)

Pada bagian upper sepatu, tepatnya di balik tali sepatu, terdapat komponen yang mirip seperti lidah. Bagian lidah sepatu ini biasanya empuk demi kenyamanan penggunanya. Namun ada juga beberapa jenis sepatu yang lidahnya itu tidak empuk.

Fungsi dari lidah sepatu ini yaitu sebagai peredam kencangnya tali sepatu. Dengan begitu penggunanya bisa tetap nyaman meskipun kita mengikatnya secara erat.

2. Lubang Tali Sepatu (Eyestay)

Lubang tali sepatu adalah sebagai tempat untuk tali sepatu saling mengikat. Lubang-lubang ini akan menentukan tingkat kekencangan tali sepatu secara merata.

Lubang tali sepatu ini tidak terdapat pada sepatu sneakers tanpa tali alias slip on. Hampir semua jenis lari dari berbagai merk memiliki lubang tali sepatu karena perannya sangat penting demi keamanan dan kenyamanan penggunanya.

3. Lace Sepatu (Shoe Lace)

Kita sering menyebut lace ini sebagai tali sepatu yang berperan penting untuk mengencangkan sepatu agar nyaman saat digunakan.

4. Toe Box

Bagian sepatu yang selanjutnya adalah toe box yang letaknya berada di depan ujung sepatu. Bagian sepatu ini biasanya terbuat dari bahan rubber atau suede.

Pada toe box ini juga biasanya terdapat titik lubang sebagai sirkulasi udara. Namun keberadaan sirkulasi pada bagian toe box ini tergantung dari jenis sepatunya. Pada kebanyakan sepatu lari terdapat sirkulasi supaya saat digunakan bagian kaki tidak panas.

5. Kerah Sepatu (Collar)

Bagian bagian sepatu ini disebut sebagai kerah karena bentuk dan fungsinya hampir mirip seperti kerah pada baju. Ya, pada sepatu, collar ini berfungsi untuk menutupi mata kaki kita. Bagian ini berada di belakang kaki kita.

6. Heel Counter

Bagian ini berada pada bagian belakang sepatu yang berfungsi untuk menyangga dan menutupi tumit kita.

Bagian Bottom Sepatu

Bagian Outsole Sepatu
Bagian Outsole Sepatu

Bagian bottom sepatu adalah bagian alas kaki atau bagian bawah dari sepatu. Bagian bottom sepatu ini terdiri dari insole, midsole, dan outsole. Bagian ini banyak disebut juga dengan istilah bagian sole. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai insole, midsole, dan outsole.

7. Bagian Insole Sepatu

Bagian insole sepatu berada di dalam sepatu yang melingkar sesuai dengan ukuran telapak kaki kita. Nomor pada sepatu biasanya ditentukan oleh ukuran pada bagian insolenya.

Fungsi dari insole sepatu ini adalah untuk meredam beban tubuh sehingga bisa nyaman digunakan.

Bagian insole sepatu ini ada yang bisa dilepas dan tidak. Pada kebanyakan sepatu olahraga bagian insole ini bisa dilepas dan bisa diganti jika sudah rusak.

8. Bagian Midsole Sepatu

Bagian sepatu yang selanjutnya adalah midsole yang letaknya berada diantara outsole dan insole. Sebagian besar jenis sepatu lari memiliki bagian midsole yang bisa menambah kenyaman penggunanya. Bahkan bagian midsole ini lebih empuk dibandingkan dengan bagian outsole sepatu.

Bagian midsole sepatu juga diterapkan berbagai teknologi-teknologi tertentu supaya bisa meredam tekanan yang dihasilkan ketika berlari. Misalnya pada sepatu lari Hoka X2 yang menggunakan midsole foam PEBA dual density yang ultra responsif. Setiap brand memiliki teknologi yang berbeda-beda.

9. Bagian Outsole Sepatu

Bagian paling bawah dari sepatu disebut dengan outsole. Bagian outsole sepatu ini bergesekan langsung dengan tanah dan berperan supaya sepatu yang kita pijakan itu tidak licin.

Baca juga: Perbedaan Insole dan Outsole Sepatu

Penutup

Demikianlah nama bagian bagian sepatu dan fungsinya yang perlu kamu ketahui. Jadi secara umum bagian sepatu ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian upper dan bagian bottom sepatu.

You May Also Like