Apa Itu PTS? Ini 4 Fakta yang Harus Diketahu Tentang PTS

Apa itu PTS? – Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan pasti tidak akan asing lagi dengan istilah PTS. Banyak yang menganggap kalau kuliah di PTS itu biayanya sangat mahal. Benarkah demikian?

Kebanyakan PTS memang menawarkan biaya kuliah yang relatif mahal dibandingkan dengan PTN. Tentu ada alasannya kenapa kuliah di PTN itu mahal, namun dari sisi kualitas pendidikan sama bagusnya dengan PTN.

Apa Itu PTS?

Apa Itu PTS
Apa Itu PTS

PTS adalah singkatan dari Perguruan Tinggi Swasta dimana perguruan tinggi ini diselenggarakan oleh pihak swasta atau masyarakat. Berbeda dengan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Biasanya banyak calon mahasiswa yang menjadikan PTS ini sebagai tujuan kedua setelah PTN. Padahal dari sisi kualitas, banyak PTS yang layak disandingkan dengan PTN.

Fakta Seputar PTS

Ada beberapa fakta yang harus kamu ketahui seputar PTS selain biaya kuliahnya yang mahal. Berikut ini telah Cecepkocep.com rangkum fakta-fakta seputar PTS.

1. Kualitas Pendidikan

Kualitas pendidikan yang dimiliki oleh kampus-kampus swasta juga sangat bagus karena setiap kampus punya golongan akreditasinya masing-masing. Hal yang sama juga berlaku untuk program studi atau jurusan kuliahnya.

PTS yang terakreditasi B tentu saja akan lebih bagus dibandingkan dengan PTN yang terakreditasi C. Hanya saja kalau di PTN, semakin bagus akreditasinya, tingkat persaingannya sangat tinggi.

PTS adalah lembaga yang diselenggarakan oleh swasta atau masyarakat,  sehingga tidak membatasi jumlah mahasiswa yang masuk. Berbeda dengan PTN dimana jumlah mahasiswa yang masuk itu dibatasi.

Tenaga pengajar atau dosen yang dimiliki oleh kampus-kampus swasta juga berkualitas. Karena setiap PTS juga punya standar tertentu untuk para tenaga pengajarnya.

2. Biaya Pendidikan Mahal

Karena PTS diselenggarakan oleh pihak swasta, maka sarana dan prasarananya tidak memperoleh anggaran dari negara. Berbeda dengan PTN dimana kampus ini akan memperoleh biaya dari Kemenristekdikti.

Tidak mengherankan kalau biaya kuliah di kampus-kampus swasta itu relatif mahal. Karena kampus ini membangun sarana dan prasarananya tidak dibantu oleh pemerintah.

Untuk membangun keduanya, pihak kampus akan membebankannya pada mahasiswa. Sehingga biaya kuliah di kampus swasta akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan di negeri.

3. Peluang Kerja

Prospek Kerja Programmer
Prospek Kerja Programmer

Perusahaan tidak memandang dari manakah calon karyawannya itu berasal. Mereka tidak akan melihat apakah dari PTS maupun PTS. Selama sesuai dengan klasifikasi maka akan diterima di perusahaannya.

PTS maupun PTN bukan acuan mutlak untuk mencari pekerjaan, sehingga peluang kerjanya sama-sama saja. Namun biasanya perusahaan menilai calon pekerjanya berdasarkan akreditas kampusnya. Kami sarankan pilihlah PTS minimal akreditasinya B.

Untuk PTN, sekarang telah banyak yang telah memperoleh akreditasi, bahkan A. Berbeda dengan PTS dimana masih sedikit yang mendapatkan akreditasi B, apalagi akreditasi A. Jadi kamu harus lebih selektif saat ini kuliah di kampus swasta.

Salah satu keunggulan dari PTS adalah ada beberapa yang sudah menjalin kerja sama dengan pihak perusahaan. Bahkan ada yang sudah bekerja sama dengan perusahaan yang ada di luar negeri. Kami sarankan untuk memilih seperti ini jika ingin kuliah di PTS.

PTS yang telah menjalin kerja sama dengan perusahaan biasanya akan lebih mudah untuk memperoleh pekerjaan. Namun tentu saja kamu harus punya record yang bagus selama kuliah supaya potensi langsung bekerja menjadi lebih besar.

4. Mudah Diterima

Karena pihak PTS tidak membatasi mahasiswa yang masuk, maka siapapun bisa dengan mudah untuk kuliah di kampus ini. Selama kamu sanggup membayar biaya kuliahnya hingga tuntas, kamu sudah bisa kuliah di kampus swasta.

Tapi ada juga beberapa PTS yang menyaring mahasiswa barunya seperti dengan wawancara, psikotes, TOEFL, dan kemampuan dasar lainnya. Hanya saja tingkat persaingannya tidak seketat di PTN. Setiap tahunnya pendaftaran PTS juga biasanya akan dibagi-bagi ke dalam beberapa gelombang.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu PTS dan perbedaannya dengan PTN. Karena tidak mendapatkan dukungan dana dari pemerintah, tidak heran kalau kuliah di swasta itu mahal dibandingkan di negeri. Semoga bermanfaat.

Cecep Suparman, founder website cecepkocep.com yang menyukai dunia teknologi dan mobile games. Mulai terjun ke dunia blogging tahun 2018 dan masih tetap eksis sampai sekarang.

You May Also Like