Apa Itu PTN dan PTS Serta Apa Perbedaannya?

Sebagian besar siswa tentu saja ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi setelah lulus sekolah menengah atas. Kamu bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (TPS). Apa itu PTN dan PTS dan apa yang membedakan kedua perguruan tinggi tersebut?

Apa Itu PTS dan PTN?

PTS adalah perguruan tinggi yang didirikan atau diselenggarakan oleh pihak swasta atau masyarakat. Sementara PTN didirikan oleh pemerintah. Karena diselenggarakan langsung oleh pemerintah, banyak yang menganggap kalau kuliah di PTN itu relatif lebih murah dibandingkan swasta.

Tak heran jika PTS ini sering dijadikan pilihan kedua atau pelarian oleh calon mahasiswa yang gagal masuk PTN. Jika mereka gagal masuk PTN, banyak dari mereka yang lebih memilih kuliah di PTS.

Perbedaan PTN dan PTS

1. Kualitas Pendidikan

Jika dibandingkan, PTN maupun PTS memiliki kualitas pendidikan yang tidak begitu berbeda. Karena setiap lembaga pendidikan memiliki golongan akreditasinya masing-masing. Bahkan akreditasi ini juga berlaku untuk tingkat program studi.

Jadi, jika kamu menganggap jika ada PTS dengan akreditasi B lebih bagus bagus dari PTN yang terakreditasi C. Hal yang sama juga terjadi untuk program studi atau jurusan.

Biasanya, semakin baik akreditasi dari lembaga pendidikan maka tingkat persaingan juga akan semakin tinggi. Dari sinilah banyak yang menganggap kalau PTN lebih berkualitas dibandingkan dengan PTS.

PTN ini akan lebih bergantung pada pemerintah, dalam hal ini anggaran dari Kemenristekdikti. Sementara PTS memiliki keleluasaan yang lebih besar untuk menyediakan fasilitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk mahasiswanya. Inilah yang menjadi keunggulan PTS dibanding PTN.

Jadi jangan heran kalau kamu mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri itu tingkat persaingannya sangat tinggi. Karena setiap jurusan dari PTN itu membatasi mahasiswa baru meskipun akreditasinya sudah bagus.

Sementara untuk perguruan tinggi negeri swasta tidak dibatasi untuk jumlah mahasiswa barunya. Meskipun akreditasinya sama dengan jurusan yang kamu pilih di PTN, PTS biasanya PTS akan tetap menerima mahasiswa barunya.

Lalu bagaimana untuk tenaga pengajarnya atau dosen?

Kita tidak bisa mengklaim bahwa dosen di PTN jauh lebih baik dibandingkan dengan dosen di PTS. Hanya saja penerimaan dan kualitas dosen di PTN memiliki standar yang lebih detail dibandingkan dengan PTS.

Tapi, PTS yang ingin mempertahankan kualitas pengajarnya tentu akan memberikan standar yang sama untuk penerimaan dosen. Jadi, kamu harus lebih selektif ketika akan kuliah di PTS, terutama dari sisi kualitas pengajarnya.

2. Peluang Kerja

Perusahaan tidak memiliki persyaratan khusus tentang calon pekerjanya harus dari PTN maupun PTS. Perusahaan lebih menilai pada calon pekerja yang lulus dari kampus terakreditasi minimal B. Tapi sebagian besar perusahaan lebih menyukai calon pekerja dari PTN dibandingkan PTS.

Alasannya, karena sebagian besar perguruan tinggi negeri sudah mendapatkan akreditasi A. Sementara untuk kampus PTS yang memiliki akreditasi A masih terbatas.

Tapi bukan berarti lulusan PTS tidak memiliki peluang kerja karena setiap perusahaan juga memiliki parameter lain. PTS yang baik biasanya akan memiliki kerjasama yang sangat baik dengan para alumni, perusahaan swasta malupun organisasi di luar kampus.

Jika PTS sudah melakukan hal tersebut, kemungkinan besar lulusannya bisa lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan hal itu jauh lebih baik dengan PTN berakreditasi B yang sama sekali tidak menjalin kerjasama.

Parameter lainnya adalah kualitas dari masing-masing individu. Meskipun kamu kuliah di PTN dengan akreditasi A, tapi kalau kuliatas kamu biasa-biasa saja juga sulit mendapatkan pekerjaan. Jadi, mau kuliah di PTS maupun PTN, pastikan kamu juga memiliki kualitas yang bagus sehingga layak bekerja di perusahaan.

3. Biaya Pendidikan

Tak bisa dipungkiri jika banyak orang yang menganggap kalau kuliah di PTS itu jauh lebih mahal ketimbang PTN. Seperti sudah saya jelaskan di awal, bahwa PTS diselenggarakan oleh pihak swasta atau pemerintah. Sehingga segala sarana dan prasarana di PTS tidak mendapatkan anggaran dari negara.

Sementara itu, PTN akan mendapatkan biaya dari Kemenristekdikti dan mekanisme pembayarannya telah diatur. Selain itu, mahasiswa PTN juga akan lebih mudah untuk mendapatkan biaya pendidikan atau beasiswa dari pemerintah.

Menurut saya pribadi, kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta tidak ada bedanya. Yang paling penting itu bukan status kampusnya, tapi kualitas kamu sendiri. Percuma saja kamu kuliah di universitas terbaik di Indonesia kalau kualitas kamu masih di bawah rata-rata.

Dari uraian di atas kamu sudah tahu apa itu PTN dan PTS beserta perbedaannya. Semoga saja bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Kuliah di kampus PTN maupun PTS tidak masalah selama kamu memiliki kualitas yang lebih baik dari yang lain.

Leave a Comment