Apa Itu PTN BH? Simak Kelebihan Dan Kekurangan PTN-BH

Apa Itu PTN BH ? PTN BH adalah Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Secara lebih detailnya, PTN BH ini didirikan oleh pemerintah dengan status sebagai badan hukum otonom. Penetapan PTN BH ini telah diatur oleh peraturan pemerintah.

Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2013 yang di dalamnya berisi PTN BH. Meskipun diatur langsung oleh pemerintah, namun tetap saja PTN BH ini mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Daftar PTN BH

Apa Itu PTN BHDilansir dari Kompas.com, berikut ini adalah daftar kampus PTN BH.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  4. University Universitas Gadjah Mada (UGM)
  5. Universitas Indonesia (UI)
  6. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  7. Universitas Airlangga (Unair)
  8. Universitas Diponegoro (Undip)
  9. Universitas Sumatera Utara (USU)
  10. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  11. Universitas Hasanuddin (Unhas)
  12. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  13. Universitas Andalas (Unand)
  14. Universitas Brawijaya (UB)
  15. Universitas Negeri Malang (UM)

Kelebihan Dan Kekurangan PTN-BH

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari Dunia Dosen, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan PTN-BH.

Kelebihan PTN BH

  • PTN BH Bisa Mengelola Rumah Tangganya Sendiri

Salah satu kelebihan PTN BH adalah PTN bisa dengan mandiri mengelola rumah tangganya sendiri sesuai dengan tujuannya. Dengan begitu, Perguruan Tinggi Negeri seharusnya bisa lebih cepat berkembang dan tetap terus bisa melakukan inovasi. Karena PTN yang berbadan hukum mempunyai otonom yang lebih luas.

Misalnya, PTN yang berstatus PTN BH bisa membuka jurusan atau program studi baru. Bahkan PTN bisa menutupnya jika memang tidak diperlukan dan prospek ke depannya tidak bagus. Cakupan PTN BH ini juga berlaku dalam sistem keuangan maupun kepegawaian.

  • Memiliki Keterbukaan dan Kemampuan Menyajikan Informasi Relevan

Kelebihan PTN BH yang lainnya adalah mempunyai keterbukaan dan kemampuan dalam menyajikan informasi yang relevan. Informasi tersebut harus disajikan secara tepat waktu sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

PTN yang ingin menjadi PTN BH harus mempunyai perubahan yang meningkat baik dari sisi reputasi maupun kualitas. Hal tersebut berlaku baik secara institusi, sumber daya, maupun lulusannya. Karena tujuan awal dari PTN BH ini adalah meningkatkan kualitas.

Kelemahan PTN BH

  • Pemerintah Akan Mengurangi Dana Subsidi PTN BH

Dibalik kelebihannya tersebut, PTN dengan status PTN BH juga mempunyai kelemahannya. Salah satunya adalah pemerintah akan mengurangi dana subsidi PTN. Namun PTN BH akan diberikan keleluasaan untuk mencari dana tambahan dari pihak swasta.

Jika telah melakukan kerja sama dengan pihak swasta, maka PTN BH harus mau dimasuki oleh korporasi. Misalnya mendirikan bangunan yang seharusnya tidak ada seperti restoran cepat saja atau bangunan lainnya.

Pihak swasta juga akan mempunyai pengaruh dalam pengambilan keputusan yang dikeluarkan oleh pihak kampus. Pengaruh dari pihak swasta tersebut tentu saja supaya sesuai dengan motif ekonominya.

  • Biaya Kuliah Lebih Mahal

Kelemahan PTN BH yang selanjutnya adalah akan adanya peningkatan biaya kuliah. Dengan begitu PTN BH tidak akan berpihak lagi pada masyarakat golongan menengah ke bawah yang ingin berpendidikan tinggi. PTN BH cenderung condong pada masyarakat kelas menengah ke atas.

Meskipun begitu, tentu ada alasan lain kenapa PTN BH menaikan tarif biaya pendidikannya. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kualitas kampusnya.

  • Berpotensi Dimanfaatkan Oleh Pihak Tak Bertanggung Jawab

Karena pengelolaan keuangan PTN BH ini dilakukan secara mandiri, maka akan ada potensi yang berbahaya. Salah satunya adalah bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan pribadinya.

Efeknya, semua akan berlomba-lomba untuk menjadi petinggi di PTN BH yang tujuannya terkadang sudah tidak lurus lagi. Tujuan mereka untuk mengabdi dan mencerdaskan kehidupan anak bangsa akan berubah menjadi kepentingan pribadi.

Untuk mengatasi hal tersebut terjadi, dengan menunjuk para petinggi yang bisa menjalankan amanahnya dengan baik. Mereka tidak berpihak pada pihak swasta yang bisa merugikannya. Dan tentu saja mereka tidak punya tujuan menguntungkan dirinya pribadi.

Menjadi petinggi yang amanah diperlukan sikap yang jujur dalam menjalankan segala peraturan.

Baca juga: Apa Itu PTN

Penutup

Dari penjelasan sekarang kamu sudah tahu kan apa itu PTN BH ? Tentu saja PTN BH itu punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing yang harus kamu ketahui.

Apa Itu PTN BH
Next Post

No more post

Cecep Suparman, founder website cecepkocep.com yang menyukai dunia teknologi dan mobile games. Mulai terjun ke dunia blogging tahun 2018 dan masih tetap eksis sampai sekarang.

You May Also Like