Apa Itu Kerja Freelance dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Selain bekerja secara full time, ada juga jenis pekerjaan lepas atau sering disebut freelance. Berbeda dengan pekerja full time, pekerjaan freelance mempunyai waktu yang lebih leluasa. Sebelum saya bahas lebih lanjut, sebelumnya kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu kerja freelance.

Apa Itu Kerja Freelance?

Berdasarkan informasi yang dilansir dari FlexJobs, freelance adalah pekerjaan seseorang yang bekerja untuk dirinya sendiri tanpa terikat dengan perusahaan. Dalam beberapa hal, freelancer berbeda dengan karyawan atau pegawai kantoran.

Perbedaan mendasar bisa dilihat dari sisi waktu kerjanya. Seseorang yang bekerja sebagai freelancer bisa mengatur jam kerjanya sendiri dan menentukan siapa klien nya.

Tidak mengherankan kalau freelancer ini tidak dianggap sebagai seorang karyawan. Bahkan banyak perusahaan yang menyebut freelancer ini sebagai kontraktor.

Lalu, Kerja Freelance itu Seperti Apa?

Mereka yang bekerja sebagai freelancer biasanya bekerja dari rumah saja. Karena waktu kerjanya leluasa, ada juga mereka yang bekerja di kafe, restoran, kedai kopi, co-working space, bahkan di tempat berlibur.

Dengan kata lain mereka bisa bekerja dimanapun selama bisa bekerja dengan nyaman. Karena dengan freelance mereka bisa menentukan waktu kerja sendiri, begitupun dengan tempat kerjanya.

Kontrak kerja yang ditawarkan oleh perusahaan kepada freelancer juga berbeda dengan karyawan. Freelancer menggunakan sistem kerja berupa kontrak dan tidak bekerja dengan waktu yang lama. Jika kontraknya habis, maka dia sudah selesai bekerja.

Isi dalam kontrak yang dimaksud disini yaitu berupa jenis proyek, desain, waktu pengerjaan, dan biaya yang harus dibayarkan perusahaan. Jika proyek selesai, maka freelancer akan mendapatkan gaji dari perusahaan tersebut.

Dahulu freelance dianggap sebagai profesi yang kurang diminati. Bahkan banyak yang menganggap freelance adalah pengangguran. Namun sekarang freelance menjadi pekerjaan yang banyak diminati oleh banyak orang.

Pekerjaan freelance juga didukung dengan berkembangnya teknologi digital. Bahkan saat ini tren ekonomi digital semakin masif dan banyak digunakan oleh banyak perusahaan.

Banyak perusahaan teknologi dan startup yang bahkan lebih bergantung pada freelancer ketimbang karyawan. Apalagi sudah banyak profesi tertentu yang sangat cocok menggunakan sistem freelance.

contoh pekerjaan freelance yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan dan startup diantaranya adalah penulis, barista, desainer, penerjemah, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan freelance tidak hanya banyak terjadi di luar negeri saja. Banyak juga orang di Indonesia yang bekerja sebagai freelancer. Bahkan para pekerja freelance Indonesia selalu saja meningkat dari waktu ke waktu karena gaji freelance saat ini sangat menggiurkan.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Di Daerah Pedesaan yang Cocok Untuk Pemula

Kelebihan Bekerja Freelance

Dari penjelasan di atas kamu sudah tahu ya kerja freelance itu seperti apa. Sekarang saya akan bahas beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pekerjaan freelance ini. Simak baik-baik ya.

1. Waktu Kerja Bisa Disesuaikan

Meskipun waktu kerja bisa disesuaikan, namun bukan berarti kamu bekerja seenaknya ya. Hanya saja kamu punya waktu yang lebih berkualitas ketika bekerja sebagai freelancer.

Jika kamu bisa bekerja dengan fokus dan konsentrasi, pekerjaan yang kamu dapatkan dari klien bisa lebih cepat selesai. Dengan begitu kamu juga akan lebih banyak punya waktu untuk mengerjakan hal lainnya.

Kamu punya waktu yang lebih berkualitas untuk berkumpul dengan keluarga atau teman. Atau kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang tersebut untuk berbisnis.

2. Bebas Bekerja Dimanapun

Tidak hanya waktu saja yang dapat kamu sesuaikan untuk bekerja, tempat juga bisa disesuaikan. Kamu cukup bawa laptop dan smartphone untuk mengerjakan proyek dari klien. Cukup menyenangkan bukan?

Kamu bisa mencari tempat yang benar-benar nyaman untuk bekerja. Jika bosan kerja di rumah, kamu bisa bekerja di tempat lain seperti kafe atau restoran. Sehingga kamu bisa bekerja dengan lebih nyaman.

3. Profitable

Bekerja sebagai freelancer bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan yang sangat besar. Namun hal yang paling berpengaruh pada pendapatan kamu itu adalah jumlah proyek yang kamu kerjakan dan skill.

Semakin banyak proyek yang kamu selesaikan, maka semakin besar gaji freelance yang akan kamu peroleh. Saran saya kalau punya waktu luang, lebih baik manfaatkan saja untuk kerja freelance. Karena pasti suatu saat kamu akan ada di masa sepi proyek.

Selain banyaknya proyek, skill juga sangat mempengaruhi gaji yang akan kamu dapatkan. Supaya gaji kamu semakin besar, pastikan untuk selalu upgrade skill dari waktu ke waktu. Jika memungkinkan, kamu bisa mempelajari skill lainnya sehingga akan lebih banyak proyek yang dapat kamu kerjakan.

Kekurangan Freelancer

Terlepas dari semua keunggulannya, pekerjaan freelance tentu saja juga mempunyai kekurangannya. Beberapa kekurangannya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Tidak Dapat Fasilitas dari Perusahaan

Karena bekerja dengan sistem remote, secara otomatis kamu tidak akan mendapatkan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan. Kalau proyek kamu selesai, ya sudah kamu hanya akan mendapatkan gaji saja.

Kalau bekerja sebagai freelancer, jangan harap kamu dapat fasilitas seperti kendaraan atau apapun itu dari perusahaan ya.

2. Tidak Punya Jaminan Sosial

Inilah kekurangan lainnya dari bekerja sebagai freelancer dimana kamu tidak akan mendapatkan jaminan sosial. Kamu tidak akan jaminan kesehatan atau jenis jaminan sosial lainnya dari perusahaan seperti halnya karyawan.

Jadi saran dari saya yang saat ini bekerja freelance, sebaiknya jangan terlalu maruk ketika mendapatkan gaji. Sebaiknya tabung juga untuk kebutuhan lainnya, salah satunya adalah uang untuk kesehatan.

Ini sangat penting karena bisa saja sewaktu-waktu kita sakit, sementara kita tidak punya jaminan kesehatan. Jadi usahakan untuk menabung karena freelancer tidak punya jaminan sosial seperti halnya karyawan.

3. Dipandang Sebelah Mata

Sampai sekarang ini, freelance masih dianggap sebagai pekerjaan yang dianggap sebelah mata. Apalagi kalau kamu tinggal di daerah pedesaan, kamu hanya akan dianggap pengangguran oleh tetangga.

Lebih parahnya lagi, kamu bakal dianggap melakukan hal-hal yang negatif ketika sudah menghasilkan. Jadi sering-seringlah ngobrol sama tetangga dan edukasi mereka kalau kamu memang bekerja untuk mendapatkan uang.

Baca juga: 6 Contoh Passive Income Di Desa Dengan Keuntungan Fantastis

Itulah beberapa hal yang mesti kamu ketahui tentang pekerjaan sebagai freelancer. Jadi sekarang kamu tidak perlu bingung lagi kerja freelance itu apa sih ya.

Dari penjelasan di atas kamu sudah tahu apa itu kerja freelance dan mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya. Meskipun dianggap sebelah mata, namun pekerjaan ini punya prospek yang sangat bagus saat ini dan gaji yang didapatkan pun juga cukup besar.

Leave a Comment