Apa Itu Early, Mid, dan Late Game di Game Online

Apa Itu Early, Mid, dan Late Game di Game Online

Saat bermain game Mobile Legends, banyak istilah yang akan kamu temui seperti early game, mid game, dan late game. Ketiga istilah tersebut akan kamu temukan di semua game online, khususnya Dota 2 dan Mobile Legends.

Lalu apa apa itu early, mid, dan late game beserta perbedaannya? Simak rangkuman Cecepkocep.com berikut ini.

Apa Arti Early Game

Secara bahasa, arti early adalah lebih awal. Bisa dikatakan kalau arti early game itu adalah awal game. Early Game artinya waktu ketika pertama kali sebuah game dimulai.

Misalnya di game Mobile Legends, early game adalah waktu awal mulai pertandingan sampai menit ke-5.

Di game battle royale, seperti PUBG early game itu menandakan waktu ketika circle telah berada di tengah-tengah.

Sementara di game RPG, arti early game menunjukkan pada pemain yang baru memulai game atau ketika baru main saat server dibuka.

Apa Itu Mid Game

Apa Itu Early, Mid, dan Late Game
Apa Itu Early, Mid, dan Late Game

Secara bahasa, arti mid adalah tengah. Berarti arti mid game adalah pertengahan game sejak pertandingan dimulai. Jika fase early game berakhir, maka dilanjutkan dengan fase mid game.

Di game MOBA seperti Mobile Legends, mid game menunjukkan bahwa semua pemain sudah punya core item yang cukup bagus. Bila dilihat dari waktunya, mid game berkisar antara menit ke-5 sampai menit ke-12.

Untuk game Battle Royale seperti PUBG, arti mid game adalah ketika circle atau lingkaran sudah mengecil sebanyak 4 hingga 5 kali dari sebelumnya.

Khusus untuk game RPG, mid game artinya ketika para pemain sudah mempunyai build item. Mereka juga mempunyai karakternya masing-masing dan telah menyelesaikan stage pertengahan.

Apa Itu Late Game

Late game artinya pertandingan sudah memasuki fase akhir. Jika di game MOBA, semua player sudah punya build item lengkap dan level heronya sudah maksimal ketika sudah memasuki late game.

Sementara untuk game battle royale, arti late game adalah ketika lingkaran yang tersisa sudah semakin mengecil lagi. Para player yang bertanding juga tinggal sedikit lagi yaitu sekitar 10 pemain saja.

Untuk game RPG, late game artinya pemain telah menyelesaikan build karakter, item, level, dan lainnya. Hampir semua stage juga telah diselesaikan oleh para player.

Baca juga: Grading Mythic Mobile Legends

Perbedaan Early, Mid, dan Late Game

Dari penjelasan di atas kamu sudah tahu kan apa itu early, mid, dan late game? Dari sisi istilah atau bahasa juga sudah bisa ditebak yaitu awal, tengah, dan akhir.

Sementara itu, perbedaan early, mid, dan late game ditentukan oleh genre oleh game yang dimainkannya. Lihat tabel di bawah untuk mengetahui perbedaan early, mid, dan late game berdasarkan genre permainannya.

IstilahMOBABattle RoyaleBattle Royale
Early Game0 - 5 Menit0 - 4 CircleStories Awal
Mid Game6 - 12 Menit4 - 6 CirlceStories Pertengahan
Late Game>12 Menit6 - 8 CircleStories Akhir

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan kali ini mengenai istilah early, mid, dan late game yang perlu kamu ketahui. Ketiga istilah tersebut sering muncul di beberapa game online seperti game bergenre RPG, MOBA, dan Battle Royale. Semoga bermanfaat.