8 Kelebihan Layar Super AMOLED

Sekarang telah banyak smartphone yang telah menggunakan layar panel Super AMOLED. Bahkan dengan budget 2 jutaan saja Anda sudah bisa membeli HP dengan layar Super AMOLED. Tentu ada kelebihan layar Super AMOLED dibandingkan dengan panel layar lainnya.

Panel layar ini bisa menampilkan gambar yang lebih menawan dibandingkan dengan panel layar IPS. Tidak heran banyak produsen smartphone yang menggunakan panel layar Super AMOLED ini. Misalnya Redmi Note 10 yang merupakan produk dari Xiaomi.

Apa Itu Super AMOLED ?

Sebelum membahas lebih jauh apa yang menjadi keunggulan layar Super AMOLED, Anda harus tahu dulu apa itu Super AMOLED.

Layar Super AMOLED adalah layar AMOLED yang mempunyai fungsi sentuh terintegrasi. Layar ini tidak memerlukan layer atau lapisan untuk mengidentifikasi sentuhan pada permukaan layar. Karena layer tersebut telah terintegrasi langsung dengan layarnya.

Teknologi layar Super AMOLED akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih bagus dibandingkan panel layar lainnya. Tidak hanya itu, panel layar ini juga memberikan pengalaman yang lebih baik pada interaksi pengguna dengan smartphone.

Kelebihan Layar Super AMOLED

Kelebihan Layar Super AMOLED
Kelebihan Layar Super AMOLED

Dari penjelasan di atas Anda sudah tahu apa itu Super AMOLED. Lantas apa saja kelebihan layar Super AMOLED ini? Simak rangkuman Cecepkocep berikut ini.

1. Layar Lebih Responsif

Super AMOLED adalah generasi penerus dari layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Layar yang dikebangkan oleh Samsung ini merupakan film tipis berlapis yang terbuat dari material organik. Apabila pixel-nya (active matrix) teraliri listrik, maka akan menghasilkan tampilan.

Layar Super AMOLED tidak memiliki layar sentuh tambahan karena telah terintegrasi dan menyatu di dalamnya. Hal ini berdampak pada tingkat responnya yang lebih cepat. Jadi ketika Anda melakukan aksi ke layar, maka smartphone akan cepat meresponsnya.

Selain itu refresh rate pada layar Super AMOLED juga dapat ditingkatkan dan lebih baik.

2. Komposisi Warna Lebih Tajam

Kelebihan layar Super AMOLED lainnya yaitu terletak pada komposisi warnanya yang lebih tajam. Panel layar ini mempunyai tingkat kecerahan (brightness) yang lebih tinggi.

Dengan kemampuannya tersebut, panel layar ini mempunyai viewing-angle yang lebih luas, rasio kontrasnya lebih tinggi, dan tampilannya di bawah sinar matahari juga lebih baik dari layar lainnya.

Warna hitam pada panel layar ini juga punya kegelapan yang lebih pekat. Dengan begitu panel layar ini akan menghasilkan perpaduan warna yang lebih baik. Sangat nyaman ketika digunakan untuk nonton film.

Jika penasaran, coba Anda bandingkan ketika nonton pakai smartphone dengan layar Super AMOLED dan smartphone dengan panel layar IPS LCD. pasti akan lebih nyaman pakai smartphone yang pakai layar Super AMOLED.

3. Daya Baterai Lebih Hemat

Panel layar Super AMOLED mampu menghemat 20 persen daya baterai smartphone. Karena panel layar ini tidak memakai backlighting yang umumnya dipakai oleh panel layar lainnya.

Masing-masing panel pada layar ini juga akan menyesuaikan dengan konsumsi dayanya dengan warna gelap-terang yang dihasilkannya. Sehingga dalam penggunaannya akan lebih efisien.

4. Lebih Smooth Ketika Memutar Video

Keunggulan layar Super AMOLED selanjutnya adalah bisa memutar video dengan lebih smooth. Anda bisa menonton video dengan lebih baik karena blur atau buram ketika gambar bergerak bisa diminimalisasi.

Bagi sebagian orang hal ini akan menjadi permasalahan. Apalagi jika layar yang digunakannya telah memiliki resolusi tinggi, tapi masih banyak menghasilkan motion blur.

5. Layar Lebih Terang

Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di lapangan di bawah sinar matahari langsung, penggunaan panel layar Super AMOLED ini sangat tepat. Anda tidak perlu menutup cahaya matahari dengan langsung ketika ingin melihat smartphone.

Panel layar Super AMOLED akan lebih jelas dan terang dibandingkan dengan jenis panel layar lainnya. Performanya layar ini 20 persen lebih terang dibandingkan layar biasanya.

6. Lebih Tajam dan Detail

Rasio kontras antara warna putih tercerah dengan hitam tergelap pada layar Super AMOLED ini sangat tinggi. Sehingga untuk ketajaman dan deteailnya lebih baik dibandingkan dengan layar lain seperti IPS atau TN.

Rasio kontras warna hitam cerah dengan hitam gelap mencapai 100.000:1. Sementara pada layar biasa rasionya sekitar 1.000:1. Akibatnya layar Super AMOLED akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail.

7. Perangkat Jadi Lebih Tipis

Panel layar Super AMOLED tidak memerlukan sumber backlight, sehingga layarnya akan lebih tipis. Susunan layar Super AMOLED terdiri dari Cathode Layer, Organic Active Layers, TFT array, dan Substrate.

Sementara pada layar non Super AMOLED terdiri lebih dari empat susunan tersebut. Sehingga akan menghasilkan perangkat yang lebih tebal dibandingkan layar Super AMOLED.

8. Mendukung In Display Fingerprint

Smartphone yang menggunakan panel layar Super AMOLED telah mendukung teknologi sensor sidik jari di layar. Karena panel layar ini lebih tipis, sehingga penggunaan fingerprint bisa dilakukan langsung di layar.

Baca juga: Urutan Prosesor HP dari Terendah Sampai Tertinggi

Akhir Kata

Itulah beberapa kelebihan layar AMOLED yang perlu Anda ketahui. Sekarang telah banyak smartphone yang menggunakan panel layar ini dengan harga yang lebih terjangkau. Semoga bermanfaat.